15:00 . Anggota Panwaslu Tingkat Kecamatan di Bojonegoro Resmi Dilantik   |   14:00 . Sah! Sukirno Nakhodai Elang Bengawan Rescue Bojonegoro Masa Bhakti 2024-2026   |   13:00 . Matsagabo Gelar Haflah Akhirussanah dan Wisuda Purna Siswa ke-29   |   08:00 . Pilkada Bojonegoro 2024: Gerindra Jatim Tunjuk Sahudi sebagai Wakil Anna Muawanah   |   16:00 . Hendak Jumatan, Seorang Jamaah Haji Asal Bojonegoro Wafat di Masjidil Haram   |   09:00 . WR III Unugiri Tekankan Hal Ini Saat Acara Pekan Prestasi Mahasiswa   |   20:00 . Maju Pilbub Bojonegoro 2024, Segini Dana yang Perlu Disiapkan   |   19:00 . EMCL dan GP Ansor Sinergi Bangun Infrastruktur Desa   |   18:00 . Silon Dibuka Kembali, Bapaslon Nurul-Nafik Yakin Berkas Dukungan Melebihi Persyaratan   |   17:00 . Dua Putri Unugiri Juara 1 Lomba Puisi Tingkat Nasional   |   12:00 . Pertumbuhan Kredit 2024 Diproyeksikan Mencapai Batas Atas 10 Sampai 12%   |   11:00 . MI Islamiyah Kepoh Gelar PERBUMIS   |   10:00 . Tingkatkan Kualitas SDM Bidang Pariwisata, Pemkab Bojonegoro Gelar Uji Kompetensi Tour Management   |   09:00 . Inilah Ketentuan Iuran Sistem KRIS Pengganti Kelas BPJS Kesehatan 2024   |   08:00 . Legalitas NIB Hingga Sertifikasi Halal Permudah UMKM Lebarkan Sayap   |  
Sun, 26 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Melihat Budidaya Madu Lebah di Hutan Kahyangan Api

blokbojonegoro.com | Tuesday, 28 July 2020 20:00

Melihat Budidaya Madu Lebah di Hutan Kahyangan Api

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Hutan Kahyangan Api di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro terkenal sebagai obyek wisata sumber api abadi yang tak kunjung padam. Rupanya, selain itu, hutan Kahyangan Api juga berpotensi sebagai tempat ternak lebah yang menghasilkan madu.

Di salah satu sudut lahan hutan Kahyangan Api tampak berjejer ratusan kotak terbuat dari kayu berukuran 40x25 cm dengan tinggi sekitar 30 cm. Kotak-kotak itu berjumlah sekitar 380 boks.

Rupanya kotak-kotak itu milik salah satu pembudidaya madu lebah asal Desa Sumberarum, Kecamatan Dander. Yanto salah seorang karyawan pembudidaya mengatakan, dia bertugas mengontrol lebah madu setiap harinya untuk memastikan kotak-kotak lebah madu sudah bisa dipanen atau belum.

"Di kawasan hutan kahyangan api ini, paling cepat bisa di panen sekitar 3 minggu, karena di sini kami baru sekitar dua minggu kurang," jelasnya.

Lebah yang dibudidayakan di kawasan hutan kayangan api ini adalah jenis Lebah madu Apis mellifera.  Lebah madu Apis mellifera merupakan lebah budidaya paling unggul. Selain menghasilkan madu yang melimpah, lebah jenis ini juga sangat jinak (maksudnya tidak mudah menyerang/menyengat) dan relatif mudah pemeliharaannya.

"Madu yang dihasilkan dari jenis lebah ini sebenarnya bisa mencapai 60 kg/koloni/th, dengan catatan bahwa tanaman pakan lebah memadai dan manajemen koloninya dilakukan secara benar," lanjutnya.

Dia juga menambahkan, Jika sudah produksi madu dari lebah ini lancar, setiap kotak bisa menghasilkan sekitar 2 hingga 3 liter madu dalam setiap 2 minggu sekali.

Dirinya akan mencari lahan baru untuk berburu madu lebah jika kandungan tepung sari yang ada di tumbuhan sekitar hutan sudah mulai mengurang. Biasanya hal itu bisa diketahui dengan populasi lebah di sarang yang mulai mengurang. Lebah-lebah dalam boks itu akan pergi mencari tempat baru yang banyak mengandung tepung sari sebagai bahan penghasil madu.

"Bila lebah sudah mulai berkurang, saat itulah harus angkat kaki untuk mencari lokasi baru yang banyak mengandung sari bunga atau tepung sari," tutup yanto kepada tim media blokBojonegoro.com.[her/col]

Tag : Madu, budidaya, hutan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat