16:00 . Musim Tanam, Petani Dominasi Agunan Ajuan Gadai   |   15:00 . Rp38 M untuk Peningkatan Fasilitas Sekolah   |   14:00 . Pengangkatan PPPK Belum Jelas   |   13:00 . Judi saat Pilkades, Dua Orang Diamankan   |   12:00 . Jogging Track Tingkatkan Kesehatan Sekaligus Kenyamanan Warga   |   11:00 . Transfer dari Pusat Telat, Bantuan Pangan Non Tunai Terlambat   |   10:00 . Jumat Pahing Penjual Bunga Boreh Pasang Lapak   |   09:00 . Fokus Keselamatan Kerja, Pertamina EP Gelar Puncak Peringatan Bulan K3   |   08:00 . DLH Beserta Perangkat Desa Gelar Jumat Bersih   |   07:00 . Anak Pendiam, Apakah Mungkin karena Faktor Keturunan?   |   12:00 . Berapa Passing Grade SKD CPNS 2019 yang Bisa Masuk Tahap SKB?   |   11:00 . Musim Durian Tiba Pedagang Dadakan Menjamur   |   10:00 . Curah Hujan Tinggi, Disperta Berharap Petani Daftar AUTP   |   09:00 . Inovatif, Pria Ini Sulap Kelengkeng Jadi Minuman Herbal Hingga Shampo   |   08:00 . Tahanan Polres Nikah, Prosesi Ijab Kabul Dikawal Polisi   |  
Fri, 21 February 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 07 December 2019 12:00

Air Bengawan Solo Lebihi Batas Ambang Mutu

Air Bengawan Solo Lebihi Batas Ambang Mutu

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Air Bengawan Solo yang mendadak berubah hitam kemerahan itu memang memang menjadi perhatian Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bojonegoro untuk menguji laboratorium kandungan air di 4 titik sampel air yakni di Desa Payaman, Kecamatan Ngraho, Di bawah jembatan Malo, Taman Bengawan Solo ( TBS) Kota Bojonegoro dan Desa Kadungrejo, Kecamatan Baureno guna mengetahui ambang batas mutu air Bengawan Solo itu.

Dari hasil uji laboratorium itu yang dilakukan di Lingkungan Perum Jasa Tirta I Mojokerto, diketahui, bahwa hasil ambang batas mutu air bengawan solo melebihi dari target yang dicanangkan oleh DLH Bojonegoro, yakni 3 mg 02/L.

"Ada 3 para meter air yang diujikan yakni Biochemical Oxigen Demand (BOD), Chimical Oxygen Demand (COD) dan Dissolved Oxygen (DO)," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bojonegoro, Hanafi.

Dari rata-rata hasil di keempat sample air tersebut seluruhnya batas ambang mutu air telah melebihi seperti BOD,atau Kadar kebutuhan Oksigen Biologis yakni berkisar antara 6 hingga 7 mg/L. Sedangkan COD hasilnya berkisar diangka 27,77 mg/L padahal yang ditetapkan yakni ssbesar 25 mg/l. Dan untuk hasil DO atau kadar oksigen terlarut yakni 5 hingga 6 mg/l, padahal dasar patokan yang ditetapka diangka 3 mg/l.

Dari hasil tersebut, DLH Bojonegoro mengimbau kepada masyarakat Bojonegoro agar waspada saat menggunakan air bengawan solo itu," beber Hanafi.

Saat ditanya terkait layakah air bengawan itu dikonsumsi? Hanafi enggan berkomentar lebih jauh terkait hal itu, pasalnya pihaknya tidak memiliki wewenang menjawab layak tidakah bilamana air bengawan itu dikosumsi oleh masyarakat sekitar bengawan.

Hanafi melanjutkan, Pihaknya bakal secepatnya akan berkoordinasi dengan pihak PDAM Bojonegoro, guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan tidak sampai terjadi.

"Rencananya, Senin (9/12/2019) mendatang akan bertemu pihak PDAM untuk membicarakan perihal ini," tandas Hanafi kepada blokBojonegoro.com.[saf/ito]

Tag : Bengawan, solo


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat