07:00 . Anak Balita Tidak Mau Tidur Siang, Orang Tua Harus Bagaimana?   |   17:00 . TNI Bojonegoro Bekali Siswa SMKN Kasiman Kedisiplinan dan Wasbang   |   15:00 . Mengasyikan Anak-Anak TK Ini Bermain Sambil Belajar Budidaya Ikan   |   14:00 . Kemenag Ajukan Pembuatan Visa Jemaah Haji ke Surabaya   |   13:00 . Begini Tanggapan Warga Terkait Sensus Penduduk Online 2020   |   12:00 . Ada 10 Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan di Bojonegoro   |   11:00 . Dishub Targetkan Rp31 Miliar dari Parkir Berlangganan 2020   |   10:00 . 501 Pendekar Se-Jawa Timur Ikuti Kejuaraan Rektor Unigoro   |   09:00 . Lulus Passing Grade Tak Menjamin Lolos ke SKB   |   08:00 . Panen Hingga Cicipi Olahan Sate Jamur Petani Binaan ExxonMobil   |   07:00 . Anak Pilek, Bolehkah Minum Es?   |   18:00 . Tanah Bantaran Bengawan Solo di Bawah Jembatan Kaliketek Tergerus   |   17:00 . Aksi Bareng Relawan ExxonMobil   |   16:00 . Bangun Sinergitas Babinsa Ngambon Bantu Warga Atasi Longsor   |   15:00 . Pengenalan Keselamatan Berlalu Lintas, Begini Cerita Tino Voigt   |  
Thu, 27 February 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 09 December 2019 07:00

Apel Disebut Makanan Super, Ramah untuk Jantung dan 2 Alasan Ini

Apel Disebut Makanan Super, Ramah untuk Jantung dan 2 Alasan Ini

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Ungkapan sebutir apel dulu sebelum ke dokter, nampaknya tidak berlebihan. Sebab apel memang kerap dianggap makanan super yang kaya nutrisi penting untuk mencegah dan mengobati berbagai macam gangguan kesehatan.

Apel buah yang  yang bergizi padat, bebas lemak, kolelsterol, dan sodium serta rendah kalori. Satu butir apel ukuran sedang mengandung sekitar 5 gram serat. Ada tiga alasan mengapa apel disebut sebagai makanan super.

1. Baik untuk otak
Peneliti di Cornell University menyimpulkan jika apel mengandung antioksidan kuat yang disebut quercetin. Adapun fungsinya ialah mampu mencegah radikal bebas yang dapat merusak sel-sel otak. Menurut President of Washington Apple Commision Todd Fryhover manfaat lain makan kulit apel karena mengandung quercetin. "Jadi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi apel dengan kulitnya juga untuk mendapatkan manfaat lebih bagi kesehatan otak," ucap Todd yang ditemui dalam acara Washington Apple Week di Jakarta, Kamis 5 Desember 2019.

Masih berkaitan dengan otak, manfaat sehat apel lainnya dengan konsumsi apel bersama kulitnya dapat mengurangi risiko kehilangan memori dan timbulnya penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

2. Ramah untuk jantung
Sudah rahasia umum jika tingkat kolesterol tinggi akan meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung, yang menjadi penyebab utama kematian di Amerika Serikat dan juga di Indonesia. Sebuah studi yang diterbitkan Journal of Foods Fungsional menemukan bahwa kadar LDL (kolesterol jahat) peserta riset yang makan sebuah apel sehari selama 4 minggu turun sebanyak 40 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak makan apel. "Jadi selain serat, buah apel juga kaya dengan kandungan antioksidan yang dikenal bermanfaat dan ramah untuk jantung Anda," ucap Todd.

3. Turunkan risiko diabetes
Bagaimana dengan pengidap diiabetes yang ingin tetap bisa mengonsumsi buah yang manis? Menurut sebuah studi yang dikoordinir Harvard School of Public Health, orang yang mengonsumsi setidaknya dua porsi buah-buahan tertentu seperti apel, blueberry dan anggur setiap minggunya, secara signifikan dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. "Kalau saya sendiri makan apel di waktu antara sesudah dan sebelum makan siang. Sehingga kita bisa mengurangi atau bahkan melewati makan nasi putih serta menggantinya dengan lauk dan sayur," imbuh Todd.

Sumber: https://cantik.tempo.co/read/1281004/
apel-disebut-makanan-super-ramah-untuk-jantung-dan-2-alasan-ini/full&view=ok

Tag : jantung, manfaat, apel


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat