16:00 . BPBD Rutin Lakukan Penyemprotan Disinfektan   |   15:00 . Penyesuaian Tatanan Baru, Jam Kunjung Perpusda Dikurangi   |   13:00 . Pedagang Sayur di Pasar, Patuh Protokol Kesehatan   |   12:00 . Update Terbaru Perkembangan Covid di Indonesia   |   11:00 . Momentum Sumpah Pemuda, Satlantas Gandeng FKOB Bagikan Masker   |   10:00 . Hujan Deras, Sejumlah Wilayah Bojonegoro Banjir   |   09:00 . Sempat Merugi Puluhan Juta dan Berhenti Produksi Saat Awal Pandemi Covid-19   |   08:00 . Hari Ke-3 Pencarian, Orang Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan di Balen   |   07:00 . Jangan Remehkan Manfaat Menulis Jurnal   |   06:00 . 2 Pasien Sembuh, 5 Positif Covid-19 di Bojonegoro   |   05:00 . Razia Pelanggar, Tetap Ingatkan Masyarakat Patuhi Prokes Covid-19   |   04:00 . Satgas Covid-19: Tingkat Kesembuhan Pasien di Indonesia Terus Meningkat   |   23:00 . Jatim Bebas Merah, Bojonegoro Zona Risiko Rendah   |   22:00 . Kemenag isi Kekosongan Jabatan dan Merotasi Kepala KUA   |   21:00 . Libur Panjang Saat Pandemi, Kapolres Himbau Liburan Sehat di Rumah Saja   |  
Wed, 28 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 03 August 2020 12:00

Petani di Semambung Ikuti Sarasehan dan Penyemprotan Massal

Petani di Semambung Ikuti Sarasehan dan Penyemprotan Massal

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - PT Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia, bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro menggelar penyemprotan massal pupuk organik cair Phonska Oca yang mengandung unsur hara NPK pada lahan budidaya padi di Desa Semambung, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Senin (3/8/2020).

Penyemprotan yang dirangkai dengan Sarasehan Petani tersebut juga melibatkan para petani dan PPL Kecamatan Kanor.

SPDP Petrokimia Gresik wilayah Bojonegoro Ngawi Magetan, Endi Susilo megatakan bahwa, kegiatan ini merupakan upaya perusahaan untuk memperkuat sektor produksi pertanian dalam negeri di tengah wabah Covid-19.

"Masa Pandemi Covid-19 produksi pertanian harus berjalan bahkan harus semakin digenjot. Sektor pertanian merupakan tonggak utama pengaman masyarakat," ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa intensifikasi pertanian menjadi salah satu strategi untuk menggenjot produktivitas tanaman pangan di tengah ancaman krisis pangan. Sementara penggunaan pupuk Phonska Oca, lanjut Endi Susilo, merupakan upaya Petrokimia Gresik untuk mewujudkan pertanian berkelanjutan melalui peningkatan produktivitas tanaman sekaligus perbaikan kondisi tanah.

Hal ini sangat penting, mengingat berdasarkan data Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) tahun 2018, setidaknya 70 persen dari 8 juta hektare lahan sawah di Indonesia kurang sehat. Artinya, sekitar 5 juta hektare lahan sawah memiliki kandungan bahan organik yang rendah.

Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan pupuk anorganik dan pestisida yang berlebihan dalam jangka panjang yang menyebabkan kandungan bahan organik dalam tanah terdekomposisi dan semakin sedikit.

“Kami ingin lebih dekat dan belajar kepada petani yang ada di Bojonegoro dengan bersinergi dengan semua stakeholder pertanian, kita dapat tumbuh berkembang dan berperan aktif untuk mendukung program - program pemerintah," terangnya.

Dengan demikian, Phonska Oca dapat menjadi solusi praktis bagi petani. Dimana kandungan pupuk majemuk berfungsi untuk meningkatkan produktivitas tanaman dan pupuk organik dapat memperbaiki kandungan hara pada tanah.

Phonska Oca juga telah melewati uji laboratorium di lembaga penelitian dan uji coba aplikasi diberbagai daerah. Selain tanaman padi, Phonska Oca juga dapat digunakan pada tanaman hortikultura.

“Berdasarkan hasil uji coba di berbagai daerah, Phonska Oca terbukti mampu mendongkrak produktivitas tanaman hortikultura hingga 61 persen,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro Helmy Elisabet megatakan, pehaknya mendukung Petrokimia Gresik dalam sarasehan petani dan penyemprotan massal menggunakan pupuk organik cair Ponska Oca di Desa Semambung Kanor.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro juga mempunyai program penunjang pertanian yakni Program Kartu Petani Mandiri yang sudah terealisasi di Bojonegoro. Masyarakat Bojonegoro diminta memaksimalkan program KPM tersebut.

"Kami harap ini bisa bermanfaat kepada masyarakat Bojonegoro, khususnya bagi para petani di Bojonegoro," tungkasnya.[din/ito]

Tag : Petrokimia, gresik, Bojonegoro, petani, semambung, kanor


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat