13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pengisian Perangkat Desa Serentak

IDfos: Banyak Celah Kecurangan Seleksi Perangkat Desa

blokbojonegoro.com | Friday, 20 October 2017 19:00

IDfos: Banyak Celah Kecurangan Seleksi Perangkat Desa

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Proses pengoreksian hasil tes seleksi pengisian perangkat desa serentak di Kabupaten Bojonegoro, akan menggunakan scanner komputer. Rencananya proses pengoreksian jawaban peserta itu dilaksanakan di Sekolah Model Terpadu (SMT) Desa Sukowati, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro.

Pasalnya menjelang pelaksanaan tanggal 26 Oktober 2017, banyak kabar burung yang beredar adanya tarikan sejumlah uang untuk menjadi perangkat desa dalam proses pengisian perangkat desa yang diinginkan. Terkait hal itu, tim kabupaten melaksanakan pertemuan, terkait penjelasan teknis pelaksanaan seleksi ujian tulis pengisian perangkat desa serentak Kabupaten Bojonegoro.

Usai pertemuan, kemudian dirangkai dengan meninjau lokasi yang akan digunakan tempat untuk mengoreksi hasil ujian tulis di SMT Bojonegoro. Pengecekan lokasi dipimpin langsung Djoko Lukito, selaku Asisten Pemerintahan dan Kesra, Djumari Kepala Dinas PMD dan Khamim Koordinator Tim Desa. Serta Ainun Naim dan Rizal Zubad dari IDFoS  Indonesia. "Kami menilai dari agenda pengisian perangkat desa itu ada beberapa celah yang harus segera ditutup," kata Ainun Naim.

Menurut  Na’im, adanya keresahan itu sudah ia sampaikan kepada Asisten I, Djoko Lukito. Di antaranya kekhawatiran adanya Joki atau seorang pengganti peserta ujian dan adanya tindakan yang tidak patut saat pengantaran berkas jawaban dari masing-masing kecamatan menuju SMT tempat koreksi (scanner).

"Hack dari seseorang mengenai proses scanner yang bakal dilakukan dan bentuk kecurangan melalui aplikasi yang dilakukan oleh oknum saat proses koreksi," terangnya menyebut celah yang perlu diantisipasi.

Untuk itu, sebagai langkah mengantisipasi ada langkah-langkah yang segera diambil, di antaranya peserta diharapkan membawa identitas berupa KTP dan SIM. Serta mengantisipasi joki peserta, melalui teman yang ada didekatnya karena teman yang ada didekatnya salah satu cara efektif mengatasi hal adanya penjokian.

Selain itu dengan adanya pengawasan yang melibatkan berbagai unsur, baik dari aparat,  panitia dan peserta termasuk mengawasi juga dipersilahkan untuk mengawal dari Kecamatan hingga SMT.

Sedangkan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya hack dari seseorang, maka dalam proses scanner  tersebut, wifi komputer atau laptop yang digunakan mengoreksi dan handphone petugas harus dimatikan. "Untuk mencegah suatu yang tidak berkenan maka komputer atau laptop yang akan digunakan hatus steril dan bukan berasal dari petugas scanner atau pihak UNNES," jelasnya.

Ditambahkan, tetapi komputer atau laptop tersebut harus benar-benar netral dan bersih dari aplikasi apapun. Bahkan komputer atau laptop wajib diperiksa terlebih dahulu sebelum digunakan. “Selain itu, kami juga berharap untuk proses pescanneran agar disiarkan live supaya semua orang bisa melihat dan tahu prosesnya”, imbuh Na’im.

Menanggapi hal tersebut, Djoko lukito dan khamim telah setuju dan insya Allah akan dilakukan demi kelancaran koreksi jawaban soal perangkat desa.[zid/lis]

Tag : rekrutmen, perangkat desa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat