16:00 . BPBD Rutin Lakukan Penyemprotan Disinfektan   |   15:00 . Penyesuaian Tatanan Baru, Jam Kunjung Perpusda Dikurangi   |   13:00 . Pedagang Sayur di Pasar, Patuh Protokol Kesehatan   |   12:00 . Update Terbaru Perkembangan Covid di Indonesia   |   11:00 . Momentum Sumpah Pemuda, Satlantas Gandeng FKOB Bagikan Masker   |   10:00 . Hujan Deras, Sejumlah Wilayah Bojonegoro Banjir   |   09:00 . Sempat Merugi Puluhan Juta dan Berhenti Produksi Saat Awal Pandemi Covid-19   |   08:00 . Hari Ke-3 Pencarian, Orang Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan di Balen   |   07:00 . Jangan Remehkan Manfaat Menulis Jurnal   |   06:00 . 2 Pasien Sembuh, 5 Positif Covid-19 di Bojonegoro   |   05:00 . Razia Pelanggar, Tetap Ingatkan Masyarakat Patuhi Prokes Covid-19   |   04:00 . Satgas Covid-19: Tingkat Kesembuhan Pasien di Indonesia Terus Meningkat   |   23:00 . Jatim Bebas Merah, Bojonegoro Zona Risiko Rendah   |   22:00 . Kemenag isi Kekosongan Jabatan dan Merotasi Kepala KUA   |   21:00 . Libur Panjang Saat Pandemi, Kapolres Himbau Liburan Sehat di Rumah Saja   |  
Wed, 28 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 08 July 2020 17:00

Kemenag Jadwalkan Rukyatul Hilal 21 Juli, Guna Tentukan 1 Zulhijjah 1441 H

Kemenag Jadwalkan Rukyatul Hilal 21 Juli, Guna Tentukan 1 Zulhijjah 1441 H

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Kementerian Agama (Kemenag) Bojonegoro, bakal menggelar rukyatul hilal guna penentuan awal Zulhijjah, yang akan dilaksanakan, Selasa (21/7/ 2020) mendatang dibukit Wonocolo Kecamatan Kedewan. Hasil rukyatul hilal itu, sebagai acuan untuk akan ditetapkan tanggal 10 Zulhijjah atau hari raya Idul Adha 2020 atau 1441 Hijriyah dilaksanakan.

"Pelaksanaan Rukyatul hilal tetap akan dilaksanakan di Bukit Wonocolo pada tanggal 21 Juli 2020 nanti," kata Kasi Penyelenggara Syariah, Kemenag Bojonegoro, Nur Alam.

Nur Alam Alam mengungkapkan pada pelaksanaan rukyatul hilal penentuan awal zulhijjah, pernah ada 3 tempat yang jadi pemantauan hilal atau pelaksanaan rukyatul yakni di bukit atas angin kecamatan Sekar, Lantai atas gedung Pemkab Bojonegoro dan Bukit Wonocolo Kecamatan Kedewan.

Lanjut Nur Alam, namun dari 3 tempat itu, hanya bukit wonocolo yang akhirnya dijadikan tempat pelaksanaan rukyatul hilal karena bukit wonocolo berada diketinggian 300 Mpdl. Sedangkan, lantai atas Pemkab Bojonegoro dan bukit Atas Angin di Kecamatan Sekar saat dilakukan pemantauan hilal kurang efektif dan selalu tidak terlihat.

Saat disinggung apakah nantinya, pelaksanaan  hari idul adha akan jatuh bersamaan? Nur Alam mengatakan pelaksanaan hari raya idul adha atau tanggal 10 Zulhijjah tahun ini diprediksi akan jatuh bersamaan yakni pada tanggal 31 Juli 2020 mendatang.

Pria asal Kabupaten Tuban mengungkapkan berdasarkan hisab dan saat pelaksanaan rukyatul hilal nanti, diprediksi hilal sudah berada pada posisi 7 derajat, sehingga dengan kondisi itu, bisa dihitung bahwa tanggal 10 Zulhijjah akan jatuh pada hari Jumat, 31 Juli mendatang.

"Nantinya, hasil pelaksanaan rukyatul hilal akan dilaporkan ke pusat untuk dijadikan bahan sidang isbat," ucapnya.

Adapun, proses sidang isbat nantinya akan diawali pembahasan hasil hisab dan laporan rukyatul hilal sebelum menentukan 1 Zulhijjah. Pada Sidang itu, nantinya akan melibatkan Tim Falakiyah Kementerian Agama, perwakilan ormas, dan undangan lainnya sebagaimana penentuan bulan Ramadan dan Syawal.

"Dari sidang isbat itulah, nantinya, akan diketahui tepatnya hari Idul Adha 2020 atau 1441 H," pungkasnya.[saf/ito]

Tag : kemenag, bojonegoro, rukyatul, hilal, idul, adha


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat