Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

#TokohBojonegoro (2)

Letjen H. Soedirman Pahlawan Nasional Namanya Diabadikan Menjadi Stadion

blokbojonegoro.com | Saturday, 13 June 2020 12:00

Letjen H. Soedirman Pahlawan Nasional Namanya Diabadikan Menjadi Stadion

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Bagi masyarakat Kabupaten Bojonegoro, khususnya pecinta sepak bola pasti sudah tidak asing dengan nama stadion kebanggaan di Kota Migas, yakni Stadion Letjen H. Soedirman.

Di balik nama stadion tersebut, adalah salah satu tokoh di Kabupaten Bojonegoro, yang merupakan pahlawan nasional dan tokoh dalam Brigade I Ronggolawe (1948-1952). H.Soedirman adalah sosok berbeda dengan Jenderal Besar Raden Soedirman yang merupakan Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

[Baca juga: Abdoel Gaffar Pringgodigdo, Menjabat Sesneg Pasca Kemerdekaan RI ]

Pahlawan Nasional asli Kabupaten Bojonegoro ini, lahir di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu tahun 1913. Pada masa Agresi Militer Belanda II, H. Soedirman menjadi Komadan Brigade I Ronggolawe mulai 25 Oktober 1948 yang bertanggungjawab di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Tuban dan Lamongan.

Tanggal 18 Desember 1948, angkatan perang Belanda menggunakan "Mariniers Brigade", mendarat di pantai Glondong, Tuban. Demi menjaga kedaulatan wilayah dan mempertahakan kemerdekaan, prajurit Brigade Ronggolawe melakukan perlawanan gigih di wilayah Jatirogo. Selanjutnya, tanggal 29 Desember 1949, Brigade Ronggolawe ditetapkan sebagai Brigade I Divisi I Jawa Timur, berdasarkan perintah harian Panglima Divisi.

Pada tanggal 1 Mei 1952, nama organisasi Brigade I Ronggolawe diganti menjadi Resimen Infanteri 17 berdasarkan Skep Panglima Tentara dan Teritorium V/Brawijaya. Wilayahnya meliputi Karesidenan Surabaya, Bojonegoro dan Madura dengan markas di Jalan Thamrin No. 66 Surabaya di bawah Komandan Letkol Inf H. Soedirman. Beliau, ditunjuk sebagai Panglima Teritorium V/Brawijaya pada 22 Desember 1952.

Ayah dari mantan Gubernur Jawa Timur 1993-1998, Mayor Jenderal TNI (Purn.) Moch. Basofi Sudirman ini wafat di usia 80 pada tahun 1993.

Data diri:
Nama: Letnan Jenderal TNI (Purn.) H. Soedirman
Tempat, Tanggal Lahir: Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro 1913
Istri: Ny. Masrikah binti Syakur
Anak: Mayjen TNI (Purn.) Basofi Sudirman

Jabatan:
Komandan Brigade I Ronggolawe (1948-1952)
Komandan Resimen Infanteri-17 (1952-1953)
Panglima Teritorium V/Brawijaya (1952-1956)
Komandan Seskoad (1962-1966)

Tag : stadion, letjen, H. Soedirman, Bojonegoro, Sejarah, Pahlawan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini