16:00 . Asik Main Layangan, Bocah di Bojonegoro Meregang Nyawa Disambar Kereta   |   15:00 . Dua Pemotor di Bojonegoro Adu Banteng, Satu Korban Meninggal di TKP   |   13:00 . Terlanjur Zina dan Hamil Jadi Alasan 191 Anak di Bojonegoro Nikah Dibawah Umur   |   08:00 . Suara Merdu Adzando Davema Bius Ribuan Santri dan Warga   |   22:00 . Woww...! Konser Religi di Haflah Akhirissanah Ponpes Sabilunnajah   |   20:00 . Pertegas Momen Persatuan, Ribuan Warga Lakukan Nyadran Akbar di Bengawan Jatim-Jateng   |   10:00 . Kemiskinan di Bojonegoro Hanya Turun 150 Jiwa dari 153,25 Ribu Jiwa   |   09:00 . Habiskan Anggaran Sekitar Rp3 T, Jalan Rigid Beton Terbangun 662 KM   |   08:00 . Perjalanan Fadly Alberto dari SSB Sukorejo Putra Bojonegoro hingga Timnas Indonesia U-16   |   07:00 . Dies Natalis Ke VIII, HMP PAI Unugiri Gelar Debat Mahasiswa dan Seminar   |   09:00 . Menyikapi Globalisasi dalam Pendidikan: Sebuah Tantangan   |   21:00 . 530 Embung Tersebar di Bojonegoro Sebagai Tadah Hujan   |   19:00 . Inspektorat Bojonegoro Buka Pendaftaran Penyuluh Anti Korupsi (Paksi)   |   18:00 . Selingkuh Jadi Salah Satu Terbanyak Penyebab Cerai di Bojonegoro   |   17:00 . 1.227 Warga Bojonegoro Cerai, 201 Gegara Judi Online   |  
Mon, 08 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Inspektorat Bojonegoro Buka Pendaftaran Penyuluh Anti Korupsi (Paksi)

blokbojonegoro.com | Thursday, 04 July 2024 19:00

Inspektorat Bojonegoro Buka Pendaftaran Penyuluh Anti Korupsi (Paksi)


Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Inspektorat Kabupaten Bojonegoro membuka pendaftaran penyuluh anti korupsi (Paksi). Diawali dengan pendaftaran di Inspektorat Bojonegoro, kemudian ujian dasar anti korupsi (e-learning) via zoom oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (LSP KPK).

Infonya Paksi tersebut diikuti 28 pendaftar dari berbagai profesi PNS dan THL di perangkat daerah/kecamatan serta guru. Pendaftaran sertifikasi Paksi sendiri dibuka mulai 15 Juli hingga 2 Agustus 2024.

Inspektur Pembantu Pengawas Reformasi Birokrasi dan Pencegahan Tipikor Inspektorat Bojonegoro, Rahmat Junaidi menjelaskan, pembentukan Paksi ini sebagai pelaksanaan strategi pendidikan dan pencegahan korupsi di Bojonegoro. Usaha ini merupakan bagian dari strategi pemberantasan korupsi berupa penindakan, pencegahan dan pendidikan anti korupsi.

"Tugas Paksi yaitu melaksanakan kegiatan pendidikan anti korupsi di kelompok-kelompok masyarakat. Termasuk melalui berbagai teknik seperti penyuluhan, diseminasi, diskusi, sosialisasi, kampanye melalui berbagai media massa, elektronik termasuk juga menggunakan media game, religi dan seni budaya," ungkapnya.

Syarat-syarat mendaftar sebagai Paksi selain diharuskan lulus ujian e-learning juga memiliki pengalaman menyuluh anti korupsi dengan berbagai teknik minimal 3 kali, dan menyusun renaksi (rencana aksi) pada waktu tertentu untuk memastikan keaktifan. Paksi telah ditentukan periode masa aktifnya. Yaitu adalah per 3 tahun sejak disertifikasi dan harus dilakukan monitoring dan evaluasi kembali untuk perpanjangan.

"Manfaat bagi personal, akan menunjukkan nilai integritas sebagai bagian rakyat Indonesia. Sementara manfaat kepada masyarakat dan negara menunjukkan usaha mencapai apa yang dicita-citakan negara di pembukaan UUD 1945 karena diharapkan membantu memerangi korupsi di Indonesia," jelasnya.

Jumlah pendaftar yang banyak dalam satu ujian menunjukkan di Bojonegoro ada semangat tinggi terkait anti korupsi. Karena menurut Rofi Heryanto dari LSP KPK, kemarin Rabu (3/7/2024) pertama kali e-learning Paksi di Indonesia diorganisir secara kelompok peserta yang banyak oleh Inspektorat dalam hal ini Inspektorat Bojonegoro.

"Biasanya adalah peserta perorangan dan jumlah sedikit sehingga KPK sangat mengapresiasi dan perlu dicontoh di daerah lain," bebernya. [liz/mu]

Tag : penyuluh anti korupsi, korupsi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat