20:00 . Diduga Puntung Rokok Menyebabkan Sebuah Rumah di Sukosewu Terbakar   |   19:00 . Meski Menang, Pelatih Persibo Mengaku Belum Puas   |   18:00 . Polres Bojonegoro Lakukan Pengamanan Ketat   |   17:00 . Persibo Gilas Arema Malang United 4-1   |   16:00 . Persibo Tutup Babak Pertama Dengan Skor 2-0   |   12:00 . Kemenag: Pengetahuan Bahaya Narkoba Harus Diberikan Pada Pelajar   |   11:00 . Camat Balen: Saya Belum Terima Laporan P-APBDes dan SK Panitia   |   10:00 . Warga Pertanyakan Seleksi Perangkat Desa Mulyorejo   |   09:00 . Saat Haji, Diprediksi Suhu Capai 47 Derajat   |   08:00 . Cegah Narkoba, Sosialisasi Wacana Tes Urine Calon Pengantin Dilakukan   |   07:00 . Mengapa Selalu Lapar Menjelang Tidur Malam ? Ini Sebab Paling Berbahaya   |   19:00 . Belasan CJH Bojonegoro Dipastikan Gagal Berangkat ke Tanah Suci   |   18:00 . Jamaah Haji Bojonegoro Bakal Diberangkatkan Mulai 31 Juli   |   17:00 . Puluhan CJH Bojonegoro Termasuk Kelompok Risti   |   16:00 . Jelang Idul Adha, Harga Cabai Merangkak Naik   |  
Mon, 22 July 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 23 May 2018 10:00

Kapolres Bojonegoro, AKBP. Ary Fadli S.I.K., M.H., M.Si

Sempat Tak Lulus Tes, Tetap Kukuh Jadi Polisi

Sempat Tak Lulus Tes, Tetap Kukuh Jadi Polisi

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Lahir dari keluarga hakim yang disiplin dan memahami hukum, membuat Ary Fadli belajar banyak hal sehingga Akpol tahun 2000 kelahiran Kupang itu memantapkan hati masuk polisi tahun 1997. Meskipun suami Rani Arumningtias sempat tidak lulus tes dalam mewujudkan cita-citanya menjadi anggota polisi.

"Setelah lulus SMA, di tahun 1996 mengikuti tes ABRI (waktu itu) tapi tidak lulus dan 1997 tes lagi baru masuk. Dua kali tes, baru masuk," kenang Kapolres Bojonegoro, Ary Fadli kepada blokBojonegoro.com.

Diceritakan, keinginannya yang kuat menjadi polisi karena melihat tugas polisi di tengah-tengah masyarakat. Pasalnya di saat masyarakat tertidur, polisi masih bertugas dan 24 jam terus bekerja untuk masyarakat. "Sudah konsekuensi menjadi polisi, semua pekerjaan ada risikonya," terang Kapolres.

Sehingga saat menjadi anggota Polri, banyak pengalaman yang berkesan termasuk bertugas menjadi Reskrim di Polsek maupun Kasat Reskrim di Polres, kepuasan tersendiri dapat mengungkap kasus seperti kasus pembunuhan maupun yang lainnya.

"Menjadi anggota Reskrim sangat perlu ketelitian dalam menangani masalah. Semua berawal dari TKP (Tempat Kejadian Perkara) untuk mengungkap kasus, perlu teliti karena fungsi reskrim," jelas bapak tiga anak itu.

Bertahun-tahun belajar di kepolisian baik secara teori maupun pengalaman di lapangan, Kapolres Ary dipercaya menjabat Kapolres yang pertama di Kabupaten Bojonegoro. Beberapa tahun bertugas di Jawa Timur, membuatnya mudah berkomunikasi dan beradaptasi di Kota Ledre.

"Masyarakat Bojonegoro kooperatif, dukungan dan ekspektasi ke polisi sangat tinggi. Juga dekat dengan masyarakat untuk melayani masyarakat dan membina anggota," tutur Kapolres Ary yang baru menjabat sekitar sebulan.

Meskipun belum berapa lama menjadi Kapolres Bojonegoro, Ary Fadli merasa diterima dengan baik oleh masyarakat Bojonegoro. Dicontohkan saat terjadi demo, polisi dapat menjembatani antar dua kepentingan dari pendemo ke pemangku kebijakan, karena pesan tersampaikan. "Elemen masyarakat sangat kooperatif, baik tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama maupun yang lain," kesannya.

Kapolres Ary Fadli juga berpesan kepada anggotanya, agar menjalankan tugasnya dengan baik. Ia juga akan meningkatkan kemampuan kompetensi anggota dalam bertugas dan haknya anggota diberikan. "Sebab tidak hanya fungsi operasional, polisi juga menjadi fungsi pembinaan yang harus seimbang," pungkas Kapolres. [zid/mu]

Program Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli
Polres Bojonegoro 'TERSENYUM' (TERTIB, RAMAH, SINERGI, NYAMAN, UNGGUL DAN MODERN).

