18:00 . Saksi: Tadi Saya Sudah Berteriak   |   17:00 . Perlintasan Kereta Tanpa Palang Pintu di Balen Memakan Korban Jiwa   |   16:00 . Besok, Semua Operator Sekolah Ikuti Diklat Online   |   15:00 . Sutikno: Pembatalan Kebarangkatan Jamaah Haji Adalah Langkah Tepat   |   14:00 . Kepala SMA/SMK yang Ikut Hadir Pelantikan di Surabaya di Rapid Test   |   13:00 . Jamaah Haji Batal Berangkat, Petugas Haji Dibubarkan   |   12:00 . Pemohon SIM Ramai, Jasa Anti Gores Kebanjiran Rejeki   |   11:00 . Pasca Lebaran, Pemohon SIM Membludak   |   10:00 . AKP Iwan Hari Gantikan AKP Rifaldhy Sebagai Kasat Reskrim Polres Bojonegoro   |   09:00 . Pelaku Wisata di Bojonegoro Siap Sambut New Normal   |   08:00 . Serbu....! Hanya 3 Hari Total Sport Ada Diskon Besar-Besaran   |   06:00 . Terus Melaju, Jalan Rigid Beton Mulai Digarap   |   22:00 . Wujudkan Layanan Cepat, 12 Instansi Taken MoU   |   21:00 . Kapolda Jatim Kunjungi Kampung Tangguh Covid-19 Bojonegoro   |   20:00 . BLT DD Tahap Kedua di Bojonegoro Mulai Cair   |  
Wed, 03 June 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 06 January 2020 07:00

Normalkah Bayi Sudah Bisa Berjalan Sebelum Merangkak?

Normalkah Bayi Sudah Bisa Berjalan Sebelum Merangkak?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Merangkak merupakan salah satu tonggak penting dalam perkembangan bayi. Sebab koordinasi antara tangan dan kaki yang digunakan saat merangkak, melatih ia persiapkan otot dan syaraf pada tahap perkembangan lainnya, Moms. Tak cuma itu, merangkak juga membantu perkembangan otaknya, lho.

Biasanya, fase tersebut dimulai saat si kecil berusia antara 7 dan 10 bulan. Namun rupanya, tak semua bayi melalui fase ini. Ada bayi dalam kondisi tertentu tidak merangkak, malah bisa langsung berjalan.

Normalkah kondisi tersebut?

Jangan buru-buru panik dulu, Moms. Dokter spesialis anak, dr. Farabi el fouz Arafiq. SpA, MKes, mengatakan bayi yang berjalan tanpa proses merangkak itu tidak masalah. Menurutnya, itu masih bisa dikategorikan wajar selama bayi menunjukkan kemajuan anggota geraknya.

"Misalnya dia bisa berdiri dan berjalan, itu tidak ada masalah. Yang masalah adalah bayi tidak merangkak, berdiri, dan berjalan. Nah, itu yang harus dikhawatirkan karena tidak ada kemajuan terhadap anggota gerak besarnya," kata dr. Farabi saat dihubungi kumparanMOM.

Lantas mengapa ya, hal tersebut bisa terjadi?

Dokter yang praktek di RSU Bunda Margonda, Depok ini mengatakan, ada banyak hal alasan bayi bisa langsung berjalan tanpa merangkak. Seperti kurangnya latihan merangkak yang didorong orang tua, atau bisa jadi, karena bayi tersebut memiliki otot yang cukup baik sehingga pergerakannya cukup kuat untuk mampu berdiri sendiri.

Yang perlu dipahami orang tua, lanjut dr. Farabi, setiap bayi memiliki kondisi yang berbeda-beda, Moms.
"Semua itu tergantung pada kondisi bayi masing-masing. Lalu soal penyebab mengapa bayi bisa berdiri dan berjalan dengan sendirinya tanpa merangkak, itu sangat subjektif (tergantung pada bayi)," tutupnya.

Dalam kesempatan lain, Annelia Sari Sani, psikolog dari Petak Pintar Center for Learning Problems dan Klinik Psikologi RSAB Harapan Kita Jakarta kepada kumparanMOM mengungkap, mekanisme apa pun yang digunakan bayi ketika bergerak maka memungkinkan ia mengembangkan koordinasi dan keseimbangan. Misalnya, dengan cara berguling, merayap, meluncur dan menyeret perut.

Yang terpenting, selama berada dalam pantauan dokter anak maupun bidan, maka Anda tak perlu khawatir, Moms.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat