19:00 . Wagub Emil Menjadi Ketua IPHI Provinsi Jawa Timur   |   18:00 . Inilah Rangkaian Festival Belimbing 2019   |   17:00 . Ketua PGRI Bojonegoro: UN Masih Dibutuhkan, Proses Belajarnya yang Harus Ditingkatkan   |   16:00 . IGTKI Bojonegoro Gelar Implementasi Dolanan Anak   |   15:00 . Mengenang Patung Sirkuit, Salah Satu Ikon Kaliketek   |   14:00 . Wajah Baru Kota Bojonegoro   |   13:00 . Niat Lewat Rel, Tewas Tertabrak KA   |   12:00 . Akhir Pekan, Harga Emas Dibuka Naik Rp4.000 Per Gram   |   11:00 . Tingkatkan Kompetensi Calon Guru MI, Sanggar Tari HMP PGMI IAI Sunan Giri Gelar Pelatihan   |   10:00 . Kirab Koin Muktamar, PCNU Bojonegoro Kenalkan NU Sejak Dini pada Pelajar   |   09:00 . Jalur KA Kembali Normal Pasca Anjlok di Stasiun Doplang   |   08:00 . Cuaca Akhir Pekan Hujan Petir   |   07:00 . 5 Cara Mengatasi Keriput di Area Bawah Mata   |   20:00 . Forkopimcam Baureno Sinergi Bantu Korban Bencana   |   18:00 . Bappeda Gelar Lokakarya Expose tentang Sanitasi Air   |  
Sun, 15 December 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 01 January 2019 10:00

Buntut Hibah Terancam Tak Cair

Kejari Membenarkan Telah Mengeluarkan Legal Opini

Kejari Membenarkan Telah Mengeluarkan Legal Opini

Kontributor: Wahyudi

blokBojonegoro.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bojonegoro melalui Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejari setempat, membenarkan telah mengeluarkan suarat Legal Opini (LO) terkait Dana Hibah dan Bansos 2018.

Surat tersebut, ditandatangani langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Bojonegoro, I Gede Ngurah Sriaga, tertanggal 26 Desember 2018. Namun, dalam surat itu, tidak dijelaskan dasar hukum dan atau alasan Kejaksaan mengeluarkan Legal Opini.

Hanya beberapa pendapat yang disampaikan dalam surat tersebut. Pendapat tentang pemberian Hibah kepada Lembaga Pendidikan Menengah (SMA, SMK, dan MA). Substansi surat tersebut, dana Hibah APBD 2018 tidak dapat disalurkan.

Beberapa pendapat yang disampaikan di antaranya, bahwa pemberian Bantuan Hibah kepapa lembaga pendidikan harus memenuhi persyaratan tertentu sesuai dengan pedoman pemberian Hibah dan Bansos yang bersumber dari APBD.

Lalu, lembaga pendidikan menengah SMA, SMK, dan MA bukanlah subyek penerima hibah. Sehingga, Hibah akan diberikan kepada badan hukum Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan.

Kemudian, berdasarkan ketentuan yang berlaku, Anggaran belanja Hibah yang tertuang dalam Perubahan APBD Pemkab Bojonegoro tahun 2018 yang akan diberikan kepada lembaga pendidikan tersebut, tidak dapat disalurkan. Kecuali, telah memenuhi persyaratan penerima Hibah.

Terkait hal tersebut, Kasi Datun Kejaksaan Negeri Bojonegoro, Aditya Okto Thohari membenarkan, bahwa Kejaksaan Negeri Bojonegoro telah mengeluarkan Legal Oponi (LO) terkait penyaluran Dana Hibah dan Bansos APBD 2018.

"Iya benar, Kejari Bojonegoro telah mengeluarkan Legal Opini," katanya saat dikonfirmasi blokBojonegoro.com, Selasa (1/1/2019).

Saat ditanya analisa hukum terkait pemberian Bantuan Hibah dan Bansos 2018 sehingga tidak bisa disalurkan? Ia mengatakan, bahwa analisa hukumnya cukup panjang. Sehingga Aditya belum bisa bicara banyak.

"Sementara ini, saya tidak memegang datanya, kalau sudah ada datanya, akan kami jelaskan," pungkasnya. [yud/mu]

Tag : dana hibah


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Thursday, 12 December 2019 00:00

    Inilah Cara Ibu Melenial Memperingati Hari Ibu

    Inilah Cara Ibu Melenial Memperingati Hari Ibu Ada hal yang beda dalam pertemuan Arisan Rutin ibu PKK Gg. Namlo RT.04/RW.01 Kelurahan Mojokampung Bojonegoro. Dalam pertemuan kali ini dikemas dengan memperingati hari ibu, para ibu PKK sangat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat