09:00 . Mahasiwa Sosialisasikan Sampah Rumahtangga dan Penanaman Bibit Sayuran oleh Ibu-Ibu PKK Desa Ngeper   |   08:00 . Hancurkan RANS, Sihir Vitor Barata yang Hampir ke Persebaya   |   06:00 . Inilah Video Masjid Wisata Margomulyo Saat Siang Hari   |   21:00 . Sandal di Pagar Masjid Wisata Religi Margomulyo   |   20:00 . Libas RANS 7-0, Persibo Target Curi 3 Poin di Deltras FC   |   19:00 . Persibo Runner Up, Geser Persipal Palu   |   18:00 . Gila...! Osas Saha Hatrick, Barata 2 Gol   |   17:45 . Cetak Gol, Osas Saha Lolos Hadangan   |   17:35 . Pelangi Iringi Pesta Gol Persibo atas Klub Raffi Ahmad   |   17:25 . Full Time, Persibo 7-0 RANS Nusantara   |   17:10 . Vitor Barata Buat Persibo Unggul 7-0   |   17:00 . 6-0, Giliran Enzo dan Osas Perbesar Gol Persibo atas RANS   |   16:40 . Awal Babak Kedua, Persibo Unggul 4-0   |   16:20 . 3-0, Babak Pertama Persibo Hajar RANS Nusantara   |   16:05 . Menit ke 31, Vitor Barata Bawa Persibo Unggul 2-0   |  
Sun, 05 January 2025
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pengaruh Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Terhadap Minat Belajar

blokbojonegoro.com | Sunday, 29 December 2024 07:00

Pengaruh Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Terhadap Minat Belajar

Oleh: Shobrina Nurus Salma

Aplikasi pembelajaran interaktif berbasis komputer merupakan platform digital yang dirancang untuk mendukung proses pembelajaran dengan metode interaktif. Aplikasi tersebut menggabungkan berbagai elemen, seperti teks, gambar, video, animasi, dan kuis untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan efektif. Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash 8 dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Beberapa aplikasi terbaru yang dapat digunakan dalam pembelajaran interaktif yaitu Kahoot!, Quiziz, Google Classroom, Quizlet, Duolingo dan Edmodo. Pemilihan aplikasi tersebut harus mempertimbangkan kesesuaian konten dengan kurikulum, kemudahan penggunaan, fitur interaktif yang ditawarkan, serta umpan balik dari pengguna lain tentang efektivitas aplikasi. 

Penggunaan aplikasi pembelajaran yang interaktif berbasis komputer memiliki pengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa. Penawaran berbagai fitur untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan, contoh nya kuis, simulasi, gamifikasi, dan umpan balik instan. Fitur tersebut berfugsi untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menstimulasi, memungkinkan siswa untuk lebih terlibat, dan secara langsung memotivasi agar semangat belajar. Minat belajar siswa dapat meningkat secara signifikan, yang pada gilirannya berkontribusi pada peningkatan hasil belajar siswa.

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi minat belajar siswa melalui penggunaan aplikasi pembelajaran interaktif merupakan relevansi dan daya Tarik konten yang disajikan. Konten yang sesuai dengan kurikulum yang sedang dipelajari dan disajikan dalam bentuk visual memiliki dampak yang lebih besar terhadap perhatian dan keterlibatan siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa lebih tertarik dengan aplikasi seperti menampilkan materi pembelajaran dalam bentuk infografis, video animasi, atau materi visual lainnya. Sebaliknya, konten yang monoton atau tidak relevan dapat membuat siswa kehilangan minat belajar dan mudah bosan.

Fitur interaktif seperti gamifikasi juga berperan penting untuk meningkatkan motivasi siswa. Aplikasi yang menggabungkan fitur gamifikasi, seperti pemberian poin, level, dan hadiah virtual terbukti meningkatkan motivasi siswa hingga 40%. Elemen-elemen permainan tersebut dapat menambah dimensi hiburan dalam proses belajar, sehingga pembelajaran siswa dapat lebih menarik dan menyenangkan. Elemen interaktif seperti simulasi, kuis, dan papan skor, memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan mendukung pembelajaran berbasis kompetensi

Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda, seperti visual, auditori, atau kinestik. Aplikasi yang dapat menyesuaikan konten dan fiturnya dengan berbagai gaya siswa akan lebih efektif dalam meningkatkan minat belajar. Contohnya seperti, siswa dengan gaya belajar visual lebih menyukai aplikasi yang menampilkan grafik, diagram dan video, sedangkan siswa dengan gaya belajar auditorial lebih menyukai aplikasi dengan narasi audio. Aplikasi tersebut memungkinkan siswa untuk mempelajari materi dengan cara yang paling sesuai dengan gaya belajar, sehingga meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa.

Kemudahan akses aplikasi, baik melalui perangkat desktop maupun seluler, serta ketersediaan fitur pembelajaran mandiri, mempengaruhi minat siswa untuk terus menggunakan aplikasi tersebut. Aplikasi yang mudah diakses kapan saja dan dimana saja memungkinkan siswa untuk belajar sesuai dengan waktu dan kecepatan masing-masing. Fitur pembelajaran mandiri, seperti modul offline, video penjelasan, dan bank soal, dapat membantu siswa meningkatkan kemandirian belajar hingga 35%.

Penggunaan aplikasi pembelajaran interaktif berbasis komputer memang memiliki banyak keuntungan, tetapi ada juga beberapa tantangan yang perlu diatasi agar efektivitasnya dapat maksimal. Salah satu tantangannya yaitu ketidakmerataan infrastruktur teknologi, terutama di daerah terpencil atau atau kurang berkembang. Keterbatasan akses teknologi menjadi hambatan dalam penerapan pembelajaran interaktif berbasis computer. Keterbatasan akses terhadap teknologi di beberapa daerah dapat menghambat efektivitas pembelajaran berbasis computer. Hal tersebut menunjukkan perlunya perhatian lebih terhadap pengembangan infrastruktur teknologi Pendidikan yang merata agar teknologi dapat dimanfaatkan secara optimal di seluruh wilayah.

Resistensi terhadap perubahan di kalangan guru dan siswa sering terjadi Ketika tidak terbiasa dengan teknologi baru. Penyaranan pelatihan dan pengembangan profesional bagi pengajar untuk mempercepat adopsi teknologi dalam pembelajaran. Perlunya pelatihan intensif untuk mengurangi hambatan adaptasi teknologi di kalangan tenaga pengajar.

Keterbatasan biaya untuk pengembangan dan pemeliharaan aplikasi pembelajaran juga menjadi tantangan yang perlu diatasi. Biaya yang tinggi untuk pengembangan dan pemeliharaan aplikasi pembelajaran interaktif menjadi tantangan besar bagi banyak sekolah, terutama yang memiliki anggaran terbatas. Pengembangan perangkat lunak berkualitas memerlukan investasi yang besar, baik dari segi waktu maupun sumber daya yang terkadang sulit dipenuhi oleh institusi Pendidikan.

Evaluasi berkala terhadap penggunaan aplikasi pembelajaran interaktif juga penting untuk memastikan efektivitaasnya dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Evaluasi dapat membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan aplikasi, sehingga perbaikan dapat dilakukan sesuai kebutuhan. Studi menekankan pentingnya evaluasi program sekolah digital untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. 

 

*Penulis adalah Mahasiswa Program Studi Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Malang

 

 

 

Tag : Pengaruh Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Terhadap Minat Belajar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat