07:00 . Meski Boleh, Remaja Sebaiknya Tidak Terlalu Banyak Konsumsi Kafein!   |   21:00 . Safari Ramadhan Ke-6, Bupati Himbau Lebaran ini Agar Tidak Mudik Dahulu   |   20:00 . Proyek Gas JTB Diandalkan Penuhi Kebutuhan Gas Jatim   |   19:00 . Di Masa Pandemi, PEPC Tetap Berkontribusi Besar Pada Pajak Negeri   |   18:00 . Panen Kayu Putih di Wilayah Selatan Bojonegoro   |   17:00 . Penjual Nasi Kotak Dapatkan Pelanggan Banyak Saat Bulan Ramadan   |   16:00 . Permudah Masyarakat Mencari Kerja di Website Disperinaker   |   15:00 . UNUGIRI Langsungkan Pelantikan Ormawa Secara Online   |   14:00 . Disnakkan Pantau Stok Dan Harga Komoditas Peternakan   |   12:00 . Perusahaan Tempat Kerja Mangkir Bayar THR? Laporkan ke Sini   |   10:00 . Pemkab Bojonegoro Tindaklanjuti Inpres Optimalisasi Pelaksanaan Program Jamsostek   |   09:00 . Tak Boleh Mudik, Layanan KAI Dibatasi Hingga 5 Mei   |   08:00 . Meriah, Yayasan Bina Mulia Gelar Lomba se-Karisedanan   |   07:00 . Hati-hati, Jam Kerja Tak Teratur Bisa Tingkatkan Risiko Masalah Jantung!   |   20:00 . Hari Kartini, Polwan Polres Bagi Masker dan Imbauan Larangan Mudik   |  
Fri, 23 April 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Seberapa Banyak Anak Boleh Mengonsumsi Minuman Manis?

blokbojonegoro.com | Monday, 01 May 2017 07:00

Seberapa Banyak Anak Boleh Mengonsumsi Minuman Manis?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Terlalu banyak gula terbukti dapat menyebabkan kerusakan gigi dini, risiko diabetes tipe 2, hingga penyakit jantung di kemudian hari. Tetapi, bukan berarti anak sepenuhnya dilarang untuk konsumsi minuman manis.

Sekitar dua-pertiga anak-anak mengonsumsi setidaknya satu porsi jus buah kemasan, minuman manis dengan perasa, serta soda, menurut sebuah penelitian terbaru dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Dan hampir seperempat dari anak-anak berusia 12 sampai 19 tahun ditemukan telah memiliki gejala diabetes tipe 2 atau pradiabetes, menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics.

"Kami tidak berbicara tentang penyakit orang-orang di usia lanjut," kata Shawn McIntosh, direktur eksekutif Sugar Free Kids Maryland. "Ini adalah tentang anak-anak yang bahkan belum menerima ijazah sekolah tinggi."

Untuk hidup sehat dan panjang umur, anak-anak harus lebih aktif dan makan makanan dengan nutrisi baik. Termasuk mendapatkan lebih sedikit kalori dari gula tambahan dari makanan atau minuman manis, CDC mengatakan.

Untuk terhindar dari penyakit berbahaya akibat kelebihan gula, The American diabetes Association menyarankan orangtua untuk memastikan anak-anak mereka mengonsumsi makanan sehat, bergerak atau berolahraga setiap hari, memeriksa glukosa darah setidaknya setahun sekali.

Untuk konsumsi minuman manis kemasan, satu sampai dua porsi seminggu tak akan membahayakan kesehatan anak-anak, tapi mengonsumsi lebih dari dua porsi bisa berbahaya, McIntosh mengatakan.

Selain peningkatan risiko penyakit, konsumsi minuman ini membuat anak-anak lebih sulit untuk memertahankan berat badan yang sehat dan mudah sekali menjadi obesitas.

Dua porsi minuman manis kemasan dalam seminggu dianggap kurang? McIntosh merekomendasikan orangtua untuk menggantinya dengan minuman sehat sederhana, yaitu mengonsumsi buah kaya air, seperti semangka.

Atau bisa juga sajikan irisan buah dengan sensasi menyegarkan, seperti jeruk, lemon, stroberi maupun nanas ke dalam air dingin. Minuman dingin dapat membuat keinginan minum manis anak terpuaskan.

Sumber: www.kompas.com

Tag : pendidikan, kesehatan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat