07:00 . 3 Kebutuhan Dasar Tumbuh Kembang Anak yang Harus Dipenuhi   |   21:00 . Total, 91 Orang Tekonfirmasi Positif di Bojonegoro   |   17:00 . Ini Alasan KSBB Difokuskan di Daerah Perbatasan   |   16:00 . Bupati Resmi Buka Karya Bakti Skala Besar Tahun 2020   |   15:00 . DPRD : Pemenuhan Hak Disabilitas Perlu Diperhatikan   |   14:00 . Antisipasi Kekeringan, BPBD Mulai Petakan Wilayah Rawan Kekeringan   |   13:00 . Hedonisme dan Pertaruhan Kredibilitas KPK   |   12:00 . 3 Hari, 613 Calon Mahasiswa Rapid Tes di Labkesda Bojonegoro   |   11:00 . Sebelum Operasi Sikat Semeru 2020, ini yang Dilakukan Polres Bojonegoro   |   10:00 . RUU PKS Ditarik dari Prolegnas, Kopri Bojonegoro Kecewa Kepada DPR   |   09:00 . Asti Pelihara Belasan Kucing Ras dan Kampung   |   08:00 . Haji Ditunda, 9 Jamaah Haji Ajukan Pembatalan Pelunasan BPIH 2020   |   22:30 . 2 Hari Stagnan Tak Ada Tambah Sembuh dan Positif Covid-19   |   16:00 . Total Hadiah Tabungan Jutaan Rupiah, ini Rincian untuk Lomba Foto   |   15:00 . Inilah Jadwal Pelayanan Donor Darah PMI Bojonegoro Juli 2020   |  
Tue, 07 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 12 October 2019 16:00

Bencana Kekeringan di Bojonegoro (7)

Warga Desa ini Manfaatkan Air Bengawan untuk Keperluan Rumah Tangga

Warga Desa ini Manfaatkan Air Bengawan untuk Keperluan Rumah Tangga

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Bencana kekeringan yang terjadi sampai saat ini sangat dirasakan masyarakat di sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro. Salah satunya di Desa Sarangan, Kecamatan Kanor, yang hampir separuh dari warganya mengaku telah alami kekeringan air.

Muji, salah seorang warga yang mengalami kekeringan mengatakan, bahwa dia sudah mengalami kesulitan dalam mencari air sudah sejak satu bulan yang lalu.

Menurut dia, saat ini kekeringan di desanya cukup memperihatinkan. Karena sumur-sumur banyak yang mengering. Sebab, sudah berbulan-bulan hujan tidak kunjung turun.

Kini dirinya terpaksa harus mengambil air di sumur warga air yang tidak mengering dan memanfaatkan air bengawan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

"Air yang saya ambil dari sumur itu untuk keperluan minum dan memasak, kalau mandi dan mencuci saya memanfaatkan air bengawan," jelas Muji.

Senada dikatakan oleh Suti'ah, bahwa dia juga mengaku memanfaatkan air bengawan untuk keperluan rumah tangganya. Setiap hari, baik pagi maupun sore ia bersama beberapa warga yang mengalami kekeringan lainnya berbondong-bondong pergi ke bengawan untuk mandi dan mencuci pakaian.

Dirinya mengaku lebih senang untuk pergi ke benggawan guna memenuhi kebutuhan air yang cukup banyak di setiap hari. Menurutnya mandi dan mencuci di benggawan lebih mudah leluasa tanpa harus mengantre dengan warga lain yang mengalami kekeringan.

"Masih untung ada bengawan, kalau tidak kami tidak bisa mandi dan mencuci, karena kami belum memasang PAM. Sehingga hanya mengandalkan sumur untuk keperluan mandi, mencuci dam minum," tegasnya kepada blokBojonegoro.com. [lin/ito] 

Tag : Kekeringan, Bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat