18:00 . Masuki Ajaran Baru, Penjualan Alat Tulis Menurun   |   17:00 . Patuhi SKB 4 Menteri, Matsama di Lingkungan Kemenag Dilakukan Secara Daring   |   16:00 . Diduga Korsleting Listrik, Rumah Janda di Desa Purwoasri Terbakar   |   15:00 . 2 Pelajar Papua di Bojonegoro Rapid Test di Urkes Polres Sebelum Pulang Kampung   |   14:00 . Di Lokasi TMMD Imbangan Kodim Bojonegoro, Disdag Gelar Pasar Murah   |   13:00 . Bersama Pertamina Kampung Tangguh Jagir Terus Lawan Pandemi   |   12:00 . Harga Daging Ayam Broiler Turun, Ayam Kampung Terpantau Naik   |   11:00 . Penjual Arang dan Tusuk Sate Mulai Menjamur di Pasar   |   07:00 . 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjalin Hubungan dengan Pria Lebih Tua   |   22:00 . Tak Ada Tambahan, Masih ada 105 Positif Covid-19   |   21:00 . Tergeletak di Pinggir Jalan, Warga ini Diduga Sakit Sakit Diare   |   17:00 . 3 Alasan Jamaah Haji yang Lakukan Penarikan Pelunasan Bipih   |   16:00 . Terkendala Lahan 7 Warga, Pembangunan Jembatan KARE Tersendat   |   15:00 . 28 PAC IPNU-IPPNU di Bojonegoro Terbentuk   |   14:00 . BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya!   |  
Mon, 13 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 18 August 2019 11:00

Festival 'Sego Liwet' di Balen

Wujud Syukur, Jalin Silaturahim

Wujud Syukur, Jalin Silaturahim

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Rangkaian HUT ke-74 RI di Desa Kedungdowo, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro begitu meriah, salah satunya dengan Festival 'Sego Liwet', Sabtu (17/8/2019) malam. Kegiatan yang dilakukan setiap tahun sebagai bentuk syukur, namun sekarang ini dikemas berbeda untuk menjalin kebersamaan masyarakat setempat.

Setidaknya ada ratusan tumpeng 'Sego Liwet' yang ditata rapi di sepanjang Jalan Desa Kedungdowo, serta diikuti seluruh masyarakat setempat dan juga tetangga desa. "Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah, bentuknya melestarikan 'Sego Liwet' yang dibuat masyarakat," kata Kepala Desa Kedungdowo, Yuyus Adi saat festival berlangsung.

Kepala Desa Kedungdowo dua periode menjabat itu menjelaskan, masyarakat Desa Kedungdowo ikut serta mewujudkan syukur dalam HUT ke 74 RI, karena 'Sego Liwet' adalah bentuk implementasi hasil kerja keras yang harus dinikmati bersama-sama. Termasuk sedekah bumi, menjadi wujud syukur pada pendiri atau sesepuh desa.

"Tidaklah dinyatakan syukur pada Allah, ketika tidak syukur pada orang-orang dan para pejuang yang menjadi perantara nikmat. Mari selalu guyup rukun, hanya dengan kebersamaan semua akan bisa diraih," ujarnya.

Sedangkan Camat Balen, Husnan yang hadir langsung dan membuka Festival 'Sego Liwet', mengapresiasi acara dan mengangkat dua jempolnya atas apa yang dilakukan masyarakat Desa Kedungdowo. "Luar biasa hal yang tak biasa. Mungkin disini satu satunya kegiatan yang dikemas sedemikian rupa," ungkapnya.

Mantan Camat Gondang itu menambahkan, doa bersama dan ungkapan syukur atas kemerdekaan RI adalah keniscayaan untuk limpahan riski dan keberkahan. Pasalnya tanah kita dipupuk oleh jasad dan darah para pahlawan bangsa. "Maka patutlah kita mengenang dengan doa dan kerja keras untuk mengisi kemerdekaan," imbuhnya.

Melalui sedekah bumi atau nyadran lanjut Husnan, merupakan budaya lokal yang harus dilestarikan. Sebab kerja keras dan kebersamaan adalah kunci keberhasilan pembangunan, sebagaimana filosofinya 'Sego Liwet' yakni mangan bareng, muluk kan tunggalan (makan bersama, makan langsung tanpa sendok dan sepiring berdua). [zid/lis]

Tag : ri, hut, kemerdekaaan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 12 July 2020 14:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya!

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya! Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat