20:00 . ASN Dilarang Bepergian Keluar Daerah Saat Libur Isra Mi'raj dan Hari Raya Nyepi   |   19:00 . PPKM Mikro Dilanjut 2 Minggu dengan Perluasan 3 Provinsi   |   18:00 . Peringati Hari Perempuan Internasional, Gertag Lakukan Aksi Sosial   |   18:00 . Masih Pandemi, Pemberangkatan 1.464 CJH Terancam Tertunda   |   17:00 . Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan Dana Bos, Disdik Bojonegoro Berikan Bimtek   |   16:00 . Diduga Korsleting Listrik, Rumah Warga Dander Terbakar   |   15:00 . Manfaatkan Sumber Daya Alam di Desanya, Sumiati Produksi Minuman Sari Belimbing   |   14:00 . Bupati Anna Memberikan Pembinaan Takmir Masjid Zona VI Bojonegoro   |   13:00 . Petugas Gabungan Gelar Operasi Yustisi Kembali   |   12:00 . Pasien Sembuh Meningkat Lagi Menjadi 1.194.656 Orang   |   10:00 . BMKG Djuanda Prediksi Cuaca Bojonegoro Siang Ini Berpotensi Hujan Disertai Petir   |   09:00 . Daftar Kapolsek yang Dimutasi   |   08:00 . Asah Kemampuan Melalui Inovasi, Kuliner Gemawira Jatim Gelar Pelatihan Somay Lele Rawit   |   07:00 . Rambut Rontok Secara Tiba-tiba, Waspada Penyakit Autoimun Alopecia Areata   |   06:00 . Jadi Tangguh dengan Strategi Iman, Aman, Imun   |  
Mon, 08 March 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wouw...! Pemkab Akan Gelontorkan Dana Untuk BUMDes

blokbojonegoro.com | Wednesday, 03 October 2018 14:00

Wouw...! Pemkab Akan Gelontorkan Dana Untuk BUMDes

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Sebagai langkah memajukan dan mendorong inovasi serta memotivasi pemerintahan desa agar menjadi berdaya, Pemkab Bojonegoro akan menggelontorkan dana untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang berbasis pariwisata dan agrobisnis.

"Pemkab Bojonegoro akan memberikan stimulus bagi desa melalui lembaga BUMDes, Rp 100 juta per-BUMDes yang kegiatan berbasis di sektor pariwisata dan agribisnis. Saya pikir kalau dulu pertaniannya sudah banyak, tetapi budidaya olahan itulah yang perlu kita kembangkan," kata Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah saat menerima tim penilai lomba desa Kementerian Desa dalam transparansi informasi publik di Rumah Dinas, Rabu (3/10/2018).

Politisi PKB menuturkan, apa yang menjadi tolak ukur dari penilaian lomba desa dalam transparansi informasi publik, jika dianggap itu masih ada kekurangan kami akan sempurna sesegera mungkin. Agar bagaimana juara itu bisa diberikan ke Bojonegoro karena juaranya bukan sekedar bikin juara, tapi dengan juara nasional itu memberikan banyak benefit positif bagi masyarakat dan kepala desa itu sendiri dalam melayani masyarakatnya, desa menjadi terkenal.

"Sehingga membangun itu bukan hanya fisiknya saja tetapi juga mentalnya dan itu merupakan kombinasi terbaik," terangnya.

Bupati Anna mengharap adanya suport dari Kementerian Desa terkait pembangunan yang ada di Bojonegoro, dikarenakan kami sedang fokus dalam pembangunan infrastuktur jalan dan jembatan. Hampir 60 persen infrastruktur kita rusak, dan perlu penanganan ekstra.

Sementara itu Tim Penilaian Lomba Desa Kementerian Desa, Zaini menyebut tim yang terdiri dari Kementerian Desa dan Komisi Informasi Publik akan melakukan penilaian lapang di Desa Pejambon Kecamatan Sumberjo, terkait Transparansi Informasi Publik.

Menurutnya, lomba desa ini sebagai amanat Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014, yang memiliki 4 kategori, yang pertama kategori transparansi informasi publik, yang ke dua kategori pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, ke tiga kategori kegiatan Padat Karya yang dilaksanakan Pemerintah Desa dan ke empat kategori Inovasi Desa.

"Kesemuanya itu bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan mengukur keberhasilan pembangunan serta pemberdayaan masyarakat desa," pungkasnya.

Tampak saat acara tersebut Wakil Bupati Bojonegoro, Pj. Sekda, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dinas Kominfo, Plt. Kepala Dinas PMD, perwakilan Dinas PMD Provinsi Jawa Timur dan TA P3MD. [zdi/ito]

Tag : dana, bumdes, wisata, agribisnis


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat