13:00 . Pembacokan Anak, Begini Kondisi Korban dan Pelaku di RSUD   |   07:00 . Ibu Hamil Harus Tahu, Kondisi Silent Killer Ini Bisa Sebabkan Komplikasi Kehamilan   |   19:00 . Liga Kacabdin Bojonegoro Wadahi Siswa Berkompetisi   |   18:00 . Halal Bi Halal, PAC ISNU Balen Mantapkan Program Kerja   |   14:00 . Libur Waisak, Harga Logam Mulia Antam Naik   |   12:00 . Masih Membludak Antre Tiket Bioskop Film KKN Desa Penari   |   11:00 . PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Kedewan Masa Bakti 2021-2023 Resmi Dilantik   |   10:00 . Pemkab Renovasi Jembatan Penghubung Kecamatan Temayang dan Sugihwaras   |   09:00 . 1 Siswa SMA di Bojonegoro Tak Lulus Ujian   |   08:00 . Bernostalgia Bareng Tamiya, Ini Tips dan Perawatannya   |   07:00 . Sering Berkeringat di Malam Hari Saat Tidur? Bisa Jadi Anda Mengalami 5 Kondisi Ini   |   18:00 . Ular Sanca Kembang Ditemukan di Pekarangan Warga Banjarsari   |   17:00 . Tak Terima Diejek, Anak 13 Tahun Bacok Teman Mainnya   |   15:00 . Bentor, Sarana Transportasi Alternatif Saat Terjebak Hujan di Terminal   |   09:00 . Apa itu Nasolabial Fold? Bagaimana Cara Mencegahnya?   |  
Tue, 17 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Warga Kalitidu Raup Untung dari Budidaya Madu Klanceng

blokbojonegoro.com | Saturday, 18 July 2020 14:00

Warga Kalitidu Raup Untung dari Budidaya Madu Klanceng

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Lebah atau tawon klanceng, dulu dianggap sebagai hama, namun kini mulai populer dibudidayakan oleh sebagian masyarakat. Tawon klanceng yang memiliki beberapa sebutan lain yakni trigona atau kelulut tergolong tidak memiliki sengat atau telah jinak.

Warga asal Desa/Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro Ardin tertarik untuk membudidayakan madu klanceng, setelah melihat khasiat madu lebah klanceng di internet

Berbekal keuletan, ketelatenan selama setahun menggeluti bisnis budidaya madu klanceng. Kini ia bisa meraup omzet puluhan juta per bulan. Selain itu, dirinya juga memiliki sekitar 3 lokasi budidaya madu klanceng, yakni di sekitar lahan Desa Kalitidu, Mojosari dan Desa Pungpungan, Kecamatan Kalitidu.

"Bisnis budidaya madu klanceng sendiri sudah setahun, dan Alhamdulillah sekarang ada 3 lokasi di Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro," ungkap Ardin.

Ia juga bercerita, untuk memulai bisnis budidaya madu klanceng sendiri tidaklah mudah. Masa panen pun tergantung musim bunga, cuaca dan kondisi lingkungan. Apabila musim kemarau masa panen akan lebih cepat dan banyak perolehan madu, dibanding ketika musim penghujan.

"Budidaya sebenarnya tergantung cuaca, kondisi dan lingkungan. Jika kemarau jauh lebih cepat dan banyak, untuk jangkauan 500 meter. Tetapi bila musim penghujan hanya terjangkau 300 meter," tutur Ardin.

Pria yang telah menggeluti budidaya madu klanceng sejak tahun 2019 ini juga menambahkan, madu klanceng yang ia geluti ini nama latinnya ada belasan. Namun yang lebih cepat menghasilkan madu ada tiga jenis, laeviceps, terminate dan itama sebab jauh lebih cepat untuk musim panennya.

Madu jenis itama ia memiliki 25 kotak budidaya, serta lebih dominan jenis laeviceps sebab budidaya telah menghasilkan 100 kotak.

Di balik lebarnya sayap usaha budidaya madu klanceng, nyatanya perjalanan ini tak semulus yang dipikirkan. Terlebih budidaya madu dari lebah ini berbeda dengan berternak, jika berternak mampu melakukan kalkulasi keuntungan dan lahan. Untuk budidaya madu lebah tidak bisa diprediksi.

"Nama latinnya ada belasan, hanya saja yang dominan ada tiga karena menguntungkan memang hingga 100 produksi kotak tawon. Namun budidaya ini berbeda dengan berternak, jika berternak kita mampu melakukan kalkulasi. Untuk budidaya tidak bisa diprediksi," jelas Pria asal Kalitidu ini.

Bagi anda yang ingin mencoba madu klanceng yang kaya akan manfaat, tidak perlu khawatir untuk merogoh kocek. Cukup Rp 75.000 anda bisa mendapatkan 100 mililiter madu klanceng trigona dengan varian rasa manis asam, serta
madu malivera bervarian manis, dan madu klanceng itama varian rasa manis, pahit bercampur asam.

"Madu klanceng ciri khasnya manis asam, terkadang bercampur pahit. Sebab dihasilkan dari getah pohon tidak hanya bunga, dan hampir sama seperti madu super," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : madu, klanceng, bojonegoro, kalitidu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat