07:00 . Selain Makanan, Ini Faktor yang Pengaruhi Pencernaan   |   23:00 . Dua Warga Bojonegoro Terima Santunan dan Piagam Penghargaan dari Gubernur   |   22:30 . 2 Warga Bojonegoro Terima Santunan dari Gubernur   |   22:00 . Jelang Mudik, Kapolres Cek Jalan Nasional   |   21:00 . Kuwalahan Layani Pesanan, Industri Rumahan Rekrut IRT Tiap Ramadan   |   20:00 . Pilkades Pomahan Terancam Ditunda?   |   19:00 . Cipayung Bojonegoro Gelar Aksi Tolak People Power   |   18:00 . Per Nasabah Dijatah Rp18,7 Juta, BNI Sediakan 50 Antrean Setiap Hari   |   17:00 . Sebab Ini, Kita Bisa Didampingi Malaikat Rohmat   |   16:00 . Tradisi Ramadan, Jalan KH M Rosyid Layaknya Pasar Tumpah   |   15:30 . Sidak DLH, Minta Manajemen Koperasi Kareb Perbaiki AMDAL   |   15:00 . Jajanan Khas Kampung Ini Tembus Pasaran Luar Kota   |   13:00 . H-10 Pengerjaan dan Material Proyek Jalan Nasional Sudah Bersih   |   12:00 . Kapolres Cek Jalan Nasional Jelang Arus Mudik Lebaran   |   11:00 . Pengamanan Hasil Pemilu, 400 Aparat Gabungan Disiapkan   |  
Tue, 21 May 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 10 October 2018 06:00

Pileg 2019

Lestarikan Wayang Kulit, Mas Toni Apresiasi Masyarakat Bojonegoro

Lestarikan Wayang Kulit, Mas Toni Apresiasi Masyarakat Bojonegoro

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Ratusan warga Bojonegoro yang menghadiri sedekah bumi dan wayang kulit di Desa Balenrejo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro Selasa (9/10/2018) malam, membuat calon legislatif (Caleg) DPR RI daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur IX (Bojonegoro-Tuban) dari partai PPP, Thobahul Aftoni mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Sedekah bumi ini merupakan tradisi adat yang sudah lama digelar secara turun temurun, guna mensyukuri hasil bumi yang diperoh masyarakat," kata Mas Toni panggilan akrab, Thobahul Aftoni.

Ia mengapresiasi kegiatan yang berlangsung meriah, walaupun tidak bisa hadir dan hanya diwakili keluarga, karena ada tugas partai di Jakarta. Pasalnya acara seperti itu menurutnya perlu dilestarikan untuk menjaga tradisi, mempererat tali persaudaraan.

"Yang utama, tentu saja sebagai rasa syukur atas nikmat hasil bumi yang cukup besar, untuk memenuhi kebutuhan warga Bojonegoro dan sekitarnya," terangnya.

Ditambahkan, Bojonegoro merupakan daerah agraris yang menghasilkan berbagai hasil pertanian dan perkebunan setiap tahunnya. Selain dikenal sebagai penghasil beras, daerah ini merupakan penghasil jambu merah dan belimbing yang telah meningkatkan penghasilan masyarakat.

"Bojonegoro juga dikenal sebagai wilayah religius, dimana warganya selalu mensyukuri nikmat tuhan, salah satunya dengan menggelar sedekah bumi ini," imbuh politisi PPP asal Desa Bulu Kecamatan Balen itu.

Untuk itu cara seperti sedekah bumi perlu terus dilestarikan karena bisa menjaga kekeluargaan dan kekompakan warga. "Semoga masyarakat Bojonegoro tetap guyup rukun dan damai," harapnya.

Acara yang berlangsung hingga larut malam ini dimulai dengan pembacaan tahlil dan doa bersama untuk para leluhur, serta doa mengharap agar hasil bumi bisa menjadi berkah. Setelahnya, melestarikan tradisi kesenian jawa, masyarakat dihibur dengan pertunjukan wayang kulit.

Seperti diketahui, Toni adalah putra daerah asli dari Balen, Bojonegoro yang saat ini sedang mengabdikan diri untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat dengan mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Jatim IX (Bojonegoro - Tuban) melalui Partai Persatuan Pembangunan. [ito/mu]

Tag : pemilu, mas toni

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat