21:00 . Bus Baru Pemkab Bojonegoro Khusus untuk Pelayanan dan Sosial   |   20:00 . Live: Kampus Ungu Bersholawat Bersama Gus Azmi   |   19:00 . Kader Baureno Nahkodai PDPM Bojonegoro   |   18:00 . Diduga Kelelahan, Staf Perhutani Ditemukan Meninggal Dunia   |   17:00 . Bus Baru Pemkab, Bupati: Untuk Pelayanan dan Sosial   |   16:00 . Maba IAI Sunan Giri Antusias Ikuti Seminar Pembuatan Makalah   |   15:00 . Mekanisme Berbeda, Pemilihan Ketua Lewat Formatur   |   14:00 . Pemuda Muhammadiyah Bojonegoro Gelar Musda   |   13:00 . Serunya Lomba Mancing Merdeka Berebut Sepeda Motor   |   12:00 . Bupati Kunjungi Exit Tol Nganjuk ini Tujuannya   |   11:00 . Bak Moto GP, Ibu-Ibu Ikut Balap Traktor di Desa Tejo   |   10:00 . Mancing Merdeka, Berebut Ikan Dengan Bobot Terberat   |   08:00 . Ratusan Pemancing Turut Mancing Merdeka   |   07:00 . Apakah Asma Menular?   |   18:00 . Sutrac Bantu Droping Air Bersih di Tlogohaji   |  
Sun, 15 September 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 09 March 2019 15:00

Rutinan MDRA, PAC Ansor Balen isi Diskusi Kepemudaan dan Desa

Rutinan MDRA, PAC Ansor Balen isi Diskusi Kepemudaan dan Desa

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor NU Kecamatan Balen, rutin mengadakan Majlis Dzikir Rijalul Ansor (MDRA) se-bulan sekali.

Seperti halnya yang diadakan di Balaidesa Lengkong Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro, Jum'at (8/3/2019) malam, juga diisi dengan diskusi kepemudaan dan desa. Kegiatan yang dihadiri seluruh pengurus PAC Ansor NU Balen, ranting dan pemuda Desa Lengkong.

Pasalnya selain MDRA, juga diisi dengan diskusi kepemudaan dan desa yang menghadirkan narasumber ketua Forum Karang Taruna Kabupaten (FPKT) Bojonegoro dan sekretaris Komisi A DPRD Kabupaten Bojonegoro, Donny Bayu Setiawan serta Pendamping Lokal Desa (PLD), Amirul Khotib.

"Kegiatan ini sudah menjadi rutinan setiap bulan sekali, yang adakan bergantian ke desa-desa," kata ketua PAC Ansor NU Balen, Moh. Nafi'.

Dijelaskan, setelah pembacaan dzikir rutin itu Ansor NU Balen mengisinya dengan kajian-kajian, seperti tema pertanian, pemilu dan yang lainnya. Termasuk malam ini menghadirkan dua narasumber untuk memberikan pemahaman dan pencerahan terkait kepemudaan dan desa.

"Agar pemuda terutama kader Ansor, berperan didesa dan mengembangkan potensi pemuda yang ada didesanya masing-masing," jelasnya.

Sementara itu, Donny Bayu Setiawan menyampaikan banyak hal termasuk tantangan pemuda yang harus menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Sehingga pemuda harus bersiap menyongsong persaingan pasar bebas dan jangan sampai pemuda hanya melihat saja. Belum lagi perkembangan teknologi yang begitu pesat, agar dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Pemuda harus mempunyai inovasi dan mengambil peluang didepan mata dengan persiapan matang. Jangan sampai menjadi pemuda yang apatis, tapi bisa berperan dalam pembangunan," terang sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bojonegoro itu.

Donny juga menyinggung, sekarang ini juga sudah disahkan Perda (peraturan daerah) tentang kepemudaan yang mengatur tugas dan peran pemuda. Sebab payung hukum itu menjadi landasan pemuda desa melaksanakan kegiatannya.

"Pemuda harus diberikan tanggungjawab dan kepercayaan, karena mereka ujung tombak maju dan mudurnya desa," ungkapnya.

Sedangkan Amirul Khotib memberikan pemahaman tentang desa, mulai proses perencanaan, pelaksanaan sampai pertanggungjawaban APBDes (Anggaran Pendapatan Belanja Desa). Termasuk aturan-aturan yang mengatur desa agar pemuda bisa memahami kegiatan pemerintahan desa.

Tampak dalam diskusi dan jagong santai tersebut berjalan dinamis sampai tengah malam. Pasalnya banyak peserta yang bertanya dan mendiskusikan kondisi desa, peran pemuda serta semangat pemuda memajukan desanya masing-masing.[saf/ito]

Tag : Balen, Lengkong

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 08 September 2019 15:00

    Semarak HUT, 17 Perlombaan Satukan Warga Semanding

    Semarak HUT, 17 Perlombaan Satukan Warga Semanding Peringatan HUT Republik Indonesia merupakan suatu kegiatan yang rutin dilaksanakan seluruh masyarakat Indonesia, sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan Republik Indonesia yang diperjuangkan oleh pahlawan terdahulu....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat