20:00 . Tradisi Ritual Ijuk Nganten di Sraturejo Tetap Lestari hingga Kini   |   18:00 . M. Sholikhuddin Zuhdi Terpilih Secara Aklamasi Nahkodai BPC HIPMI Bojonegoro Periode 2024-2027   |   15:00 . Wamenag: Jemaah Jaga Kesehatan Saat Puncak Haji   |   12:00 . Gua Hira, Cahaya Firman Berpendar ke Semesta   |   11:00 . Tiga Srikandi Amirul Hajj, NU, Muhammadiyah dan Kemenag   |   09:00 . Pengusaha Muda Nasional Deklarasikan Diri Maju Calon Ketua BPC HIPMI Bojonegoro   |   22:00 . Sekolah Tertua di Sukosewu Sukses Gelar Wisuda Purnasiswa   |   21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |   19:00 . Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah   |   18:00 . Bawa Kerikil dan Snack Berat dari Arafah   |   17:00 . Berkat Holding Ultra Mikro (UMi) Pengusaha Olahan Singkong Asal Gayam Bisa Raup Omzet Fantastis   |   14:00 . Polisi Tetapkan Tersangka Perangkat Desa di Bojonegoro Usai Bacok Adik Iparnya   |   13:00 . Kisah Inspiratif Perajut Pamerkan Produk Lewat Platform Localoka dan Link UMKM   |   12:00 . Hikmah Pembagian Daging Kurban   |  
Sun, 16 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Giliran Staf Forkopimda, OPD dan Kecamatan Ikuti Pembelajaran Kelas Bahasa Isyarat

blokbojonegoro.com | Wednesday, 22 May 2024 16:00

Giliran Staf Forkopimda, OPD dan Kecamatan Ikuti Pembelajaran Kelas Bahasa Isyarat Kepala Dinpora Bojonegoro, Amir Syahid saat membuka acara. (Foto: blokBojonegoro.com/Parto)

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Sukses dengan Kelas Bahasa Isyarat Batch 1 yang diselenggarakan pada 24 Februari 2024, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dinpora) bersama Organisasi Kepemudaan Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (GERKATIN) kembali menggelar kelas yang sama, dengan peserta yang berbeda, pada Selasa (22/5/2024).

Kepala Dinpora Kabupaten Bojonegoro, Amir Syahid menyampaikan, pada kelas pertama dulu diikuti oleh pemuda umum, dan Kodim 0813 Bojonegoro. Untuk Pembelajaran Kelas Bahasa Isyarat Batch 2 ini diikuti staf dari Forkopimda, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), hingga tiap Kecamatan. Tujuannya, memberikan pengenalan, dan masukan komunikasi pelayanan bahasa isyarat bagi Teman Tuli di ranah publik. Serta mengajarkan bahasa isyarat pada peserta untuk berkomunikasi, dan sebagai bentuk pemberdayaan staf sehingga dapat berkomunikasi jika masyarakat Tuli datang ke pemerintah.

"Pada kegiatan pertama dulu sudah selesai dan ada tes untuk mendapatkan sertifikat. Pada Kelas Bahasa Isyarat Batch 2 ini nanti ada tindaklanjut dengan kelas khusus sampai 6 kali pertemuan lagi. Jadi yang hadir ini akan terus mengikuti kelas sampai akhir nanti," kata Amir Syahid saat membuka kegiatan.



Kepala Bidang Kepemudaan Dinpora Kabupaten Bojonegoro, Flora Agrishinta mengatakan, kegiatan ini diikuti sebanyak 49 peserta. Setelah kelas ini, nanti kelas akan dilaksanakan di aula Dinpora, dan peserta dibagi menjadi 5 kelompok sesuai jadwal, agar dapat berjalan maksimal.

"Kegiatan ini sekaligus menjadi pemicu OPD lain, untuk ikut kelas lanjutan Bahasa Isyarat. Agar OPD lebih care dan aware terhadap keberadaan Teman Tuli, dan dapat memberikan pelayanan publik yang lebih baik," ujar Flora.

Hadir sebagai narasumber dalam kelas ini, Muhammad Nashir Abdul Jabar,dari Desa Sarangan Kecamatan Kanor, Bojonegoro yang merupakan Guru Tuli Bahasa Isyarat. Dalam kesempatan tersebut, Abdul yang juga saat ini tengah mengikuti seleksi Pemuda Pelopor tahun 2024 tingkat Provinsi Jawa Timur di Bidang Pendidikan tersebut menjelaskan tentang Deaf Awarnes atau kesadaran tentang Tuli, sejarah dan istilah-istilah tentang disabilitas tunarungu, penyebutan yang tepat untuk Teman Tuli,  bahasa-bahasa yang digunakan oleh Teman Tuli, serta Budaya Tuli.

"Tuli atau Deaf (Bahasa Inggris), bukan kata kasar. Jadi panggil dan sebutkan kami Tuli ya," kata Abdul dengan bahasa isyarat, dibantu penerjemah saat presentasi di hadapan para peserta. [ito/red]

Tag : Pembelajaran, Kelas Isyarat, Teman Tuli, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat