10:00 . Pasien Sembuh Nasional Sudah Mencapai Angka 325.793 Orang   |   09:00 . Disbudpar Persilahkan Masyarakat Berlibur ke Wisata   |   08:00 . Ayo Wisata dengan Tetap Patuh Prokes   |   07:00 . 6 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mengencani Pria yang Lebih Muda   |   06:00 . Melirik Potensi dan Inovasi Desa Pilanggede   |   05:00 . 2 Sembuh, Positif Covid-19 di Bojonegoro Tambah 5 Orang   |   00:00 . Sambut Maulid Nabi, Polres Gelar Santunan dan Ajak Anak Bermasker   |   23:00 . Ada yang Berbeda, Apel Kebangsaan Sumpah Pemuda di Atas Angin   |   22:00 . Mengenal Lebih Dekat Kampus Unugiri   |   21:00 . Damkar Evakuasi Sarang Tawon di Desa Suwaloh   |   20:00 . Pemkab Ajak Perguruan Tingi Kesehatan Ikut Membangun Bojonegoro   |   19:00 . Patuhi Prokes Ketat, STIKes Rajekwesi Bojonegoro Gelar Wisuda   |   18:30 . Jangan Lupa saat Ingin Berwisata   |   18:00 . Hari Sumpah Pemuda Berbagi Masker   |   17:00 . Mahasiswa Ners STIKes ICSsada Bojonegoro Launching Posyandu Remaja   |  
Thu, 29 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 10 June 2020 12:00

Febiana Alumni SMKN 5 Bojonegoro

Tekad Kuat, Anak Desa Lolos Beasiswa Universitas Pertamina

Tekad Kuat, Anak Desa Lolos Beasiswa Universitas Pertamina

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Tekad yang kuat dengan diimbangi usaha dan ketekunan tentu akan berbuah manis.

Saat ini pendidikan tinggi yang membutuhkan biaya tidak sedikit, ternyata bisa juga diraih oleh pemuda-pemudi asal desa. Tentu dengan ketelatenan, usaha keras dan rajin belajar.

Seperti Febiana Anggraeni, dara 20 tahun alumni SMK Negeri 5 Bojonegoro, perjuangannya untuk terus bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi patut diacungi jempol, dan sangat menginspirasi.

Dara yang bercita-cita bisa bekerja di dunia perminyakan ini berhasil mendapatkan beasiswa full Strata 1 (S1) di Universitas Pertamina Jakarta.

Febiana Anggraeni, atau akrab disapa Febi, kelahiran Bojonegoro 20 Februari tahun 2000, saat ini menjadi mahasiswa semester V, jurusan Manajemen di Universitas Pertamina, ia diterima beasiswa pada tahun 2018.

Untuk meraih beasiswa tersebut, putri dari pasangan Djamaluddin dan Warsiti ini ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu banyak usaha yang ia lakukan, bermula dari keinginannya bisa kuliah di jurusan teknik perminyakan.

Kemudian Febi berusaha menelusuri sumber dari internet terkait kampus, jurusan, hingga biaya kuliah. Kemudian karena terkendala biaya yang tak sedikit untuk jurusan yang menjadi idamannya yaitu di bidang industri perminyakan. Ia pun tak berhenti berusaha, ia terus mencari referensi terkait informasi beasiswa sarjana untuk mahasiswa kurang mampu.

"Awalnya saya ingin masuk di jurusan teknik perminyakan, tetapi terkendala biaya SPP 10 juta per semester, ditambah lagi SPI gelombang dua sekitar 20 juta rupiah. Dari situ saya berfikir kembali, bagaimana caranya untuk tetap bisa meneruskan impian menjadi sarjana namun dengan biaya yang cukup ringan," ungkap Alumni SMK Migas (SMKN 5) Bojonegoro ini.

Tak menghentikan tekad Febi untuk mengenyam pendidikan sarjana di kampus impian Universitas Pertamina. Febi pun memberanikan diri mengikuti seleksi beasiswa.

Berbagai persyaratan ia siapkan, sebab untuk lolos pada kuota beasiswa sarjana penuh di Universitas Pertamina dibutuhkan nilai semester 1 hingga V ketika di bangku SMA minimal 8.00, serta nilai total tes beasiswa minimal 8.00.

"Persyaratan untuk beasiswa telah saya persiapkan saat itu, karena dari awal niatan saya memang melanjutkan pendidikan sarjana di universitas impian," imbuh Febi yang juga berprestasi di kampusnya saat ini.

Selain usaha tentu doa orang tua juga sangat membantunya bisa lolos beasiswa. Menurut gadis penyuka makanan pecel lele ini, saat pengumuman lolos beasiswa, ia kaget karena saat itu hasil seleksi diumumkan pukul 03.00 Wib pagi.

"Itu pas ibu saya selesai solat tahajud nangis terharu sambil sujud syukur," cerita Febi mengenang momen haru saat itu.

Menjadi mahasiswa tentu ada banyak hal baru yang dirasakan, kata Febi, salah satunya memiliki teman baru yang datang dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Selain itu, Febi menceritakan, mayoritas teman di kampusnya beda agama, dari situ ia belajar banyak hal mulai dari perbedaan dan hingga ia tahu cerita kehidupan teman-temannya.

"Dari banyak bercerita dengan teman-teman akhirnya saya tahu bahwa kita harus saling menghormati baik perbedaan agama, suku dan lainnya," jelasnya.

Gadis asal Desa Sumberejo Kecamatan Trucuk ini ternyata tak hanya berhasil lolos beasiswa saja, tapi juga berprestasi di kampusnya saat ini yaitu Universitas Pertamina Jakarta.

Saat di Universitas Pertamina, ia bersama kelompoknya pernah ikut lomba bisnis ke Negara Singapura dan dapat penghargaan kategori the best poster, selain itu juga dapat juara 3 lomba sosialpreneur di Universitas Katolik Atmajaya Jakarta.

Setelah lulus nanti, Febi ingin bekerja di Pertamina, dan ia juga punya keinginan untuk lanjut pendidikan ke Pascasarjana (S2) ke luar negeri. "Semoga semua dimudahkan oleh Allah dan berkah," ungkapnya.

Menurut Febi, pemuda-pemudi Bojonegoro bisa bersaing dimana saja, tak perlu minder karena anak desa. Harus tetap semangat mengejar mimpi setinggi-tingginya, apalagi dalam pendidikan, apapun keadaannya jangan pantang menyerah. 

"Apapun keadaan kita, tetapi jika punya tekad yang kuat pasti akan tercapai. Usaha diiringi doa dan restu kedua orang tua pasti akan tercapai impian kita," kata alumni SMK Negeri 5 Bojonegoro. [liz/mu]

Tag : Febiana, universitas Pertamina, beasiswa, mahasiswa, kampus, universitas, beasiswa 2020


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat