21:00 . Ketua FTBM Harap Pemkab Adakan Festival Hari Membaca   |   20:00 . Masih Lesu, Budaya Literasi di Bojonegoro Harus Digalakkan   |   19:00 . VIRAL..! PENTOL WAYAHE WAYAHE SAAT PEMILU   |   18:00 . Kampung Dekat Kali Brantas ini Menjadi Lebih Indah   |   17:00 . Kembangkan Pertanian Bojonegoro, Hara Gandeng Ponpes   |   16:00 . SKK MIGAS Jabanusa Gelar Forum Operasi 2019 Road to Giant Discovery   |   15:00 . AJI Bojonegoro Gelar Seminar Publik SJSN   |   14:00 . Zona Tengah Dominasi Kejahatan Hutan di Bojonegoro   |   13:00 . Kalianyar Ikut Lomba Desa Berseri Tingkat Provinsi   |   12:00 . KPUK: Baru 5 Kecamatan Setor Hasil Rekapitulasi   |   11:00 . Diduga Kelelahan, Anggota KPPS Meninggal, Satu Dirawat   |   09:00 . Ancaman Pemilu, Kecurangan dan Hoax   |   08:00 . Golkar Berharap 7 Kursi Bisa Dipertahankan   |   06:00 . Amankan Rekapitulasi Suara, Banser Jaga 17 Jam Sehari   |   21:00 . Kepala SKK Migas Jabanusa Buka Lokakarya Media   |  
Wed, 24 April 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 03 October 2018 14:00

Wouw...! Pemkab Akan Gelontorkan Dana Untuk BUMDes

Wouw...! Pemkab Akan Gelontorkan Dana Untuk BUMDes

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Sebagai langkah memajukan dan mendorong inovasi serta memotivasi pemerintahan desa agar menjadi berdaya, Pemkab Bojonegoro akan menggelontorkan dana untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang berbasis pariwisata dan agrobisnis.

"Pemkab Bojonegoro akan memberikan stimulus bagi desa melalui lembaga BUMDes, Rp 100 juta per-BUMDes yang kegiatan berbasis di sektor pariwisata dan agribisnis. Saya pikir kalau dulu pertaniannya sudah banyak, tetapi budidaya olahan itulah yang perlu kita kembangkan," kata Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah saat menerima tim penilai lomba desa Kementerian Desa dalam transparansi informasi publik di Rumah Dinas, Rabu (3/10/2018).

Politisi PKB menuturkan, apa yang menjadi tolak ukur dari penilaian lomba desa dalam transparansi informasi publik, jika dianggap itu masih ada kekurangan kami akan sempurna sesegera mungkin. Agar bagaimana juara itu bisa diberikan ke Bojonegoro karena juaranya bukan sekedar bikin juara, tapi dengan juara nasional itu memberikan banyak benefit positif bagi masyarakat dan kepala desa itu sendiri dalam melayani masyarakatnya, desa menjadi terkenal.

"Sehingga membangun itu bukan hanya fisiknya saja tetapi juga mentalnya dan itu merupakan kombinasi terbaik," terangnya.

Bupati Anna mengharap adanya suport dari Kementerian Desa terkait pembangunan yang ada di Bojonegoro, dikarenakan kami sedang fokus dalam pembangunan infrastuktur jalan dan jembatan. Hampir 60 persen infrastruktur kita rusak, dan perlu penanganan ekstra.

Sementara itu Tim Penilaian Lomba Desa Kementerian Desa, Zaini menyebut tim yang terdiri dari Kementerian Desa dan Komisi Informasi Publik akan melakukan penilaian lapang di Desa Pejambon Kecamatan Sumberjo, terkait Transparansi Informasi Publik.

Menurutnya, lomba desa ini sebagai amanat Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014, yang memiliki 4 kategori, yang pertama kategori transparansi informasi publik, yang ke dua kategori pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, ke tiga kategori kegiatan Padat Karya yang dilaksanakan Pemerintah Desa dan ke empat kategori Inovasi Desa.

"Kesemuanya itu bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan mengukur keberhasilan pembangunan serta pemberdayaan masyarakat desa," pungkasnya.

Tampak saat acara tersebut Wakil Bupati Bojonegoro, Pj. Sekda, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dinas Kominfo, Plt. Kepala Dinas PMD, perwakilan Dinas PMD Provinsi Jawa Timur dan TA P3MD. [zdi/ito]

Tag : dana, bumdes, wisata, agribisnis

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 27 March 2019 21:00

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng Seorang petani di Desa Kedungdowo, Kecamatan Balen, Abdul Mukarom merasa senang karena pohon Lengkeng yang ia tanam dua tahun yang lalu sekarang ini buahnya sudah bisa dinikmati. Setelah empat pohon...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 16 April 2019 09:00

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ Telah hilang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK): No.Pol: S-3761-DJ Merk/Type: HONDA Warna: Hitam Tahaun pembuatan: 2012 Nomor Rangka: MH1JB8110CK809201 Nomor Mesin: JB81E1806215 Atas Nama: DASINAH Alamat: Dusun Kawis RT.01/RW.02 Desa Geger Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more