- TERTIB: Dalam Gakkum (penegakan hukum) taati aturan yang berlaku berikan contoh kepada masyarakat tertib berlalu lintas. Tertib dalam melaksanakan administrasi internal maupun penyidikan. Menjadi pelopor tertib sosial di ruang publik.
- RAMAH: Ramah kepada masyarakat (Polres/Polsek/tempat umum), komunikatif, berikan informasi yang jelas dengan cara yang baik, utamakan layanan prima
- SINERGI: Sinergitas antar stakeholder TNI, Jaksa, Hakim, Pemkab dan jajarannya, BPBD, instansi lain. Tingkatkan komunikasi dengan bentuk kegiatan rutin, tanggap bencana banjir tahunan kerjasama dengan pemadan dan BPBD
- NYAMAN: Hilangkan budaya arogan, hadapi masyarakat yang panik dengan tenang, buat suasana nyaman dalam semua Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK)
- UNGGUL: Raih perhatian masyarakat dengan mengedepankan kompetensi dan skill. Latih anggota untuk optimalisasi pelayanan (sertifikasi), reskrim, intel, lantas dan Binmas. Buat terobosan kreatif dengan mengedepankan kearifan lokal dalam rangka pelayanan publik.
- MODERN: Perkuat kemampuan operator komputer dan arsip, less paper (buat database administrasi online), integritaskan sistem yang sudah dibuat Baintelkam / Polda dalam pelayanan, Reskrim update kebijakan TI dari Bareskrim / Polda, validasi SIPP Polri, berdayakan dan tingkatkan kemampuan TI bintara baru, buat inovasi berbasis TI yang terintegrasi yang mempermudah pelayanan publik untuk meraih kepuasan masyarakat.

- Biodata Diri:
Nama: Ary Fadli, S.I.K., M.H., M.Si
Tempat Tanggal Lahir: Kupang, 08 Oktober 1977
Jabatan: Kapolres Bojonegoro
Istri: Rani Arumningtias
Anak:
1. Aisyah Atasmira Ardani
2. Abrisyam Omar Ahzam
3. Ahmad Zio Alraskha

- Pendidikan umum:
SD Kupang Lulus tahun 1989
SMPN Aceh Lulus tahun 1992
SMAN Tulungagung Lulus tahun 1995
S2 Hukum Lulus tahun 2008
S2 KIK Lulus tahun 2016

- Pendidikan polisi:
AKPOL Tahun 2000
PTIK Tahun 2007
SESPIMMEN Tahun 2014

Riwayat Jabatan :
- Tahun 1997 : Akpol
- Tahun 2001 : PAMA POLDA KALTIM
- Tahun 2001 : PAMAPTA B POLRES BALIKPAPAN POLDA KALTIM
- Tahun 2002 : KANIT RESKRIM POLSEK BALIKPAPAN BARAT POLRES BALIKPAPAN POLDA KALTIM
- Tahun 2004 : KANIT IDIK I SATRESKRIM POLRESTA BALIKPAPAN POLDA KALTIM
- Tahun 2005 : KANIT III TIPITER SATRESKRIM POLRESTA BALIKPAPAN POLDA KALTIM
- Tahun 2005 : KAPOLSEK BONTANG SELATAN POLRES BONTANG POLDA KALTIM
- Tahun 2006 : KASAT RESKRIM POLRES PERSIAPAN KUTAI BARAT POLDA KALTIM
- Tahun 2006 : PANIT I SAT I DITRESKRIM POLDA KALTIM
- Tahun 2007 : PAMA PTIK (DLM RANGKA DIK)
- Tahun 2007 : PAMA POLDA JATIM
- Tahun 2008 : KASAT RESKRIM POLRES BLITAR POLWIL KEDIRI POLDA JATIM
- Tahun 2009 : KAUR LITPERS SUBBID PAMINAL BID PROPAM POLDA JATIM
- Tahun 2009 : PAMA AKPOL
- Tahun 2009 : PATUN KIE TAR KORTARSIS DIT BINTARLAT AKPOL
- Tahun 2010 : PAMA POLDA JATIM
- Tahun 2010 : KASAT RESKRIM POLRES MOJOKERTO POLDA JATIM
- Tahun 2011 : KASUBBAG SELEKSI BAG DALPERS RO SDM POLDA JATIM
- Tahun 2011 : KASUBBAGMUTJAB BAGBINKAR RO SDM POLDA JATIM
- Tahun 2014 : PAMEN POLDA JATIM (DIK SESPIMMEN 2014)
- Tahun 2014 : PAMEN SSDM POLRI
- Tahun 2015 : KAURTU ROBINKAR SSDM POLRI
- Tahun 2015 : KASUBBAGGASSUSDAGRI BAGGASSUS ROBINKAR SSDM POLRI
- Tahun 2017 : PAMEN SSDM POLRI (DIARAHKAN SBG KASUBBAGMUTJABBRIG BAGMUTJAB ROBINKAR SSDM POLRI)
- Tahun 2017 : KASUBBAGMUTJABBRIG BAGMUTJAB ROBINKAR SSDM POLRI
- Tahun 2017 : KASUBBAGMUTJABPAMA BAGMUTJAB ROBINKAR SSDM POLRI (IIIA2)
- Tahun 2017 : KASUBBAGKATPA BAGPANGKAT ROBINKAR SSDM POLRI
- Tahun 2018 : KAPOLRES BOJONEGORO POLDA JATIM.

Tag : kapolres

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 17 July 2019 22:00

    KKM MI Kapas Gelar Bimtek K13 Revisi Tahun 2018

    KKM MI Kapas Gelar Bimtek K13 Revisi Tahun 2018 Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MI Kecamatan Kapas melaksanakan Bimbingan Teknis K13 Revisi Tahun 2018 yang akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 17 hingga 20 Juli 2019. Kegiatan ini berlangsung...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat