20:20 . 15 Atlet Akan Perkuat Tim Basket Bojonegoro pada Porprov 2019   |   19:00 . IB Gratis Solusi Stabilkan Ketersedian Sapi   |   18:00 . Tim PPKD Diusulkan, SK Bupati Belum Turun   |   17:00 . Palang Pintu Rel Kereta Bisa Dibangun, Jika...   |   16:00 . Penerima Kartu Pedagang Produktif Harus Terverifikasi   |   15:00 . Komisi A DPRD Rapat Kerja dengan Bawaslu Bojonegoro   |   14:00 . KBM IAI Sunan Giri Galang Dana untuk Korban Bencana   |   13:00 . Target KPP 2019 Sebanyak 5.000 Kartu   |   12:00 . Bupati Anna: KPP Bisa Memudahkan Akses Para Pedagang   |   11:00 . Ratusan Pedagang Hadiri Launching Kartu Pedagang Produktif   |   10:00 . Geser Rokan, Produksi Minyak Blok Cepu Tertinggi di RI   |   09:00 . Inilah Tiga Item Anggaran Diselewengkan   |   08:00 . Minim Sarpras dan Siswa, 2 SMA Gabung Sekolah Lain   |   07:00 . Konsumsi "Obat Kuat" Pria Berisiko Ganggu Penglihatan   |   06:00 . Setiap Tahun Tanah Bojonegoro Bergeser 3,3 Milimeter   |  
Wed, 16 January 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 16 December 2018 20:00

Isi Liburan, MAI At-Tanwir Talun Adakan Pelatihan Fasilitator PMR

Isi Liburan, MAI At-Tanwir Talun Adakan Pelatihan Fasilitator PMR

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Di tengah libur semester yang baru saja dimulai, sebanyak 100 siswa-siswi Madrasah Aliyah (MA) Attanwir masih tetap belajar dengan menggelar pelatihan fasilitator Palang Merah Remaja (PMR) mulai Minggu-Selasa (16-18/12/2018).

Pada pelatihan yang berlangsung tiga hari tersebut para peserta diajarkan banyak hal mulai visi-misi PMI, manajemen PMR, kepalangmerahan dan kesehatan. Tak ketinggalan juga hal-hal berkaitan kesiapsiagaan bencana, dasar pertolongan pertama dan juga materi-materi lain tentang bagaimana bersinggungan langsung dengan masyarakat.

Pembina PMR MAI At-Tanwir, Eko Margono menuturkan, kegiatan ini menjadi agenda rutin setiap tahun. Karena memang saat libur semester, para siswa dilatih menjadi fasilitator PMR sebelum nantinya didistribusikan saat program terjun langsung ke di SD/MI se-Kecamatan Sumberejo. "Pengabdian di SD/MI se-Kecamatan Sumberejo dan sekitarnya satu sampai dua bulan sebagai kegiatan wajib untuk kelas 11," tuturnya.

Selain itu para siswa diajarkan dan ditanamkan sejak dini untuk peduli kemanusiaan. Pasalnya dengan bekal pengetahuan PMR, ketika nanti berada dimasyarakat dapat dimanfaatkan untuk dirinya sendiri dan lingkungannya.

Sementara itu Plt ketua PMI Kabupaten Bojonegoro, Mardikun mengaku senang dan bangga dengan kegiatan pelatihan fasilitator yang diselenggarakan MAI At-Tanwir. Sebab mereka akan menjadi orang berguna ke depannya dengan ilmu yang didapatkannya sekarang ini.

"Terpenting menanamkan rasa empati dan kepedulian bagi siswa. Apabila ada yang membutuhkannya, para siswa akan membantu secara ikhlas," terangnya.

Ditambahkan Pak Mardikun, mengingat bencana di Kabupaten Bojonegoro yang sering terjadi. Melalui pelatihan ini, siswa At-Tanwir bisa dijadikan relawan yang suka menolong dan juga mengajarkan di sekolah-sekolah SD/MI yang ada di sekitarnya. [ito/lis]

Tag : pmii, fasilitator, attanwir

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 03 January 2019 16:30

    Raker BMG 2019

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT Dalam rangka menjalankan roda perusahaan di bawah naungan Blok Media Grup (BMG) dengan semangat mengawali tahun 2019 ini, ada penyegaran yang dilakukan pada anak-anak perusahaan BMG, termasuk dalam redaksi blokBojonegoro.com...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more