13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |  
Fri, 26 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

SMPN Kapas

Tanamkan Cinta Lingkungan Melalui Sekolah Adiwiyata

blokbojonegoro.com | Tuesday, 04 April 2017 15:00

Tanamkan Cinta Lingkungan Melalui Sekolah Adiwiyata

Kontributor: Muhammad Qomarudin

blokBojonero.com - Memang sulit merubah perilaku seseorang, apalagi di dalam lingkungan tersebut terdapat orang yang mempunyai perilaku yang berbeda-beda. Hal itulah yang ingin diterapkan di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Kapas, Kabupaten Bojonegoro, dengan mengubah dan menanamkan prilaku cinta lingkungan melalui sekolah Adiwiyata.

"Inti dari Adiwiyata sendiri adalah harus ada kesinambungan antara masyarakat sekitar dengan siswa, agar bisa menciptakan lingkungan yang Aman, Sehat, Rapi dan Indah (ASRI), paling tidak membangun lingkungan yang tidak gersang," ungkap Kepala Sekolah, Yeni Sri M, kepada blokBojonegoro.com.

Dengan memanfaatkan lingkungan sekitar, kata Yeni, baik di halaman sekolah maupun belakang sekolah, SMPN Kapas membangun taman dan kebun mini, yang ada berbagai macam bunga, pepohonan dan sayur-sayuran.

"Untuk setiap pemanenan sayur-sayuran, seperti sawi kita jual, tetapi baru di lingkup jajaran guru saja," lanjut perempuan 58 tahun ini.

Sekolah yang terletak di Desa Plesungan Kecamatan Kapas itu butuh kurun waktu hampir dua tahun, untuk merubah perilaku siswanya. Dari buang sampah, hingga suka memetik bunga sembarangan. Sekarang ini sudah banyak perubahan yang sangat signifikan.

Perempuan yang akrab di sapa Bu Yeni ini juga menegaskan, di sekolah Adiwiyata ini ada sebuah peraturan yang harus ditaati, jika melanggarnya akan didenda, minimal Rp500. "Dan uangnya akan dijadikan kas yang kemudian akan dibelikan alat kebersihan maupun pupuk kandang," ungkapnya.

Agar para siswa semangat dalam memelihara lingkungan sekolah, kata Kepala Sekolah, dari sekolahan juga mengadakan lomba lingkungan perkelas, dan dari guru pun memberi contoh, tidak hanya memberi perintah melainkan langsung turun tangan, agar siswa termotivasi.

Dengan ditanamkan prilaku cinta lingkungan di sekolah Adiwiyata Kapas ini, diharapkan siswa mampu menjadi pelopor pecinta lingkungan di tengah-tengah masyarakat, ketika terjun di dalamnya. "Pada bulan depan dari pihak sekolah akan bekerjasama dengan DKP ataupun Bank Sampah yang ada di Mojodeso, supaya bisa memanfaatkan kembali dengan nilai ekonomis," tutup Bu Yeni. [din/mu]

Tag : adiwiyata, smpn kapas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat