18:00 . Farida Hidayati Gunakan Partai Lain untuk Pilbup, Ini Respon PKB Bojonegoro   |   17:00 . Panen Raya Bersama Petani, Setyo Wahono Sampaikan Solusi Masalah Pertanian di Bojonegoro   |   15:00 . Tak Setor Pajak, DJP Jatim Serahkan Mantan Kades di Bojonegoro ke Kejari   |   14:00 . Panen Raya, Petani Cabai di Bojonegoro Keluhkan Harga Anjlok Drastis   |   12:00 . Dosen Unugiri Beri Pendampingan Modul P5 Berbasis Etnomatematika Kearifan Lokal   |   10:00 . Hujan Mulai Turun, Harga Tembakau Mulai Menurun   |   08:00 . Berdayakan Ekonomi Warga Sekitar Wilayah Operasi, Omzet Program Ayam Petelur Binaan PEPC JTB Tembus Rp70 Juta Per Bulan   |   07:00 . Gandeng blokBojonegoro, Tim IT Matsagabo Gelar Diklat Jurnalistik   |   06:00 . Setyo Wahono Panen Raya Padi Bersama Petani, Sampaikan Solusi Atasi Masalah Pertanian   |   22:00 . Dosen UNUGIRI Bojonegoro Sukses Selenggarakan Pelatihan Teknologi Metaverse bagi Guru   |   20:00 . Lewat Budidaya Ikan Lele Warga Kepohbaru Bisa Bantu Warga Sekitar   |   19:00 . Saat BAB, Pria di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bengawan Solo   |   18:00 . Capai Produksi Kapasitas Penuh, PEPC JTB Siap Salurkan Gas Ke Industri di Jatim dan Jateng   |   16:00 . Dinahkodai Fauzan, PKB Bojonegoro Targetkan Dapat Suara 200 Ribu untuk Wahono-Nurul   |   14:00 . 19 Tahun Pertamina EP, Perkuat Ketahanan Energi Negeri   |  
Sat, 21 September 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

DKPP Klaim 24.800 Hektar Areal Persawahan Bojonegoro Tercover Asuransi

blokbojonegoro.com | Friday, 30 August 2024 16:00

DKPP Klaim 24.800 Hektar Areal Persawahan Bojonegoro Tercover Asuransi

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bojonegoro, menyebutkan sekitar 24.800 hektar areal sawah yang tersebar di sejumlah Kecamatan, telah tercover program asuransi pertanian atau Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP).

"Saat ini ada sekitar 24.800 hektar sawah yang tercover asuransi usaha tani padi, dengan jumlah petani 49.529 orang," ungkap Kabid Sarana Prasarana dan Perlindungan Tanaman (Sarpras dan Perlintan) DKPP Bojonegoro, Retno Budi Widyanti.

Program asuransi pertanian itu bertujuan untuk membantu petani yang mengalami gagal panen. Jika terjadi gagal panen, maka petani bisa mengajukan klaim untuk tanam kembali. Dengan begitu, produksi pertanian bisa terus berlangsung dan petani akan terhindar dari kerugian.

AUTP juga memberikan perlindungan kepada petani dari ancaman resiko gagal panen sebagai akibat dari resiko banjir, kekeringan, serangan penyakit dan hama atau organisme pengganggu tanaman. Namun disisi lain, Retno menyebutkan, jika petani yang belum mendaftarkan lahannya di asuransi usaha tani padi (AUTP) tidak bisa mengajukan klaim.

"Tak bisa mengajukan asuransi ketika terdampak bencana alam. Jadi petani yang terdampak bencana seperti banjir, kekeringan, dan hama tidak bisa mengajukan asuransi apabila belum terdaftar AUTP," ujarnya.

Petani yang belum mendaftar AUTP seharusnya segera menghubungi masing-masing kelompok tani (poktan) untuk konsultasi pendaftaran. Namun, para petani masih belum peduli terkait adanya asuransi tanaman rusak akibat bencana. Banyak petani belum bersedia mendaftar secara swadaya kecuali yang sudah pernah merasakan manfaat asuransi.

"Asuransi ini untuk mengantisipasi masalah pertanian. Sehingga sangat penting petani terdaftar di AUTP, karena bisa mendapatkan ganti rugi. Jumlah petani belum terdaftar di AUTP tidak memiliki, kami hanya punya jumlah lahan yang terdampak bencana," imbuhnya.

Dari 83.197 hektar lahan baku sawah (LBS) di Bojonegoro, mulai Juli hingga Agustus tercatat seluas 98 hektar lahan padi rusak. Rinciannya di tujuh desa yang tersebar di Kecamatan Ngambon seluas 32 hektar, Kecamatan Kapas seluas 60 hektar, dan Kecamatan Balen seluas 6 hektar yang lahan pertaniannya rusak. "Adapun yang terluas di Desa Tanjungharjo yaitu seluas 60 hektare," pungkasnya. [liz/mu]

 

Tag : Petani, gagal panen, asuransi tani, asuransi pertanian, petani bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat