14:00 . PPKD Gelar Raker Tahun 2021 di Toyoaji   |   12:00 . PK Ditolak, Persibo Bojonegoro Tuntut Keadilan Lewat PSSI Pusat   |   08:00 . Kabar Gunung Semeru, Presiden akan Relokasi Warga   |   07:00 . 2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now   |   22:00 . Mendag Lutfi: Bisnis Waralaba Sukses Beradaptasi di Masa Pandemi Covid-19, Menjadi Tuan Rumah dan Kuasai Pasar Negeri   |   21:00 . Satpol PP Bojonegoro Raih Penghargaan dari Kemendagri   |   20:00 . Pemkab Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pemekaran Desa Sukorejo   |   19:00 . Persibo Ajukan PK, Laga Mitra Surabaya kontra Deltras Sidoarjo Ditunda   |   18:30 . Selamat..! Ponpes Attanwir Dapat Penghargaan Eco Pesantren dari Gubernur Jatim   |   18:00 . Awas...!! Tanggul Bengawan Solo Ambles   |   16:00 . Media Gathering EMCL, Ajak Wartawan Menjadi Konten Kreator di Medsos   |   15:00 . Menjelang Nataru, Harga Daging Ayam di Bojonegoro Naik   |   14:00 . Grafik Harga Emas UBS Hari ini Terpantau Naik   |   12:00 . Pemkab Bojonegoro Ikuti Penilaian Evaluasi Program Menuju Smart City 2021   |   09:00 . Akhir Tahun, Ada 2.551 Janda Baru di Bojonegoro   |  
Wed, 08 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Lebih Baik Mana, Buang Air Kecil Sebelum atau Usai Berhubungan?

blokbojonegoro.com | Saturday, 30 November 2019 07:00

Lebih Baik Mana, Buang Air Kecil Sebelum atau Usai Berhubungan?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Sebagian orang yang percaya, bahwa setelah berhubungan seks, Anda perlu segera buang air kecil. Namun sebagian lain sebaliknya, meyakini buang air kecil sebaiknya dilakukan sebelum. Lantas, mana yang benar?

Ketahuilah Moms, Pentingnya buang air kecil sebelum atau sesudah berhubungan seks sebenarnya sama-sama dikaitkan dengan risiko infeksi saluran kemih (ISK) yang terjadi karena bakteri asing masuk ke uretra dan memindahkan saluran kemih ke kandung kemih dan atau ginjal.

Dilansir Women's Health, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 dari Washington University School of Medicine di St. Louis, Amerika Serikat menjelasakan bahwa saat berhubungan seks dan suami melakukan penetrasi, maka ada potensi penis mendorong bakteri ke dalam uretra. 

Misalnya saja bakteri Gardnerella Vaginalis, yaitu sejenis bakteri yang  dapat menyebabkan ISK berulang pada wanita saat masa produktif. Itu sebabnya, berkemih sebelum melakukan hubungan seks dianggap dapat 'mencuci' saluran kencing atau membersihkan bakteri.

Dengan begitu, saat suami melakukan penetrasi, sudah tidak ada lagi bakteri yang dapat terdorong masuk oleh penis hingga mencapai kandung kemih, berkembang biak, dan menyebabkan ISK, Moms.

Meski begitu, Sarah Horvarth, M.D., seorang ginekolog di Philadelphia, berpendapat bahwa tidak ada bukti medis yang cukup kuat untuk mengharuskan Anda melakukan hal itu. Menurutnya, keputusan untuk buang air kecil setelah berhubungan intim ataupun sebelumnya tidak perlu terlalu dipusingkan kecuali Anda memang berisiko tinggi terhadap ISK.

Hovart justru menekankan Anda untuk menerapkan gaya hidup sehat secara keseluruhan untuk menangkal risiko ISK. Misalnya menjaga kebersihan diri (termasuk dalam urusan berhubungan seks; begitu juga dengan pasangan Anda), sering mencuci tangan, memakai kondom saat seks, menjaga asupan cairan tubuh, dan menghindari kebiasaan menahan buang air kecil. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan organ intim, termasuk juga untuk pasangan Anda.

Sejalan dengan Hovart, Mary Jane Minkin, M.D., seorang profesor klinis kebidanan, ginekologi, dan ilmu reproduksi di Yale University, Amerika Serikat pun sependapat dengan hal itu.

"Meskipun saya selalu mendorong pasien saya untuk buang air kecil sebelum dan sesudah berhubungan seks, sebenarnya tidak ada data ilmiah untuk mendukung kebiasaan tersebut," katanya kepada Women's Health. "Jadi pastikan saja Anda tetap terhidrasi dengan baik, dan sering buang air kecil sepanjang hari."

Jadi, setelah berhubungan seks, Anda tidak perlu buru-buru untuk ke kamar kecil. Horvath memastikan, pergilah ke toilet saat Anda merasakan kebutuhan atau ingin buang air kecil saja. Intinya, jika rasa ingin berkemih datang, jangan ditahan ya, Moms. Menahan urine justru meningkatkan peluang Anda terinfeksi ISK.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 06 December 2021 12:00

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi Gunung Semeru atau dikenal dengan Mahameru, yang ada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dilaporkan meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more