17:00 . Yuk...! Datang, Akhir Pekan, PERISTIWA HARMONNI Bikin Konser   |   16:00 . Ketoprak dan Festival Nasi Buwuhan Meriahkan Puncak Agustusan Desa Kenep   |   15:00 . Usai Dilantik Akan Diisi Ketua Sementara, PKB Tunjuk Imam Sholikin   |   14:00 . Perak Kejurnas dari Fauzan untuk Jatim   |   13:00 . Fauzan, Atlet Bojonegoro Sabet Perak   |   12:00 . Pengisian Kekosongan Kepala SD Tunggu Persyaratan dan SK Bupati   |   11:00 . Konter di Cengungklung Terbakar   |   10:00 . Pipa PDAM di Dander dan Purwosari Bocor, Distribusi Air Terganggu   |   09:00 . Diduga Korsleting Listrik, Toko Ponsel di Cengungklung Terbakar   |   08:00 . Akibat Bakar Sampah, Rumpun Bambu di Balen Kembali Terbakar   |   07:00 . Konsumsi Makanan Manis Berlebihan Ikut Memicu Hipertensi   |   20:00 . Tembakau Virginia dan Jawa Lebih Dipilih Petani Bojonegoro   |   19:00 . Usai Laksanakan Rukun Haji, Sebagian Jemaah Laksanakan Thawaf Ifadloh   |   18:00 . Unsur Pimpinan Ditentukan DPP, DPC Demokrat Tunggu Keputusan   |   17:00 . Rumah dan Lahan Hutan Dominasi Kebakaran di Bojonegoro   |  
Wed, 21 August 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 01 November 2018 19:00

Minimalisir Perceraian, Kemenag Sosialisasikan Bimbingan Perkawinan Pranikah

Minimalisir Perceraian, Kemenag Sosialisasikan Bimbingan Perkawinan Pranikah

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Guna menekan angka perceraian, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bojonegoro adakan Sosialisasi Bimbingan Perkawinan Pra Nikah bagi pemuda usia nikah dengan bertempat di Aula Sekolah Tinggi Agama Islam (Stai) ATTANWIR, Talun, Sumberrejo, Kamis (1/11/2018).

Para peserta sendiri, terdiri dari gabungan seluruh semester dari Kampus yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren ATTANWIR tersebut, dengan diikuti oleh 150 mahasiswa.

"Kami melakukan sosialisasi kepada seluruh anak muda (Mahasiswa) agar mereka mampu membentuk karakter remaja agar mampu mandiri saat sudah memutuskan untuk berumah tangga," ungkap Ketua Kemenag Bojonegoro, Muhammad Syamsuri.

Dalam sosialisasinya, Syamsuri menjelaskan pendidikan pra nikah sangat penting disampaikan kepada kaum muda sebelum memasuki masa pernikahah. Sebab, jika pemuda bisa faham dan meminimalisir kekurangan tersebut, tentunya bisa membentuk rumah tangga yang yang diinginkan yaitu sakinah, mawaddah dan warohmah.

Tujuan dari sosialisasi pendidikan pra nikah sendiri juga bertujuan untuk mengantisipasi permasalahan yang kurang baik seperti gagalnya membentuk keluarga bahagia dan sejahtera. Serta, memberikan pengertian dan pemahaman yang baik tentang essestensi pernikahan untuk membentuk keluarga bahagia dan sejahtera, memberikan solusi alternatif dari kondisi yang rapuh dan rentannya rumah tangga yang berujung perceraian.

"Upaya ini juga bermanfaat untuk pemuda agar merencanakan keluarga yang baik dan berkualitas," lanjut Syamsuri.

Sementara itu, salah satu mahasiswa, M. Abid Amrullah, sangat megapresiasi adanya bimbingan tersebut. Pasalnya bisa dipakai bekal untuk menciptakan generasi muda yang berprestasi dan tentunya dengan harapan memiliki keluarga yang sakinah.

"Usia muda memang usia yang bergejolak dan riskan dengan hal-hal yang negatif. Maka disini memang sangat perlu pengawasan dan bimbingan," tutup mahasiswa semester 3 dari Progam Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI) ini.[din/lis]

 

Tag : nikah, keluarga, sosialisasi

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 13 August 2019 08:00

    Teladani Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi

    Teladani  Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi Demi memperkuat spiritual keagamaan dan meneladani perjuangan para waliyullah, sekaligus menyambut Kemerdekaan RI-47, jemaah tahlil Dukuh Ngantulan, RT.19/RW.03, Desa Bulu, Kecamatan Balen, mengadakan ziarah ke makam auliya. Selain itu dalam...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat