18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687¬†Ton Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Giliran Staf Forkopimda, OPD dan Kecamatan Ikuti Pembelajaran Kelas Bahasa Isyarat

blokbojonegoro.com | Wednesday, 22 May 2024 16:00

Giliran Staf Forkopimda, OPD dan Kecamatan Ikuti Pembelajaran Kelas Bahasa Isyarat Kepala Dinpora Bojonegoro, Amir Syahid saat membuka acara. (Foto: blokBojonegoro.com/Parto)

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Sukses dengan Kelas Bahasa Isyarat Batch 1 yang diselenggarakan pada 24 Februari 2024, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dinpora) bersama Organisasi Kepemudaan Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (GERKATIN) kembali menggelar kelas yang sama, dengan peserta yang berbeda, pada Selasa (22/5/2024).

Kepala Dinpora Kabupaten Bojonegoro, Amir Syahid menyampaikan, pada kelas pertama dulu diikuti oleh pemuda umum, dan Kodim 0813 Bojonegoro. Untuk Pembelajaran Kelas Bahasa Isyarat Batch 2 ini diikuti staf dari Forkopimda, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), hingga tiap Kecamatan. Tujuannya, memberikan pengenalan, dan masukan komunikasi pelayanan bahasa isyarat bagi Teman Tuli di ranah publik. Serta mengajarkan bahasa isyarat pada peserta untuk berkomunikasi, dan sebagai bentuk pemberdayaan staf sehingga dapat berkomunikasi jika masyarakat Tuli datang ke pemerintah.

"Pada kegiatan pertama dulu sudah selesai dan ada tes untuk mendapatkan sertifikat. Pada Kelas Bahasa Isyarat Batch 2 ini nanti ada tindaklanjut dengan kelas khusus sampai 6 kali pertemuan lagi. Jadi yang hadir ini akan terus mengikuti kelas sampai akhir nanti," kata Amir Syahid saat membuka kegiatan.



Kepala Bidang Kepemudaan Dinpora Kabupaten Bojonegoro, Flora Agrishinta mengatakan, kegiatan ini diikuti sebanyak 49 peserta. Setelah kelas ini, nanti kelas akan dilaksanakan di aula Dinpora, dan peserta dibagi menjadi 5 kelompok sesuai jadwal, agar dapat berjalan maksimal.

"Kegiatan ini sekaligus menjadi pemicu OPD lain, untuk ikut kelas lanjutan Bahasa Isyarat. Agar OPD lebih care dan aware terhadap keberadaan Teman Tuli, dan dapat memberikan pelayanan publik yang lebih baik," ujar Flora.

Hadir sebagai narasumber dalam kelas ini, Muhammad Nashir Abdul Jabar,dari Desa Sarangan Kecamatan Kanor, Bojonegoro yang merupakan Guru Tuli Bahasa Isyarat. Dalam kesempatan tersebut, Abdul yang juga saat ini tengah mengikuti seleksi Pemuda Pelopor tahun 2024 tingkat Provinsi Jawa Timur di Bidang Pendidikan tersebut menjelaskan tentang Deaf Awarnes atau kesadaran tentang Tuli, sejarah dan istilah-istilah tentang disabilitas tunarungu, penyebutan yang tepat untuk Teman Tuli,  bahasa-bahasa yang digunakan oleh Teman Tuli, serta Budaya Tuli.

"Tuli atau Deaf (Bahasa Inggris), bukan kata kasar. Jadi panggil dan sebutkan kami Tuli ya," kata Abdul dengan bahasa isyarat, dibantu penerjemah saat presentasi di hadapan para peserta. [ito/red]

Tag : Pembelajaran, Kelas Isyarat, Teman Tuli, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat