18:00 . Relawan Pasopati Seno Adakan 'Dungo Bareng Menangke Mas Wahono'   |   17:00 . 3 Rumah Warga Ludes Terbakar Akibat Bediang, Kerugian Ditaksir Rp503 juta   |   16:00 . Hari Ini Golkar Serahkan Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   14:00 . PAN Bojonegoro Beri Sinyal Manuver ke Wahono-Nurul, Lasuri: Tegak Lurus Putusan DPP   |   13:00 . Pelaku Begal Payudara di Bojonegoro Diringkus Polisi   |   06:00 . Pulang Kerja, Perempuan di Bojonegoro Jadi Korban Begal Payudara   |   18:00 . Kaesang Harap Milenial di Bojonegoro Merapat ke Setyo Wahono   |   09:00 . Gandeng KEPPK Nasional Kemenkes RI, LPPM STIKes Rajekwesi Bojonegoro Gelar EDL dan SIM EPK   |   08:00 . Lebih 100 Peserta Sudah Daftarkan Diri Ikut Jatim Media Summit 2024   |   06:00 . Sekjen PBNU: Jangan Pilih Calon yang Intervensi NU   |   21:00 . Tanggapi Isu Nurul Azizah Akan “Dikuningkan”, Mitroatin: Kami Terbuka   |   18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |  
Thu, 25 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

EMCL Gandeng Ademos Kembangkan BUMDesMart di Desa Gayam

blokbojonegoro.com | Wednesday, 01 May 2024 14:00

EMCL Gandeng Ademos Kembangkan BUMDesMart di Desa Gayam

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pengembangan ekonomi desa dimulai dari partisipasi aktif warga, dan diperkuat dengan komitmen Pemerintah Desa dan Pemerintah Daerah. Inilah yang melandasi pengembangan ekosistem ekonomi Desa Gayam, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

"Setelah membangun pasar dan sarana-sarana lain, hari ini kita akan membuka mini market yang kita sebut BUMDesMart," ucap Kades Gayam, Winto. 

Dalam forum musyawarah desa tersebut, Winto meminta pendapat, masukan dan saran kepada seluruh elemen masyarakat. Hadir antara lain perangkat Desa Gayam, Badan Perwakilan Desa, Pengurus BUMDesa, RT, RW, tokoh masyarakat, dan pengurus Karang Taruna.

Kepada forum, Winto selaku Kades Gayam menyampaikan bahwa pengembangan BUMDesMart ini didukung oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), operator Lapangan Minyak Banyu Urip. Kata dia, sebagai Program Pengembangan Masyarakat (PPM) EMCL, pengembangan mini market ini akan dituntaskan pada 2024. "Sehingga, sarana publik tersebut sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dalam waktu dekat," ujarnya.

Sementara itu, perwakilan EMCL, Feni K Indiharti mengatakan, dukungan PPM ini bisa dilaksanakan pada tahun ini atas persetujuan SKK Migas. Pihaknya berharap, Badan Usaha Milik Desa dapat berkontribusi dalam peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADesa). 

"Sehingga, bisa menopang kemandirian desa dalam jangka panjang dan terus berkelanjutan. Kami juga memohon dukungan Pemerintahan Desa dan masyarakat untuk ikut serta mendukung dan menjaga operasi Lapangan Banyu Urip Blok Cepu," imbuh Feni K Indiharta.

Dalam pelaksanaan program ini, EMCL bermitra dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Ademos. Sebagai LSM lokal, Ademos telah memiliki pengalaman yang baik dalam berbagai program pengembangan ekonomi desa. "Termasuk di dalamnya memiliki tenaga-tenaga profesional dan berpengalaman yang berasal dari desa sekitar Gayam," imbuhnya. 

Terpisah, Ketua Ademos, A Shodiqurrosyad menambahkan, bahwa dan bentuk aktivitas yang dilaksanakan adalah melanjutkan pembangunan BUMDesMart Gayam yang telah dimulai tahun lalu. Harapannya BUMDesMart Gayam dapat beroperasi tahun ini sehingga dapat menggerakkan perekonomian masyarakat dan berkontribusi dalam peningkatan PAD Desa. 

Ademos juga akan mendorong BUMDesMart untuk menerapkan skema crowdfunding yang mengumpulkan dana investasi dari masyarakat untuk membiayai BUMDesMart Gayam.

"Skema ini memungkinkan keterlibatan masyarakat sebagai pemilik saham BUMDesMart, menerima bagi hasil saham, dan ikut menentukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)," pungkasnya. [liz/lis]

 

Tag : ademos, emcl



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat