07:00 . 5 Kebiasaan Baik yang Sering Dianggap Masalah dalam Hubungan   |   14:00 . PMI Gelar Latihan Gabungan di Sekolah   |   13:00 . Muleh Omah Project ABC Gelar Uji Coba SBMPTN 2020   |   12:00 . Gerakan Pramuka Kwarcab Bojonegoro Kembali Gelar Diklatsar Brigade Penolong   |   11:00 . Kopi Darat - Car Free Day Bareng Penyiar Radio   |   10:00 . Seribuan Peserta Ikuti Jalan Sehat SMPN 1 Kapas   |   09:00 . Bertabur Gambar Cakades di Desa Canga'an   |   08:00 . Peringati Hari Ulang Tahun Aston dan Fave Gelar Flashmob Bersama Bupati   |   07:00 . Anak Tidak Punya Teman, Inilah yang Harus Orangtua Lakukan   |   21:00 . Bupati Anna Santai dan Nyanyi di KDS   |   18:00 . IAI Sunan Giri Latih Rawat Jenazah di Sarangan   |   17:00 . PEPC Raih Penghargaan Zero Accident dari Pemrpov Jatim   |   16:00 . Masa Kampanye Belum Dimulai, Banyak Cakades Curi Start   |   15:00 . Bersama Alumni Lintas Angkatan, Meriahkan HUT SMPN 1 Kapas ke 36   |   14:00 . Malam, Jembatan Sosrodilogo Makin Ramai   |  
Mon, 20 January 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 25 August 2019 15:00

Kelurahan Ngrowo Launching Kampung Lontong Lodeh Pedal

Kelurahan Ngrowo Launching Kampung Lontong Lodeh Pedal

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com - Ikon kuliner terus bermunculan di Kabupaten Bojonegoro, kali ini giliran warga Kelurahan Ngrowo, Kecamatan Kota Bojonegoro, tepatnya yang ada di seputaran Jalan Meliwis Putih yang melaunching ikon Kampoeng Lontong Lodeh Pedal (pedagang sepeda onthel), Minggu (25/8/2019). Dilaunchingnya Kampoeng Pedal tersebut sekaligus guna menunjukkan bahwa warga setempat sudah menggeluti sebagai penjual lontong lodeh sejak puluhan tahun lamanya.

"Memang sejak dahulu hingga sekarang warga Kelurahan Ngrowo, seputar Jalan Meliwis ini dikenal sebagai pedagang lontong lodeh yang dijajakan keliling dengan menggunakan sepeda onthel," kata ketua Panitia Kampung Lontong Pedal, Suwarto.

Pria yang juga sebagai Ketua RW 01 kelurahan setempat itu mengungkapkan, diadakannya kegiatan ini untuk mengenalkan kepada masyarakat luas khususnya Bojonegoro, bahwa warga Ngrowo ini banyak yang menjual lontong lodeh, dan sudah ada sejak puluhan yang lalu.

"Saat ini, ada 15 orang yang menggeluti pekerja penjual lontong lodeh yang dijajakan dengan berkeliling menggunakan sepeda onthel," terang Warto kepada blokBojonegoro.com.

Lanjut dia, maka diharapkan usai launching Kelurahan Ngrowo bisa dikenal sebagai gudangnya pedagang lontong lodeh, sehingga bila masyarakat ingin mencari kuliner lontong lodeh bisa langsung di Kelurahan Ngrowo. Pasalnya selain penjual lontong lodeh keliling juga ada pedagang lontong lodeh yang buka di rumah.

Kegiatan kali ini langsung dihadiri Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto yang sekaligus membuka acara Kampung Lontong Lodeh, dan hadir pula Muspika Kecamatan Kota Bojonegoro, sehingga launching tersebut berlangsung meriah.

Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto mengungkapkan kebanggaannya terhadap warga Ngrowo yang memiliki kreativitas dalam perdayaan dan pengembangan ekonomi masyarakat terlebih mendedikasikan bahwa kampungnya sebagai kampung Kuliner Lontong lodeh.

"Jadi, bila ingin mencari lontong lodeh langsung saja bisa mudah menemukannya di sepanjang Jalan Meliwis Putih, Kelurahan Ngrowo ini," jelas Wakil Bupati yang biasa disapa Mas Wawan itu.

Beberapa pedagang lontong lodeh yang menggelar lapak menyatakan kegembiraannya atas dikukuhkannya, Kampung Lontong Lodeh ini, terlebih ke depannya akan diselenggarakan festival lontong lodeh pada setiap tahun. [saf/lis]

 

 

Tag : kampung, lontong, lodeh


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 14 January 2020 16:00

    HUT YPPRT Ke-44 Balen

    Peduli Lingkungan, Tanam Pohon Bersama Masyarakat

    Peduli Lingkungan, Tanam Pohon Bersama Masyarakat Dalam rangka memperingati hari kelahiranya yang ke-44 tahun Yayasan Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin (YPPRT) Balen mengadakan gerakan tanam pohon serentak di 3 desa, yakni Desa Pilanggede, Sobontoro, dan Balenrejo, semua...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat