07:00 . Menyikapi Dilema Anak Multilingual   |   18:00 . Pertamina Sambut Kembali Siswa Jatim dari Gorontalo   |   17:00 . Tanpa 2 Pemain Inti, Persibo Optimis Kalahkan Nganjuk Ladang   |   16:00 . Conjo, Teknik Percepat Tanam Tembakau Tanpa Guludan   |   15:00 . Biasa Tanam Palawija, Kemarau Kali Ini Petani Mayangkawis Beralih Tembakau   |   13:00 . Disbudpar Targetkan 1,5 Juta Wisatawan Tahun Ini   |   12:00 . Persibo Waspadai Ancaman Tim Tamu   |   11:00 . Sempat Meroket, Harga Cabai Berangsur Turun   |   10:00 . Semakin Bugar dan Banyak Aktifitas di Masa Pensiun   |   09:00 . Bahagia Tampil di Istana Negara, Ini Cerita Penari Thengul   |   08:00 . Terus Diperhatikan, Kualitas dan Kuantitas UDD PMI Harus Ditingkatkan   |   07:00 . Tips Anti Stres untuk Ibu Bekerja yang Baru Jadi IRT   |   22:00 . Kodim Bojonegoro Rotasi Jabatan Perwira   |   21:00 . Majukan PMI, Jejaring Wilayah V Gelar Pertemuan di Bojonegoro   |   20:00 . Puluhan Regu Meriahkan Gerak Jalan SD-MI Kecamatan Kapas   |  
Fri, 23 August 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 13 August 2019 09:00

Sinergi BUMN, Puluhan Siswa Berangkat ke Jawa Timur & Gorontalo

Sinergi BUMN, Puluhan Siswa Berangkat ke Jawa Timur & Gorontalo

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com – Sekurangnya 70 siswa SMA, SMK dan SLB dari Jawa Timur dan Gorontalo, berkumpul di Hotel Mercure Surabaya, Senin (12/8/2019), dalam rangka kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang merupakan program dari BUMN seperti Pertamina, PAL, PTPN XI, INKA, dan Waskita Karya.

Dengan slogan BUMN Hadir Untuk Negeri ini, SMN diusung dengan tujuan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada para siswa tersebut.

Program bertajuk pertukaran pelajar antar provinsi ini merupakan yang kelima kalinya dijalankan oleh BUMN-BUMN di Indonesia.

Melewati berbagai macam rangkaian dan seleksi, siswa terbaik dari Jawa Timur tersebut akan diberangkatkan pada Selasa (13/8/2019) menuju Gorontalo.

Beda halnya dengan siswa dari Gorontalo yang telah lebih dulu hadir di Jawa Timur pada hari ini untuk mengikuti rangkaian kegiatan SMN.

Dalam rangkaian kegiatannya, siswa ini nantinya akan tinggal bersama keluarga angkat, untuk mengenal bahasa, budaya setempat, dan juga etika di daerah lain serta juga untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air pada diri masing-masing.

Tidak hanya itu, mereka juga akan dikenalkan proses bisnis dan pengetahuan dasar dari masing-masing BUMN yang bergerak baik di bidang minyak dan gas, infrastruktur, pertanian, dan lain-lain.

Agus Mashud, selaku VP CSR & SMEPP PT. Pertamina (Persero) menyatakan, bahwa program ini merupakan rangkaian dari beberapa program CSR utama dari Pertamina seperti perayaan HUT BUMN, Bareng-Bareng Mudik, hingga Upacara HUT RI, dan Pesta Rakyat di Tuban yang akan diadakan pada Minggu (18/8/2019) nanti.

“Pertamina melalui sinergi BUMN sebagai koordinatornya terus berupaya memberikan yang terbaik untuk para siswa di Jawa Timur dan Gorontalo. Tidak hanya untuk siswa biasa, namun juga untuk siswa disabilitas, sehingga semua siswa mendapatkan kesempatan yang sama”, ujar Agus Mashud dalam sambutannya.

Siswa ini nantinya juga akan dikirim menuju camp Rindam Jawa Timur dan Gorontalo, secara berkelompok mereka nantinya akan dibangun mental dan kemampuannya untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Sementara Hudiono selaku PLT Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur yang juga hadir dalam acara pembukaan SMN 2019 menyatakan, rasa terima kasihnya kepada para BUMN yang telah memilih putra-putri terbaik dari Jawa Timur untuk dapat mengikuti kegiatan SMN ini, sebab tidak hanya mengenai pendidikan formal para siswa ini nantinya juga akan diberi pemahaman mengenai perbedaan ras, suku, agama, dan bahasa yang menjadi ikon unik Bangsa Indonesia.

“Pada akhirnya, kegiatan ini nantinya tidak hanya melulu soal pendidikan yang didapat di sekolah, namun juga bagaimana cara mereka berinteraksi dengan masyarakat sekitar dan mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar, karena pada akhirnya kita ini bukanlah masyarakat Jawa Timur atau Gorontalo, melainkan masyarakat dari Indonesia” tutup Hudiono. [mu]

Tag : pertamina , pertamina mor v, bumn

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 13 August 2019 08:00

    Teladani Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi

    Teladani  Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi Demi memperkuat spiritual keagamaan dan meneladani perjuangan para waliyullah, sekaligus menyambut Kemerdekaan RI-47, jemaah tahlil Dukuh Ngantulan, RT.19/RW.03, Desa Bulu, Kecamatan Balen, mengadakan ziarah ke makam auliya. Selain itu dalam...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat