20:00 . Tradisi Ritual Ijuk Nganten di Sraturejo Tetap Lestari hingga Kini   |   18:00 . M. Sholikhuddin Zuhdi Terpilih Secara Aklamasi Nahkodai BPC HIPMI Bojonegoro Periode 2024-2027   |   15:00 . Wamenag: Jemaah Jaga Kesehatan Saat Puncak Haji   |   12:00 . Gua Hira, Cahaya Firman Berpendar ke Semesta   |   11:00 . Tiga Srikandi Amirul Hajj, NU, Muhammadiyah dan Kemenag   |   09:00 . Pengusaha Muda Nasional Deklarasikan Diri Maju Calon Ketua BPC HIPMI Bojonegoro   |   22:00 . Sekolah Tertua di Sukosewu Sukses Gelar Wisuda Purnasiswa   |   21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |   19:00 . Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah   |   18:00 . Bawa Kerikil dan Snack Berat dari Arafah   |   17:00 . Berkat Holding Ultra Mikro (UMi) Pengusaha Olahan Singkong Asal Gayam Bisa Raup Omzet Fantastis   |   14:00 . Polisi Tetapkan Tersangka Perangkat Desa di Bojonegoro Usai Bacok Adik Iparnya   |   13:00 . Kisah Inspiratif Perajut Pamerkan Produk Lewat Platform Localoka dan Link UMKM   |   12:00 . Hikmah Pembagian Daging Kurban   |  
Sun, 16 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mengenal Abdul, Guru Tuli Bahasa Isyarat di Bojonegoro Ikut Seleksi Pemuda Pelopor Jatim

blokbojonegoro.com | Wednesday, 22 May 2024 19:00

Mengenal Abdul, Guru Tuli Bahasa Isyarat di Bojonegoro Ikut Seleksi Pemuda Pelopor Jatim Abdul saat menjadi narasumber Pembelajaran Kelas Bahasa Isyarat.

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Di Kabupaten Bojonegoro, tersedia standar pelayanan yang ramah untuk orang bekebutuhan khusus seperti trotoar yang dilengkapi dengan lantai pemandu arah untuk tunanetra, dan fasilitas umum yang bisa dilalui pengguna kursi roda.

Namun, pelayanan bagi orang yang bekebutuhan khusus untuk Teman Tuli masih belum banyak. Hal itu yang menjadi salah satu motivasi Muhammad Nashir Abdul Jabar, pemuda asal Desa Sarangan, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro menjadi Guru Tuli Bahasa Isyarat.

[Baca juga: Giliran Staf Forkopimda, OPD dan Kecamatan Ikuti Pembelajaran Kelas Bahasa Isyarat ]


Abdul, begitu dia akrab disapa, lahir di Bojonegoro 20 September 1998 menjadi Teman Tuli sejak lahir, lantaran ibunya pernah mengalami panas yang tinggi saat mengandung.

Meskipun berbeda dengan anak-anak pada umumnya, Abdul semangat untuk terus belajar. Saat menjadi mahasiswa di Universitas Brawijaya Malang jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) tahun 2016-2019, Abdul sudah aktif di Komunitas Aksi Arek Tuli (Akar Tuli), dan menjadi ketua.

Jika di Malang Abdul lebih aktif pada kegiatan kepemudaan dalam organisasinya, di Bojonegoro, Abdul aktif sebagai narasumber dalam Pembelajaran Kelas Bahasa Isyarat yang diselenggarakan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dinpora) bersama Organisasi Kepemudaan Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (GERKATIN).

Kegiatan Pembelajaran Kelas Bahasa Isyarat sendiri, seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinpora Bojonegoro, Amir Syahid, tujuannya memberikan pengenalan, dan masukan komunikasi pelayanan bahasa isyarat bagi Teman Tuli di ranah publik.

Abdul saat menjadi narasumber Pembelajaran Kelas Bahasa Isyarat.


"Di Bojonegoro, menjadi Pengurus Bidang Pendidikan Organisasi DPC GERKATIN (Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia) Kabupaten Bojonegoro, dan fokus mengajar di Bahasa Isyarat," kata Abdul kepada blokBojonegoro.com dengan Bahasa Isyarat.

Bulan April 2024 lalu, Abdul menjadi Juara Terbaik 1 Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro tahun 2024 di Bidang Pendidikan.

Pada Sabtu (11/5/2024) lalu, Abdul mengikuti seleksi Pemuda Pelopor tingkat Provinsi Jawa Timur, dan lolos untuk tahap berikutnya yakni Fact Finding, atau Penilaian Lapangan yang akan dilaksanakan pada 27 Mei 2024 mendatang.

"Tim penilai dari Jawa Timur nanti akan datang ke rumah. Akan saya tunjukkan bagaimana kegiatan advokasi Bahasa Isyarat yang biasa saya lakukan. Mohon doa agar semua dapat berjalan dengan lancar," kata Abdul. [red]

Abdul saat mengikuti seleksi Pemuda Pelopor tingkat Jawa Timur tahun 2024.

Tag : Muhammad Nashir Abdul Jabar, Guru Tuli Bahasa Isyarat, Bojonegoro, jawa timur, Pemuda Pelopor, Akar Tuli



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat