22:00 . HMP PPKn Adakan Seminar Bertema Payung Hukum Bagi Tenaga Didik   |   21:00 . Pemkab Bojonegoro Beri Santunan untuk yang Meninggal Dunia   |   20:00 . Ditetapkan Tersangka, Kepala Inspektorat Terancam Hukuman ini   |   19:00 . PEPC Setor Pajak Rp 8,08 Triliun   |   18:00 . Ditutup, 57 Pendaftar KPU Bojonegoro Siap Berkompetisi   |   17:00 . Guna Perkuat Data, Kejari Bojonegoro Juga Datangkan 7 Ahli   |   16:30 . 8 Hari Team IT Ario Sighat Selesaikan Rekapitulasi, ini Hasilnya...   |   16:00 . Jalan Rusak, Warga Peringatkan Pengguna Jalan dengan Banner   |   15:00 . Diperiksa 5 Jam, Kepala Inspektorat Langsung Ditahan   |   14:00 . Diduga Ada Pemilih Ganda, Demokrat Laporkan Dua TPS di Ngasem   |   12:00 . Rangkaian HUT BUMN, Pertamina Gelar Pasar Murah di Empat Lokasi   |   11:00 . Gelar Turnamen Voli, BEM Unigoro Gandeng 3 Kabupaten   |   10:00 . Caleg Stres Kalah Pemilu, BPJS Siap Ongkosi Biaya Berobat   |   08:00 . Film Avenger Terbaru Sudah Rilis di Bioskop Bojonegoro   |   07:00 . Tips Kecantikan: Ingin Rambut Sehat? Coba Pakai Minyak Kelapa   |  
Fri, 26 April 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 02 September 2018 17:00

Kekeringan di Kabupaten Bojonegoro Diprediksi Semakin Meluas

Kekeringan di Kabupaten Bojonegoro Diprediksi Semakin Meluas

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Kekeringan di Kabupaten Bojonegoro terus meluas. Bila sebelumnya hanya 2 Kecamatan yang melapor meminta bantuan air bersih ke BPBD Kota Ledre, pada pekan ini sudah ada 5 kecamatan yang tercatat warganya mengalami kesulitan mendapatkan air bersih akibat kekeringan.

Lima Kecamatan yang warganya mengalami kesulitan mendapat air bersih, antara lain Kecamatan Sumberejo, Kecamatan Sukosewu, Kecamatan Ngasem, Kecamatan Ngraho dan Kecamatan Temayang. Namun kelima kecamatan tersebut tidak semua mengalami kekeringan, melainkan terdapat di beberapa desa saja.

"Seperti Desa Sumberjokidul Sukosewu, Desa Bakulan Temayang, Desa / Kecamatan Sugihwaras, Desa Jumok Kecamatan Ngraho,  Desa Tlogoaji Kecamatan Sumberejo dan Desa Tengger Kecamatan Ngasem," ungkap Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Nadief Ulfia.

Kesulitan mendapatkan air bersih tersebut terjadi lantaran selama ini banyak warga untuk memenuhi kebutuhan air sehari-harinya tertumpu menggunakan air bawah tanah berupa sumur bor dan ledeng dari sumber mata air di sekitar permukiman.

Tidak adanya akses pelayanan dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), juga menjadi alasan warga hanya mengandalkan sumur dan ledeng dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Akibatnya, warga mengalami kesulitan air bersih seiring sumur dan sumber mata air mengering pada musim kemarau ini.

"Penyaluran bantuan air bersih yang dilakukan BPBD sebenarnya sudah mulai sejak 24 Juli 2018 lalu dan sampai akhir agustus ini kita sudah menyalurkan beberapa tangki mobil dengan kapasistas 6000 liter kepada desa yang terdampak," lanjutnya.

Sebenarnya untuk kekeringan tersebut BPBD sudah memetakan terkait beberapa wilayah. Berdasarakan data tahun lalu ada 26 desa dari 10 kecamatan yang tersebar di Bojonegoro dilanda kekeringan saat musim kemarau. Sehingga otomatis kekeringan tersebut diprediksi bakal terus meluas di Kota Ledre.

“Tahun kemarin ada 6.199 Kepala Keluarga (KK) atau 20.836 jiwa terdampak akibat bencana kekeringan," pungkasnya.[din/col]

 

Tag : kekeringan, bojonegoro

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 27 March 2019 21:00

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng Seorang petani di Desa Kedungdowo, Kecamatan Balen, Abdul Mukarom merasa senang karena pohon Lengkeng yang ia tanam dua tahun yang lalu sekarang ini buahnya sudah bisa dinikmati. Setelah empat pohon...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 16 April 2019 09:00

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ Telah hilang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK): No.Pol: S-3761-DJ Merk/Type: HONDA Warna: Hitam Tahaun pembuatan: 2012 Nomor Rangka: MH1JB8110CK809201 Nomor Mesin: JB81E1806215 Atas Nama: DASINAH Alamat: Dusun Kawis RT.01/RW.02 Desa Geger Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more