22:00 . Antisipasi Aksi 22 Mei, Polres Bojonegoro Siaga di Stasiun   |   21:00 . Gandeng Pemuda NU, Ahbabul Musthofa Tebar Ta'jil di Kedungadem   |   20:00 . PC IPNU IPPNU Bojonegoro Ngaos Administrasi   |   19:30 . Baksos Ramadan dan Parenting Connection JCI Bojonegoro   |   19:00 . Viking Bojonegoro Bagi Takjil dan Santunan Anak Yatim   |   18:30 . Bersama Komunitas Offroad, Kapolres Bojonegoro Bagi Takjil   |   18:00 . Bedah Keorganisasian, Tingkatkan Keterampilan Kader Jalankan SOP   |   17:00 . Pentingnya Pendidikan Agama untuk Anak   |   16:00 . Pasar Surup, Ala Bazar Kartar Tulungagung   |   15:00 . Luas Tanam Bawang Merah Hingga 4 Bulan Capai 1.215 Hektar   |   14:00 . Sepakbola Awali Pagelaran Porprov di Bojonegoro   |   13:00 . Manasik Haji Kabupaten Dijadwalkan 19 Juni Mendatang   |   12:00 . Inilah Lowongan Pekerjaan yang Selalu Dinanti Saat Ramadan   |   11:00 . Sambang Pelajar, PKPT IAI Sunan Giri Kenalkan Aswaja Sejak Dini   |   10:00 . Dinas Pengairan : Jelang Kemarau, Sejumlah Embung Dinormalisasi   |  
Mon, 20 May 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 05 March 2019 16:00

Telang, Minuman Berkhasiat Cerdaskan Otak

Telang, Minuman Berkhasiat Cerdaskan Otak

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Bunga telang adalah bunga dari jenis tanaman merambat berbatang lunak dengan daun kecil. Bahkan telang itu juga banyak dijumpai dan tumbuh liar di pekarangan warga RT. 11 Desa Mojodeso, Kecamatan Kapas. Namun sayangnya tanaman ini rentan mati saat musim kemarau. 

Di tangan Adib Nurdiyanto salah satu warga desa setempat, tanaman bunga telang ini menjadi sebuah minuman kesehatan yang bisa dikonsumsi oleh semua orang bahkan memiliki harga jual yang cukup terjangkau yakni hanya ditarif Rp5.000 per botolnya.

"Saya memang berniat membuat minuman baru yang bahan baku nya dari bunga telang," ucap Adib Nurdianto saat ditemui blokBojonegoro.com.

Hal itu, dilakukannya pastinya untuk mengembangkan potensi bahan baku yang ada di desanya sekaligus memajukan perekonomian masyarakat desa setempat lewat produk berbasis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Bunga telang sendiri sebenarnya ada 3 jenis warnanya, yakni putih, biru dan ungu. Namun di Desa Mojodeso, hanya terdapat jenis telang warna biru yang dibudidayakan sebagai bahan baku pembuatan minuman segar Telang.

“Tanaman telang memiliki warna dan rasa yang segar, sehingga minuman ini sangat digemari setiap orang terlebih bila racikan sesuai takarannya," ucap Adib yang juga sebagai salah satu dosen ini.

Menurutnya Bunga telang mengandung kandungan notropika yang biasanya dimanfaatkan sebagai suplemen untuk memperbaiki dan meningkatkan fungsi kognitif di otak. Sehingga minuman ini cocok bila dikonsumsi, bahkan minuman ini lebih disukai oleh kalangan pelajar dan mahasiswa.

Saat ini minuman telang ini punya 2 varian produk, yakni warna biru dan warna ungu. Dengan Warna yang cerah menyala itu menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli, terutama saat dipajang di meja display bisa menjadikan orang lewat ingin membelinya.

Minuman "Telang" sendiri juga mendapat pujian dari pengunjung Launching Kalender Event Dinas Pariwisata Kabupaten  Bojonegoro yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Oleh karenanya diharapkan dengan adanya minuman ini dirinya dapat bantuan alat pasteusasi dari pemerintah supaya bisa mengembangkan usaha tersebut. 

Untuk saat ini pemasarannya hanya melalui WA dan menawarkanya langsung ke berbagai Dinas yang ada di Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dan ke instansi lainnya. "Pasalnya, minuman Telang ini hanya bisa bertahan 36 jam disuhu normal dan bisa bertahan 5 hari bila dimasukan di dalam kulkas,” jelas Adib Kepada blokBojonegoro.com. [saf/lis]

Tag : telang, minuman, kesehatan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat