19:00 . Wagub Emil Menjadi Ketua IPHI Provinsi Jawa Timur   |   18:00 . Inilah Rangkaian Festival Belimbing 2019   |   17:00 . Ketua PGRI Bojonegoro: UN Masih Dibutuhkan, Proses Belajarnya yang Harus Ditingkatkan   |   16:00 . IGTKI Bojonegoro Gelar Implementasi Dolanan Anak   |   15:00 . Mengenang Patung Sirkuit, Salah Satu Ikon Kaliketek   |   14:00 . Wajah Baru Kota Bojonegoro   |   13:00 . Niat Lewat Rel, Tewas Tertabrak KA   |   12:00 . Akhir Pekan, Harga Emas Dibuka Naik Rp4.000 Per Gram   |   11:00 . Tingkatkan Kompetensi Calon Guru MI, Sanggar Tari HMP PGMI IAI Sunan Giri Gelar Pelatihan   |   10:00 . Kirab Koin Muktamar, PCNU Bojonegoro Kenalkan NU Sejak Dini pada Pelajar   |   09:00 . Jalur KA Kembali Normal Pasca Anjlok di Stasiun Doplang   |   08:00 . Cuaca Akhir Pekan Hujan Petir   |   07:00 . 5 Cara Mengatasi Keriput di Area Bawah Mata   |   20:00 . Forkopimcam Baureno Sinergi Bantu Korban Bencana   |   18:00 . Bappeda Gelar Lokakarya Expose tentang Sanitasi Air   |  
Sun, 15 December 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 10 May 2018 21:00

Gusdurian Gelar Upgreding 9 Nilai Utama Gus Dur

Gusdurian Gelar Upgreding 9 Nilai Utama Gus Dur

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Komunitas Gus Dur atau yang biasa disebut Gusdurian Kabupaten Bojonegoro dan Tuban, mengadakan Upgrading Sembilan Nilai Utama Gus Dur di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Gus Dur Desa Gununganyar, Kecamatan Soko Kabupaten Tuban.

Kegiatan yang berlangsung dua hari, Rabu-Kamis (9-10/5/2018), diikuti sekitar 30 alumni Kelas Pemikiran Gus Dur (KPG) dari dua kabupaten yang bertetangga ini. Bahkan, ada peserta juga yang berasal dari Pulau Sumatera.

"Kegiatan ini bertemakan Upgrading Sembilan Nilai Utama Gus Dur, dengan spirit belajar bersama dan menelaah nilai-nilai yang telah dirumuskan oleh Sek-Nas yang berjumlah Sembilan," terang Aan Anshori selaku pemateri dari Jaringan Islam Anti Diskriminasi (JIAD).

Kesembilan nilai Gus Dur meliputi Ketauhidan, Kemanusiaan, Keadilan, Kesetaraan, Pembebasan, Persaudaraan, Kesederhanaan, Kesatriaan serta Kearifan Tradisi. Yang mana, sembilan nilai pemikiran Gus Dur ini diharapkan bisa memberikan pemahaman yang komprehensif terhadap spektrum pemikiran dan tindakan Gus Dur yang sangat luas.

Tak hanya itu saja, para peserta juga diajak mengunjungi Gereja Pantekosta di Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban, dengan tujuan memperkuat tali persaudaraan antar umat beragama dan mengupayakan hidup saling menghargai.

"Kunjungan ini juga bertujuan untuk membangkitkan rasa kebersamaan dan persatuan terhadap masing-masing agama," tutur pria yang akrab disapa Gus Aan tersebut.

Tak hanya itu saja, kunjungan juga berkaitan dengan kemanusiaan. Sebab, pada dasarnya Tuhan menciptakan seluruh manusia berperilaku dan berakhlak baik, sehingga akan tercipta rasa persaudaraan.

"Kita memperlakukan semua elemen masyarakat baik ras, suku maupun agama dengan rasa persaudaraan," lanjutnya.

Disisi lain, Pendeta Yeri juga mengungkapkan hal yang sama, tentang pentingnya sebuah toleransi beragama. Pasalnya, toleransi beragama juga sebagai wujud Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi salah satu komponen utama keutuhan NKRI.

"Tuhan menciptakan manusia itu beragam untuk saling melengkapi. Sehingga, seharusnya mereka mampu menjaga hubungan baik agar turut memajukan bangsa dan negara," tutup Pendeta Yari. [din/mu]

Tag : gusdurian


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Thursday, 12 December 2019 00:00

    Inilah Cara Ibu Melenial Memperingati Hari Ibu

    Inilah Cara Ibu Melenial Memperingati Hari Ibu Ada hal yang beda dalam pertemuan Arisan Rutin ibu PKK Gg. Namlo RT.04/RW.01 Kelurahan Mojokampung Bojonegoro. Dalam pertemuan kali ini dikemas dengan memperingati hari ibu, para ibu PKK sangat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat