18:00 . Hujan Deras Sebabkan Pohon Tumbang di Tiga Titik   |   17:00 . Libur Hari Raya Nyepi, KAI Daop 8 Berangkatkan 40 KA Jarak Jauh   |   16:00 . Karya Desainer Lokal Bojonegoro Tampil di Jogja Fashion Parade 2023   |   15:00 . Kemarau Diprediksi Lebih Awal, BPBD Bojonegoro Siapkan 400 Tangki Air Bersih   |   14:00 . Pemkab Bojonegoro Siapkan Beragam Program Lewat KPOB   |   13:00 . Sambut Ramadan, IPSNU Pagar Nusa di Kepohbaru Gelar Donor Darah   |   18:00 . Bupati Silaturahim dengan Paguyuban Warga Bojonegoro di Bali   |   17:00 . PKP Cipta Karya Tangani Pohon Kering dan Mati   |   15:00 . Nikmati Weekend, Warga Antusias Berswafoto di Gedung Graha Buana   |   12:00 . JTB Siapkan Perencanaan Terbaik Jelang Fase Operasi   |   10:00 . Penggemar MPL ID? Ini Skor Minggu Ke-5 Sesi 11 dan Jadwal Pekan Ke-6   |   09:00 . Lapak UMKM di Rajekwesi Night Carnival Bagi Bibit Cabai Buat Pengunjung   |   08:00 . Selama Ramadan, Ada Ngabuburit di Pasar Wisata, Ingin Jual Takjil? Begini Cara Daftarnya   |   09:00 . Ingin Berswafoto? Besok Graha Buana Dibuka untuk Umum   |   07:00 . Jangan Cengeng! 7 Cara agar Tidak Mudah Menangis, Ternyata Ada Trik Khusus   |  
Mon, 20 March 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Panen Singkong Melimpah, Warga Dawe Buat Gaplek

blokbojonegoro.com | Saturday, 01 August 2020 14:00

Panen Singkong Melimpah, Warga Dawe Buat Gaplek

Reporter: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Panen singkong di Dusun Dawe Desa Bobol, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro melimpah.

Untuk mengawetkan hasil panen, warga membuat gaplek dari tanaman yang memiliki nama ilmiah Manihot utilissima tersebut.

Hal tersebut menjadi pilihan setelah sebagian hasil panen dijual.

Wanto, petani asal Dusun Dawe Desa Bobol menyebut, singkong ditanam dengan metode stek batang dan bisa dipanen di usia tanam empat sampai enam bulan. Singkong diawetkan dengan pengeringan dan dibuat menjadi gaplek.

Pengawetan dilakukan, sebagai cara untuk menyimpan singkong untuk kebutuhan bahan makan alternatif keluarga seperti nasi tiwul. 

"Singkong ditanam sebagai sumber makanan alternatif, dan bisa dijual sebagai sumber penghasilan tambahan," ujar Wanto saat ditemui blokBojonegoro.com, Sabtu (1/8/2020).

Menurut Wanto, singkong bisa jadi bahan untuk membuat tepung tapioka, petani sendiri menjual hasil panen singkong seharga Rp1.500 perkilogram.

Selain dijual singkong dijadikan gaplek, pembuatan gaplek dimaksudkan juga untuk memberi nilai tambah dari singkong. Perkilogram gaplek, bisa dijual Rp2.000.

"Warga membudidayakan singkong untuk berbagai kebutuhan. Tanam sendiri dilakukan terjadwal, dengan usia panen empat sampai enam bulan. Saya menanam singkong ketika awal mula musim penghujan," terang Sumarni petani lain.

Singkong hasil panen Sumarni, kerap dijual ke pengepul yang katanya akan dibuat untuk kebutuhan usaha kuliner, seperti pembuat keripik singkong, tape serta singkong goreng keju. 

Kendati demikian, Sumarni juga tetap melakukan pengawetan singkong hasil panen dengan membuat gaplek.

Proses pembuatan gaplek dilakukan dengan menjemur singkong yang sudah dikupas. Singkong kupas yang kering biasa disebut dengan gaplek, bisa diolah menjadi makanan dengan proses perendaman.

Gaplek yang sudah direndam dan dikukus, lalu dijemur hingga menjadi butiran beras singkong yang bisa disimpan dalam waktu lama dan apabila diolah disebut dengan nasi tiwul. [her/mu]

Tag : Panen, singkong, panen singkong



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 06 March 2023 14:00

    BAZNAS Bojonegoro Luncurkan Program ZChicken

    BAZNAS Bojonegoro Luncurkan Program ZChicken Senin (06/03/23) Badan Ambil Zakat Nasional BAZNAS Bojonegoro menyalurkan program ZChicken yang dilaksanakan di Bakorwil Bojonegoro. Acara peluncuran program ini dihadiri oleh Perwakilan Bupati Bojonegoro Moch Chosim, Wakil Ketua BAZNAS...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more