18:00 . PTSL 2020, Kabupaten Bojonegoro Tempati Urutan ke-2 Se-Jatim   |   12:00 . Jelang Idul Adha, Harga Telur Ayam Turun   |   11:00 . Polres dan Dishub Bojonegoro Siapkan Grid Bagi Pengendara Motor   |   10:00 . Intip Kuliner Khas Arab di Teras Alfaros   |   09:00 . Tingkatkan Pembangunan Desa, DPMD Bersama P3MD Fasilitasi Penyusunan RKPDes   |   08:00 . 16 Pot Bunga di Kota Dirusak Orang   |   07:00 . Kesalahan Pakai Masker yang Amat Berbahaya Tapi Sering Dilakukan Keluarga   |   21:00 . Sehari, 16 Orang di Bojonegoro Terkonfirmasi Positif Covid 19   |   20:00 . Sumur Bor di Margomulyo Keluar Gas, Gegerkan Warga   |   15:00 . Ada Penyaluran Beras Bansos ke KPM, ini Tanggapan Bulog   |   14:00 . Rapid Test Gratis Masyarakat Bojonegoro Didominasi Pekerja   |   13:00 . Pemohon Akta Kematian Rata-rata 20-25 Orang Per Hari   |   12:00 . Petani di Mulyorejo ini Mengadukan Nasib Tanam Tembakau   |   11:00 . Baksos Wujud Kejari Bojonegoro Hadir Bantu Kepedulian Sesama   |   10:00 . Pastikan KBM Tetap Berjalan, Guru Tetap Beri Tugas ke Siswa   |  
Thu, 16 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 10 February 2020 10:00

Usaha Ternak Kelinci yang Menggiurkan

Usaha Ternak Kelinci yang Menggiurkan

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Beternak kelinci merupakan salah satu usaha yang bisa dibilang menjanjikan, karena memiliki peluang keuntungan yang besar, jika ditekuni secara serius.

Seperi yang dilakukan Agus Jefri (34), peternak kelinci dari Desa Karangmangu Kecamtan Ngambon, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur ini.

Ada 400 ekor kelinci pedaging yang saat ini dipelihara laki-laki 34 dipelihara Agus, jenisnya pun bermacam-macam.

"Saya punya jenis newzealand white dengan ciri bulu putih dan mata merah. Ada juga hycooll dengan ciri tubuh panjang dang bokong bulat, ada rex bulu putih bercorak hitam, hyla bulunya putih dan ada corak hitam kecoklatan di bagian hidungnya, flemish giant dengan ciri postur yang panjang dan berat dua kalilipat dari kelinci umumnya yang berbobot 8 hingga 10 kg," terang jefri.

Menurutnya untuk perawatan kelinci sebenarnya tidak sulit, cukup dengan membersihkan kandang minimal sehari sekali dan penyemprotan antiseptik pada kandang 2 kali sehari.

Sedangkan untuk pakan diberi dua kali satu hari yaitu pagi dan sore.

"Pakan cukup menggunakan pelet khusus kelinci dan rerumputan seperti kangkung," tambah Agus.

Setiap bulan Agus bisa menjual 50-an ekor kelinci, dengan harga yang menggiyurkan kisaran Rp250 hingga Rp500 ribu per ekor. Bahkan untuk jenis flemish giant bisa dijual Rp1 juta hingga Rp2 juta perekor.

"Saya gak takut kalau gak laku, pembelinya banyak tidak hanya lokal Bojonegoro, tapi dari Batu, Malang, Rembang dan Yogyakarta," ungkapnya kepada blokBojonegoro.com.

Selain itu, untuk kotoran kelinci, Agus memanfaatkannya untuk pupuk, seperti air kencing kelinci diambil pelanggan dari Kabupaten Nganjuk untuk dibuat menyemprot bawang. [her/mu]

Tag : ternak, kelinci, usaha


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 12 July 2020 14:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya!

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya! Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat