14:00 . Kepo....!! Warga Hitung Roda Truk Jumbo   |   13:00 . Nikah Dini di Bojonegoro Masih Tinggi, Dispensasi Nikah Diperketat   |   12:00 . Mantab, Atlet Bojonegoro Raih 2 Emas di Kejurprov   |   11:00 . Studi Tiru, BUMDes Kalianyar Kunjungi Desa Pujonkidul Malang   |   10:00 . Hingga November, Ada 2.808 Kasus Cerai   |   09:00 . 154 Ban Bawa Alat Jumbo Proyek Gas   |   08:30 . Sampai Baureno, Alat Jumbo JTB Diserbu Warga   |   08:00 . Mau Kerja dan Sekolah, Mampir Foto Dulu   |   07:00 . 3 Minuman yang Perlu Dibatasi Pemberiannya pada Balita   |   06:45 . Kerja Nanti Dulu, Foto Sekarang   |   06:30 . Sampai Baureno, Alat Jumbo JTB Jadi Tontonan   |   06:15 . Foto Bersama Alat Jumbo di Jembatan Timbang   |   06:00 . Alat Gas JTB Jadi Tontonan Warga   |   20:00 . Meningkat, Tahun 2019 Ada 3.223 Perkara di Pengadilan Agama   |   19:00 . EMCL dan Eksekutif-Legislatif   |  
Fri, 06 December 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 10 April 2019 12:00

Tingkatkan IPM Jatim, Pemprov akan Intervensi 3 Hal Besar

Tingkatkan IPM Jatim, Pemprov akan Intervensi 3 Hal Besar

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) akan melakukan intervensi 3 hal besar yang menjadi kerangka pikir pembangunan periode 2019–2024, guna meningkatkan PDRB dan IPM Masyarakat Jawa timur, demikian yang disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada acara Musrenbang Provinsi Jawa Timur, Selasa (9/4/2019) di Ballroom lantai 4 mall Grand City, Surabaya.

Lebih lanjut Khofifah mengatakan 3 intervensi besar itu guna menjawab permaslahan-permasalahan di Jawa Timur dan mengantispiasi kesenjangan dimasa yang akan datang, seperti ketimpangan kemiskinan antara di perkotaan dan pedesaan, Indeks Pebangunan Manusia (IPM) yang masih rendah di bawah IPM Nasional.

Adapun 3 intervensi tersebut, yang pertama penguatan dan pemberdayaan pembangunan ekonomi masyarakat, yang kedua pemberantasan kemiskinan yang komprehensip, dan yang ketiga kepastian layanan dasar yang berkualitas.

jt

Selanjutnya Khofifah menyampaikan, untuk mencapai hal tersebut perlu adanya kolaborasi dan sinergitas antara stakeholder pembangunan mulai dari pemerintah pusat, provinsi, Kabupaten/kota, masyarakat sipil dan dunia usaha, dengan pendekatan terstruktur (structured approach) dan implementasi berdasarkan prinsip good governance.

"Untuk itu, pelaksanaan Musrenbang sangat penting sebagai forum memberikan masukan dalam penyusunan RPJMD Provinsi Jatim, proses penyusunan RKPD Provinsi Jatim Tahun 2020. Melalui Musrenbang ini diharapkan ada penajaman, penguatan, dan pengayaan baik dari narasumber maupun peserta," jelas Gubernur Jawa Timur.

Sebelum membuka Musrenbang, Wakil Menteri Keuangan RI Mardiasmo mengapresiasi Gubernur Khofifah dan Wagub Emil Elestianto Dardak yang ingin melompat dan memberikan akselerasi terhadap prioritas Jatim untuk mengurangi bahkan menghilangkan ketimpangan. Sebab, ketimpangan adalah musuh bersama.

jt1

Meskipun demikian, di Jatim, dengan segala sumber yang ada dengan kabupaten/kota yang banyak dan beragam tetapi masih belum bisa maju dan full speed. Untuk itu, 38 kabupaten/kota di Jatim harus bisa bersinergi satu sama lain.

“Engine atau mesin pembangunan yakni pemerintah pusat, pemerintah daerah dan sektor perekonomian antara lain sektor primer, sektor sekunder dan sektor tersier harus saling bersinergi untuk menghasilkan perekonomian yang optimal,” kata Mariasmo.

Sementara itu, Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo mengatakan, dalam pembangunan dibutuhkan kolaborasi program antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Sehingga perlu adanya penyelarasan antara tema RPKD dengan tema pembangunan Jawa dan Bali yaitu Pendorong industri.

Hadir pula dalam acara tersebut 38 Bupati dan Walikota Se-Jawa Timur dan Kabupaten Bojonegoro diwakli oleh Wakil Bupati Budi Irawanto. [ito]

Tag : ipm, indeks pembangunan masyarakat, ipm jatim


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat