10:00 . Rumah Kreatif Mojodeso Produksi Cat dari Limbah Banner dan Batik   |   09:00 . Ditetapkanya Syamsul Hadi, PMII Berharap Tak Berhenti di Kasus Inspektorat   |   08:00 . Dari Status Facebook Jadi Buku   |   07:00 . Membedakan Kekuatan dengan Bakat Diri   |   22:00 . HMP PPKn Adakan Seminar Bertema Payung Hukum Bagi Tenaga Didik   |   21:00 . Pemkab Bojonegoro Beri Santunan untuk yang Meninggal Dunia   |   20:00 . Ditetapkan Tersangka, Kepala Inspektorat Terancam Hukuman ini   |   19:00 . PEPC Setor Pajak Rp 8,08 Triliun   |   18:00 . Ditutup, 57 Pendaftar KPU Bojonegoro Siap Berkompetisi   |   17:00 . Guna Perkuat Data, Kejari Bojonegoro Juga Datangkan 7 Ahli   |   16:30 . 8 Hari Team IT Ario Sighat Selesaikan Rekapitulasi, ini Hasilnya...   |   16:00 . Jalan Rusak, Warga Peringatkan Pengguna Jalan dengan Banner   |   15:00 . Diperiksa 5 Jam, Kepala Inspektorat Langsung Ditahan   |   14:00 . Diduga Ada Pemilih Ganda, Demokrat Laporkan Dua TPS di Ngasem   |   12:00 . Rangkaian HUT BUMN, Pertamina Gelar Pasar Murah di Empat Lokasi   |  
Fri, 26 April 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 30 January 2019 18:00

EMCL Bersama LPTP Sosialisasi Program Lanjutan SID

EMCL Bersama LPTP Sosialisasi Program Lanjutan SID

Kontributor : Abdul Rokim

blokBojonegoro.com - Sistem informasi Desa (SID) merupakan proses dan aplikasi yang berbasis komputer, pengelolaan informasi kantor desa yang mendukung administrasi desa. ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama Lembaga Pengembangan Masyarakat Pedesaan (LPTP), mengembangkan program tersebut untuk membantu administrasi dan pembangunan desa.

Selama bulan Januari hingga Oktober 2018 secara maraton, replikasi dan analisis SID telah berhasil dikembangkan di 2 Desa yaitu Brabowan dan Bonorejo kemudian dipresentasikan di masing-masing desa. Beberapa Kepala Desa dan Aparat Desa tetangga ikut hadir untuk memberi pemahaman tentang kegunaan SID bagi Pemerintah, sekaligus mentransfer pengetahuan tentang proses menyusun dan analisis SID.

Dengan pemahaman tentang arti penting SID bagi perumusan rencana dan kebijakan pembangunan, memunculkan keinginan dari desa-desa lain untuk juga memiliki SID di desa mereka.

Sedangkan untuk tahun ini dilakukan pengembangan SID untuk tindak lanjut pasca penyusunan yang telah dilakukan sebelumnya. Untuk program lanjutan tersebut dilakukan 4 Desa, yaitu Brabowan, Bonorejo, Mojodelik dan Gayam yang sebelumnya sudah dilakukan proses penyusunan dan analisis terlebih dahulu.

Pada hari ini Rabu (30/1/2019) dilakukan sosialisasi program di Desa Brabowan, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, yang bertempat di pendopo balaidesa Brabowan, yang dihadiri oleh Perwakilan EMCL Wahyu Sadewo, Kepala Desa (Kades) setempat Sukiran, perangkat desa setempat, pendamping program dan juga seluruh tim SID.

Sukiran menyampaikan ucapan terimakasih kepada EMCL yang selama ini telah membantu, dalam bentuk pembangunan infrastruktur maupun yang lain.

"Banyak program yang dilakukan oleh pihak EMCL, tentunya hal tersebut membantu warga kami," ucapnya

Kades tersebut menambahkan, program SID dapat membantu perkembangan desanya, untuk itu perlu pengembangan yang nantinya dapat berfungsi secara maksimal.

"Perencanaan pembangunan secara matang sangat diperlukan, dengan melihat data yang selama ini terkumpul dalam SID tersebut, dapat membantu perencanaannya," tambahnya

Sedangkan Wahyu Sadewo menjelaskan pihaknya akan selalu mendukung program yang dilakukan di wilayah kerjanya yaitu di desa sekitar lapangan Banyu urip.

"Kami sangat mendukung perkembangan pembangunan di wilayah kerja kami, kolaborasi saling mendukung antara kedua belah pihak," ucapnya.

Wahyu berharap dengan adanya program tersebut dapat membantu pembangunan Desa yang dilaksanakan, agar percepatan pembangunan dapat berjalan maksimal dan dukungan semua elemen sangat diperlukan untuk membantu program tersebut.

"Kami harap dengan adanya program ini, dapat membantu percepatan pembangunan desa, namun dukungan dari semua pihak sangat diperlukan, tanpa adanya dukungan program ini tidak dapat berjalan," harapnya. [kim/ito]

Tag : emcl, lptp, gayam, bojonegoro

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 27 March 2019 21:00

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng Seorang petani di Desa Kedungdowo, Kecamatan Balen, Abdul Mukarom merasa senang karena pohon Lengkeng yang ia tanam dua tahun yang lalu sekarang ini buahnya sudah bisa dinikmati. Setelah empat pohon...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 16 April 2019 09:00

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ Telah hilang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK): No.Pol: S-3761-DJ Merk/Type: HONDA Warna: Hitam Tahaun pembuatan: 2012 Nomor Rangka: MH1JB8110CK809201 Nomor Mesin: JB81E1806215 Atas Nama: DASINAH Alamat: Dusun Kawis RT.01/RW.02 Desa Geger Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more