18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687┬áTon Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Perjalanan Fadly Alberto dari SSB Sukorejo Putra Bojonegoro hingga Timnas Indonesia U-16

blokbojonegoro.com | Saturday, 06 July 2024 08:00

Perjalanan Fadly Alberto dari SSB Sukorejo Putra Bojonegoro hingga Timnas Indonesia U-16

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Nama Fadly Alberto Hengga, Striker Timnas Indonesia U-16 yang berlaga di Turnamen ASEAN U-16 Boy Championship 2024 hangat dibicarakan di jagat maya, khususnya Kabupaten Bojonegoro. Terlebih, saat dirinya mengibarkan bendera Persibo Bojonegoro, usai Timnas U-16 jadi Juara 3 dalam turnamen tersebut.

Putra dari pasangan John Clif Hengga (49) pria asal Kota Timika, Papua Tengah, dengan Piana (43) perempuan asal Kabupaten Bojonegoro itu, ternyata telah terjun di dunia sepak bola sejak berusia 8 tahun.

Bocah yang saat ini masih duduk di bangku Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Dander jurusan Teknik Kendaraan Ringan itu, mengawali persepakbolaan di Sekolah Sepak Bola (SSB) Sukorejo Putra Bojonegoro. Dia mengasah skil di SSB Sukorejo Putra selama kurang lebih 7 tahun.

Hingga akhirnya, setelah kepiawaiannya dalam sepak bola semakin luar biasa, Pelatih SSB Sukorejo Putra, Hadi Purwanto mengarahkan Alberto untuk mengikuti seleksi klub milik Polri, yakni Bhayangkara Presisi Indonesia FC pada tahun 2023 lalu.

“Mulai umur delapan sampai 15 tahun ikut SSB Sukorejo Putra,” ungkap Wawan Bruno sapaan karib Hadi Purwanto.

Selanjutnya, lanjut Wawan Bruno, semasa seleksi di Bhayangkara Presisi Indonesia FC, bocah berdarah campuran Papua dan Jawa itu terus menunjukkan performa yang luar biasa. Sehingga, setelah mengarungi tim B, Alberto dinaikkan kelas ke tim A.

“(Di Bhayangkara Presisi) ada tim A dan B di Bhayangkara. Dan Alberto saat itu sudah naik kelas di tim A, karena performa yang sangat bagus,” terangnya.

Wawan mengulas bahwa, bocah yang berdomisili di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro itu belum segenap setahun bergabung di klub berjuluk The Guardians ini. Kemudian, saat itu Timnas U-16 tengah membuka seleksi juga, akhirnya Alberto juga mengikuti seleksi tersebut.

Memang, nasib baik, berada di pundak Alberto, dia dinyatakan lolos untuk memperkuat lini pemain Timnas Indonesia U-16. Bahkan, pemain dengan nomor punggung 10 di Timnas U-16 itu, dipercaya sebagai striker atau penyerang.

“Setelah itu ikut seleksi di Timnas U-16 dan lolos. Kemudian mengikuti TC (Training Centre) di Yogyakarta. Kemudian oleh coach (pelatih) Nova Arianto diseleksi lagi dan lolos terpilih memperkuat Timnas U-16 yang bertanding di ASEAN U-16 Boy Championship 2024,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dibalik kesuksesannya itu, ternyata Alberto memiliki secuil kisah pahit. Di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Alberto hanya bertempat tinggal di rumah yang sangat sederhana.

Rumah dari papan kayu seluas 4x8 meter itu, berdiri di tanah yang bukan hak milik, atau di atas lahan milik Perhutani. Saat masuk ke rumah seluas 4x8 meter itu, pasti akan merasa iba dengan kondisi rumahnya. Bagaimana tidak, ruang tamu, kamar tidur hingga dapur menyatu tanpa sekat apapun. Dan rumah itulah yang disinggahi Alberto selama ini, bersama Ibunda dan Adiknya yang bernama Iriana Beatrik Hengga (13). [riz/mu]

 

Tag : Alberto pemain u 16, timnas u 16, fadly alberto



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat