18:00 . Diduga Kelelahan, Staf Perhutani Ditemukan Meninggal Dunia   |   17:00 . Bus Baru Pemkab, Bupati: Untuk Pelayanan dan Sosial   |   16:00 . Maba IAI Sunan Giri Antusias Ikuti Seminar Pembuatan Makalah   |   15:00 . Mekanisme Berbeda, Pemilihan Ketua Lewat Formatur   |   14:00 . Pemuda Muhammadiyah Bojonegoro Gelar Musda   |   13:00 . Serunya Lomba Mancing Merdeka Berebut Sepeda Motor   |   12:00 . Bupati Kunjungi Exit Tol Nganjuk ini Tujuannya   |   11:00 . Bak Moto GP, Ibu-Ibu Ikut Balap Traktor di Desa Tejo   |   10:00 . Mancing Merdeka, Berebut Ikan Dengan Bobot Terberat   |   08:00 . Ratusan Pemancing Turut Mancing Merdeka   |   07:00 . Apakah Asma Menular?   |   18:00 . Sutrac Bantu Droping Air Bersih di Tlogohaji   |   17:00 . Besok, Desa Tejo Kembali Gelar Lomba Balap Traktor   |   15:00 . MI Islamiyah Sarangan Sabet Juara Satu di Pesta Siaga Kwaran Kanor   |   14:00 . Pengusaha NU Bojonegoro Berkumpul, Mau Apa?   |  
Sun, 15 September 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 15 June 2018 16:00

Masih ada 2.000 Lowker, Diprediksi Pencaker Terus Meningkat

Masih ada 2.000 Lowker, Diprediksi Pencaker Terus Meningkat

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Para pencari kerja (pencaker) di Kabupaten Bojonegoro terus mengalami peningkatan. Hal itu terlihat dari aktivitas yang terjadi di Kantor Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) yang terus mengalami peningkataan pada bulan ramadan.

Data di Disperinaker Bojonegoro terlihat para pencari kartu kuning mulai Januari hingga Juni 2018 ini sudah mencapai sekitar 2.200 buah. Data tersebut diperkirakan bakal mengalami lonjakan yang lumayan drastis ketika pasca lebaran, lantaran bersamaan dengan musim mudik ataupun banyak masyarakat yang ingin bekerja di luar daerah.

"Saat ramdan saja sudah ada kenaikan sekitar dua kali lipat, yang biasanya cuma 25 perhari menjadi sekitar 50 pencaker setiap harinya," terang Kabid Pengembangan dan penepatan tenaga kerja Disperinaker, Joko Santoso.

Dia juga menyebutkan, selain meningkatnya pencari kerja lantaran pasca mudik, juga disebabkan seiring dengan akan dibukanya lowongan pekerja di proyek Jambaran Tiung Biru (JTB) yang bakal merekrut ribuan pekerja. Yang mana, banyak masyarakat yang sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari.

Menurut Joko, jika diklasifikasi sesuai dengan golongan pendidikan, sekitar 75 persen berasal dari pendidikan setingkat Sekolah Menengah Atas. Sisanya sebanyak 25 persen di bagi dari Sekolah Dasar, Diploma III dan Sarjana.

"Hal ini juga bersamaan dengan golongan pendidikan dari SLTA yang baru lulus, sehingga akan menumpuk pasca lebaran," lanjutnya kepada blokBojonegoro.com.

Sementara itu untuk lowongan pekerjaan yang tersisa di Disperinaker masih sekitar 2.000 lowongan kerja (lowker). Namun lowongan tersebut sewaktu-waktu bisa bertambah karena sebelumnya di Kabupaten Bojonegoro diadakan Job Fire untuk bekerja di Kabupaten Tuban, Lamongan, Gresik maupun Surabaya.

Di sisi lain, Ia juga menghimbau untuk masyarakat Bojonegoro yang ingin mendaftar di JTB bisa langsung datang ke Kantor Disperinaker yang berada di Jalan Basuki Rahmat. Serta masyarakat tidak mudah terpengaruh kepada oknum-oknum yang tidak jelas dengan mengatasnamakan bisa memasukan menjadi pekerja di JTB.

"Masyarakat langsung bisa datang ke kantor, jika belum ada yang jelas juga bisa dikordinasikan kepada petugas," tutup Joko Santoso. [din/mu]

Tag : pencari kerja, lowker

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 08 September 2019 15:00

    Semarak HUT, 17 Perlombaan Satukan Warga Semanding

    Semarak HUT, 17 Perlombaan Satukan Warga Semanding Peringatan HUT Republik Indonesia merupakan suatu kegiatan yang rutin dilaksanakan seluruh masyarakat Indonesia, sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan Republik Indonesia yang diperjuangkan oleh pahlawan terdahulu....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat