16:00 . Banyak Kendala, Para Peternak Berbagi Pengalaman   |   15:00 . Santunan Kematian, Ahli Waris Harus Memiliki Rekening   |   14:00 . 44S Poultry Berikan Pelatihan Kepada 57 Peternak Ayam   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Bakal Tingkatkan Kemampuan PMKS   |   12:00 . DLH dan Polres Bojonegoro Bersih Sampah di TBS   |   11:00 . Diburu Pembeli, Laju Penjualan Laptop-Komputer Meningkat   |   10:00 . Tanya Kejejelasan Nasib Persibo, Suporter akan Turun Jalan   |   09:00 . Jelang UNBK, Laptop Baru dan Bekas Masih Diburu   |   08:00 . Ini Alasan Pupuk Organik Lebih Disarankan Dibanding Kimia   |   07:00 . Awas, Jangan Biarkan Batuk Berkepanjangan   |   23:30 . Kenalkan SISTER, IKIP PGRI Bojonegoro Adakan Workshop Internal   |   23:00 . Emil Wagub Jatim Ajak Jaga Bengawan Solo - Bojonegoro   |   22:00 . Ha...Ada Ribuan Titik Kerusakan Akibat Penambangan Pasir Liar   |   21:00 . Emil Minta Sudetan Kaligandong Disegerakan   |   20:00 . Tepat Dua Jam, Emil Susuri Bengawan Solo   |  
Wed, 20 February 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 02 September 2018 17:00

Kekeringan di Kabupaten Bojonegoro Diprediksi Semakin Meluas

Kekeringan di Kabupaten Bojonegoro Diprediksi Semakin Meluas

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Kekeringan di Kabupaten Bojonegoro terus meluas. Bila sebelumnya hanya 2 Kecamatan yang melapor meminta bantuan air bersih ke BPBD Kota Ledre, pada pekan ini sudah ada 5 kecamatan yang tercatat warganya mengalami kesulitan mendapatkan air bersih akibat kekeringan.

Lima Kecamatan yang warganya mengalami kesulitan mendapat air bersih, antara lain Kecamatan Sumberejo, Kecamatan Sukosewu, Kecamatan Ngasem, Kecamatan Ngraho dan Kecamatan Temayang. Namun kelima kecamatan tersebut tidak semua mengalami kekeringan, melainkan terdapat di beberapa desa saja.

"Seperti Desa Sumberjokidul Sukosewu, Desa Bakulan Temayang, Desa / Kecamatan Sugihwaras, Desa Jumok Kecamatan Ngraho,  Desa Tlogoaji Kecamatan Sumberejo dan Desa Tengger Kecamatan Ngasem," ungkap Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Nadief Ulfia.

Kesulitan mendapatkan air bersih tersebut terjadi lantaran selama ini banyak warga untuk memenuhi kebutuhan air sehari-harinya tertumpu menggunakan air bawah tanah berupa sumur bor dan ledeng dari sumber mata air di sekitar permukiman.

Tidak adanya akses pelayanan dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), juga menjadi alasan warga hanya mengandalkan sumur dan ledeng dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Akibatnya, warga mengalami kesulitan air bersih seiring sumur dan sumber mata air mengering pada musim kemarau ini.

"Penyaluran bantuan air bersih yang dilakukan BPBD sebenarnya sudah mulai sejak 24 Juli 2018 lalu dan sampai akhir agustus ini kita sudah menyalurkan beberapa tangki mobil dengan kapasistas 6000 liter kepada desa yang terdampak," lanjutnya.

Sebenarnya untuk kekeringan tersebut BPBD sudah memetakan terkait beberapa wilayah. Berdasarakan data tahun lalu ada 26 desa dari 10 kecamatan yang tersebar di Bojonegoro dilanda kekeringan saat musim kemarau. Sehingga otomatis kekeringan tersebut diprediksi bakal terus meluas di Kota Ledre.

“Tahun kemarin ada 6.199 Kepala Keluarga (KK) atau 20.836 jiwa terdampak akibat bencana kekeringan," pungkasnya.[din/col]

 

Tag : kekeringan, bojonegoro

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 18 February 2019 08:00

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia Mengendalikan OPT padi dengan cara menanam Refugia juga dilakukan petani di Desa Pumpungan Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more