13:00 . KA Barang 20 Gerbong Kecelakaan di Stasiun Doplang Blora   |   12:00 . Dekati Pelajar, Kapolres Bojonegoro Keliling ke Sekolahan   |   11:00 . Meski Hujan, Desa Ini Masih Sulit Air Bersih   |   10:00 . Begini, Kondisi Terkini Gedung Pemkab Pasca Puting Beliung   |   09:00 . Mencari Kayu Bakar untuk Masak Lebih Nikmat   |   08:30 . Kondisi Gedung Pemkab Pagi Ini   |   08:00 . Ikuti GPS, Truk Pasir 40 Ton Buat Jembatan Ambruk   |   07:00 . Kenapa Bayi di Bawah 6 Bulan Tidak Boleh Diberi Pisang?   |   00:00 . Inilah Cara Ibu Melenial Memperingati Hari Ibu   |   23:00 . Ketua PBNU: Tak Harmonisnya Agama dan Budaya Penyebab Konflik Timur Tengah   |   22:30 . Di Kecamatan Gondang, 3 Rumah Roboh Disapu Angin Kencang   |   22:00 . Gara-gara GPS, Truk Pasir Buat Jembatan Ambruk   |   21:30 . Ansor Sumberejo Berduka, Banser Terbaik Gugur   |   21:00 . Hujan Disertai Angin Kencang Landa 17 Desa di 4 Kecamatan   |   20:00 . Detik-detik Pohon Tumbang Hampir Timpa Kendaraan   |  
Thu, 12 December 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 15 July 2019 17:00

LPK Griyorojokoyo Gelar Pelatihan Budidaya Tanaman Pertanian

LPK Griyorojokoyo Gelar Pelatihan Budidaya Tanaman Pertanian

Pengirim: Iskak Riyanto*

blokBojonegoro.com - Dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) petani, Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Griyorojokoyo Bojonegoro memberikan pelatihan Budidaya Tanaman Sub Pertanian untuk petani Desa Kedungdowo, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro.

Pembukaan dilaksanakan hari ini, Senin (15/7/2019) yang dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Bojonegoro, Camat Balen, Korluh dan PPL Kecamatan Balen

Ketua LPK Griyorojokoyo, Nurul Huda dalam sambutanya mengatakan pelatihan ini bekerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang yang diikuti oleh 20 peserta dari anggota kelompok tani dan kelompok tani wanita.

"Tujuan pelatihan ini adalah meningkatkan pengetahuan, keterampilan budidaya tanaman pada masyarakat sebagai pengetahuan sehingga bisa menjadi peluang kerja yang luas," terang Nurul Huda.

Korluh Kecamatan Balen, Marzuki dalam mengawali sambutan mengatakan dengan pelatihan budidaya hortikultura sistem hidroponik dan konvensional ini semoga pengetahuan petani Kedungdowo semakin meningkat. Kebutuhan hortikultura selalu meningkat, petani harus bisa menangkap peluang ini.

"Mayoritas petani Kedungdowo berusaha tani sektor pangan khususnya padi. Para petani harap waspada terhadap hama Penggerek Batang (PB) dan Wereng Batang Coklat (WBC)," kata Marzuki lagi.

Camat Balen, Husnan, menyambut positif pelatihan ini. Setelah pelatihan petani akan menanam, otomatis ini akan menjadi peluang pergerakan ekonomi petani. Ia juga mengajak duduk bersama dengan PPL Kecamatan Balen untuk memajukan pertanian di Balen khususnya, karena sektor pertanian merupakan program perioritas Bupati.

"Saya juga senang dengan pelatihan ini, ilmu saya tentang budidaya pertanian juga semakin bertambah, karena saya juga anaknya petani," kata Husnan lagi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Bojonegoro, Agus Supriyanto juga mengapresiasi kepada LPK Griyorojokoyo yang mempunyai kepedulian kepada masayarakat dengan memberi pelatihan kepada petani.

"Kementerian Ketenagakerjaan juga sangat memperhatikan SDM warga negara dengan mendirikan banyak Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas sebagai tempat pelatihan," sambung Agus Supriyanto lagi.

Ia juga memberi tips sukses kepada petani agar niat bertani harus benar. Petani harus mampu mengonsep tanah yang digarap untuk mencukupi kehidupan diri dan keluarganya. Walau lahan yang dimiliki tidak luas petani bisa menerapkan diversifikasi pertanian dengan menanami lahan bermacam-macam tanaman, sehingga bisa juga panen bermacam-bermacam komoditas. [lis]

*PPL Disperta Bojonegoro

 

Tag : lpk, kemenaker, latihan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Thursday, 12 December 2019 00:00

    Inilah Cara Ibu Melenial Memperingati Hari Ibu

    Inilah Cara Ibu Melenial Memperingati Hari Ibu Ada hal yang beda dalam pertemuan Arisan Rutin ibu PKK Gg. Namlo RT.04/RW.01 Kelurahan Mojokampung Bojonegoro. Dalam pertemuan kali ini dikemas dengan memperingati hari ibu, para ibu PKK sangat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat