Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro

Thursday, 06 September 2018 11:00

Ingat Leluhur, Bu Anna Ziarah ke Makam di Malo

Ingat Leluhur, Bu Anna Ziarah ke Makam di Malo

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Seperti halnya burung, setinggi apapun terbang di langit, pasti kembali ke sarang. Seperti itulah ungkapan Bupati Bojonegoro terpilih, Hj. Anna Mu'awanah yang berkunjung ke makam leluhurnya, Mbah Hasyim di pemakaman umum Desa/Kecamatan Malo, Kamis (6/9/2018) pagi.

Sekitar pukul 09.30 WIB, rombongan Bu Anna tiba di makam yang ada di belakang Madrasah Aliyah (MA) Islamiyah Malo. Pada kesempatan Bu Anna datang bersama keluarganya, yakni suami dan dua anaknya, serta handai taulan untuk mengirimkan doa pada leluhur mereka.

Di makam Mbah Hasyim yang dikelilingi pagar teralis itu, para peziarah yang berasal dari sanak keluarga, warga, pemerintah desa, hingga Forpimcam turut membacakan yasin dan tahlil serta doa.

Usai doa, Bu Anna menyampaikan terimakasih kepada pemerintah desa, serta panitia yang telah menyiapkan segala seuatunya untuk acara yang terbilang cukup mendadak ini.

"Di sini saya membawa anak saya Mbak Dina dan Mas Azam. Agar tahu asal usulnya. Saya dari keturunan Mbah Hasyim ini adalah Wareng," ungkapnya.

Bu Anna menuturkan, ziarah di makam leluhur ini, sekaligus untuk menjaga silaturahmi dengan sesama dari keturunan Mbah Hasyim dan untuk merawat tradisi di dalam keluarga.

Pada kesempatan itu pula, Bu Anna juga menyampaikan untuk tetap memanggilnya seperti biasa, tanpa embel-embel ibu bupati, agar tidak tercipta jarak dalam berkomunikasi.

"Di sini saya juga butuh bimbingan dan arahan, serta doa dari saudara semua dalam mempimpin 1,5 juta masyarakat di Bojonegoro ini," harapnya.

Usai ziarah, Bu Anna melanjutkan perjalanan pulang ke rumah kedua orangtuanya di Tuban. Seperti halnya saat masih sekolah, kuliah maupun berkarir, dirinya tak lupa selalu pamit dan mohon doa agar diberikan keselamatan dan kelancaran dalam menjalankan tugasnya. [ito/mu]


PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini