18:00 . Kaesang Harap Milenial di Bojonegoro Merapat ke Setyo Wahono   |   09:00 . Gandeng KEPPK Nasional Kemenkes RI, LPPM STIKes Rajekwesi Bojonegoro Gelar EDL dan SIM EPK   |   08:00 . Lebih 100 Peserta Sudah Daftarkan Diri Ikut Jatim Media Summit 2024   |   06:00 . Sekjen PBNU: Jangan Pilih Calon yang Intervensi NU   |   21:00 . Tanggapi Isu Nurul Azizah Akan “Dikuningkan”, Mitroatin: Kami Terbuka   |   18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687 Ton Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |  
Thu, 25 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Manfaat Memelihara Hewan, Punya Teman dan Atasi Stres

blokbojonegoro.com | Tuesday, 26 February 2019 07:00

Manfaat Memelihara Hewan, Punya Teman dan Atasi Stres

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Stres merupakan salah satu bentuk gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Stres dapat timbul dari dalam diri yang dikarenakan adanya rasa cemas dan frustasi.

Rasa cemas ini timbul karena adanya kekhawatiran dalam diri akan suatu hal yang akan dihadapi oleh individu. Kecemasan yang berlebihan dapat mengakibatkan frustasi karena dirinya merasa bahwa tidak dapat memenuhi hal yang diinginkan.

Terlebih di zaman yang semakin maju ini, rasa cemas dan khawatir akan keberlangsungan hidup individu semakin terasa karena semakin banyak tantangan untuk dapat bertahan.

Karena tekanan tersebut, stres bukanlah hal yang dapat kita hindari lagi. Kebutuhan hidup semakin meningkat, tingkat kesulitan dalam bekerja dan belajar, juga perkembangan zaman semakin memberi tekanan terhadap individu yang mengakibatkan individu menjadi stres.

Stres sendiri bisa menjadi baik apabila individu sadar dan menjadikan tekanan tersebut sebagai motivasi. Namun, tak sedikit yang tidak dapat mengontrol tekanan yang mereka alami dan justru merasa terpuruk serta dapat berakibat  buruk, baik bagi kesehatan mental maupun fisik.

Penanggulangan stres biasa dilakukan oleh dokter maupun terapis. Namun, selain dari dokter atau terapis, stres dapat diatasi dengan cara yang terbilang mudah. Banyak yang mungkin tak menyadarinya hewan peliharaan ternyata punya peran penting dalam menjaga suasana hati tetap baik dan stabil.

Mengapa hewan peliharaan? Pada dasarnya, salah satu alasan memiliki hewan peliharaan adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, yaitu sebagai teman.

Namun, bukan hanya sebagai teman di rumah, hewan peliharaan efektif meningkatkan kadar hormon serotonin yang mengontrol kegiatan emosional dan hormon dopamin yang mengontrol gerak tubuh. Membelai, memeluk, menyentuh hewan seperti anjing, kucing, kelinci, atau bahkan dengan melihat ikan di dalam aquarium membantu menenangkan dan membuat rileks ketika sedang stres atau cemas dan justru cenderung merasa lebih damai.

Selain itu, hewan peliharaan juga terbukti dapat meningkatkan hormon antistres atau oksitosin hanya dengan berinteraksi langsung dengan mereka. Bermain dengan hewan peliharaan dapat membantu melupakan masalah, bahkan bisa menjadi motivasi tersendiri bagi individu.

Sumber: https://www.teras.id/life/pat-2/128569/
manfaat-memelihara-hewan-punya-teman-dan-atasi-stres

Tag : stress, hewan, peliharaan, rumah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat