13:00 . Bulog Pastikan Mutu Beras di Bojonegoro Layak   |   12:00 . Per 15 Desember KA Argo Bromo Anggrek Berhenti di Stasiun Bojonegoro   |   11:00 . Mengenal Lala, Security Wanita Gedung Pemkab   |   10:00 . Komisi C DPRD Bojonegoro Berkunjung ke Kantor PEPC   |   09:00 . Melihat Pasar Hewan di Bojonegoro Selatan   |   08:00 . Pengajian, Moment Guyub Warga Desa   |   07:00 . Tips Pekerjaan: Begini Cara Atasi Baper di Kantor   |   20:00 . Emak Emak Modin Belajar Merawat Jenazah   |   19:00 . 7 Kecamatan ini Terkena Dampak Hujan Disertai Angin Kencang   |   18:00 . 352 Modin Perempuan Ikuti Pelatihan Keperawatan Jenazah   |   17:00 . Kondisi Gedung 7 Lantai Pemda Rontok   |   16:30 . Pertamina EP Borong Penghargaan Local Hero dan PROPER Hero pada HUT Pertamina   |   16:00 . Kereta Anjlok dan Terguling di Stasiun Doplang Blora   |   15:00 . Warga Karangpacar Kembangkan Kerajinan Hiasan Kayu Jati   |   14:00 . Ini Harga Komoditas di Bojonegoro Jelang Natal dan Tahun Baru   |  
Fri, 13 December 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 10 October 2018 06:00

Pileg 2019

Lestarikan Wayang Kulit, Mas Toni Apresiasi Masyarakat Bojonegoro

Lestarikan Wayang Kulit, Mas Toni Apresiasi Masyarakat Bojonegoro

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Ratusan warga Bojonegoro yang menghadiri sedekah bumi dan wayang kulit di Desa Balenrejo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro Selasa (9/10/2018) malam, membuat calon legislatif (Caleg) DPR RI daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur IX (Bojonegoro-Tuban) dari partai PPP, Thobahul Aftoni mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Sedekah bumi ini merupakan tradisi adat yang sudah lama digelar secara turun temurun, guna mensyukuri hasil bumi yang diperoh masyarakat," kata Mas Toni panggilan akrab, Thobahul Aftoni.

Ia mengapresiasi kegiatan yang berlangsung meriah, walaupun tidak bisa hadir dan hanya diwakili keluarga, karena ada tugas partai di Jakarta. Pasalnya acara seperti itu menurutnya perlu dilestarikan untuk menjaga tradisi, mempererat tali persaudaraan.

"Yang utama, tentu saja sebagai rasa syukur atas nikmat hasil bumi yang cukup besar, untuk memenuhi kebutuhan warga Bojonegoro dan sekitarnya," terangnya.

Ditambahkan, Bojonegoro merupakan daerah agraris yang menghasilkan berbagai hasil pertanian dan perkebunan setiap tahunnya. Selain dikenal sebagai penghasil beras, daerah ini merupakan penghasil jambu merah dan belimbing yang telah meningkatkan penghasilan masyarakat.

"Bojonegoro juga dikenal sebagai wilayah religius, dimana warganya selalu mensyukuri nikmat tuhan, salah satunya dengan menggelar sedekah bumi ini," imbuh politisi PPP asal Desa Bulu Kecamatan Balen itu.

Untuk itu cara seperti sedekah bumi perlu terus dilestarikan karena bisa menjaga kekeluargaan dan kekompakan warga. "Semoga masyarakat Bojonegoro tetap guyup rukun dan damai," harapnya.

Acara yang berlangsung hingga larut malam ini dimulai dengan pembacaan tahlil dan doa bersama untuk para leluhur, serta doa mengharap agar hasil bumi bisa menjadi berkah. Setelahnya, melestarikan tradisi kesenian jawa, masyarakat dihibur dengan pertunjukan wayang kulit.

Seperti diketahui, Toni adalah putra daerah asli dari Balen, Bojonegoro yang saat ini sedang mengabdikan diri untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat dengan mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Jatim IX (Bojonegoro - Tuban) melalui Partai Persatuan Pembangunan. [ito/mu]

Tag : pemilu, mas toni


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Thursday, 12 December 2019 00:00

    Inilah Cara Ibu Melenial Memperingati Hari Ibu

    Inilah Cara Ibu Melenial Memperingati Hari Ibu Ada hal yang beda dalam pertemuan Arisan Rutin ibu PKK Gg. Namlo RT.04/RW.01 Kelurahan Mojokampung Bojonegoro. Dalam pertemuan kali ini dikemas dengan memperingati hari ibu, para ibu PKK sangat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat