10:00 . Selidiki Penyebab Kematian Remaja di Bojonegoro, Polisi Periksa 5 Saksi   |   08:00 . Hendak Konvoi, Ratusan Remaja di Bojonegoro Dihukum Dorong Motor   |   07:00 . Tersebar Diduga CCTV Detik-detik Remaja di Bojonegoro Dikejar 4 Motor Sebelum Meninggal   |   22:00 . Kisah Inspiratif Pembatik Gen Z Asal Temayang, Berdayakan Tetangga Melalui Usaha Rintisannya   |   21:00 . Ya Allah, Balita di Bojonegoro Meninggal Terlindas Truk   |   20:00 . Sebelum Dimakamkan, Jenazah Remaja yang Ditemukan Meninggal di Bojonegoro Diautopsi   |   19:00 . Kronologi Meninggalnya Remaja di Bojonegoro, Korban Dikejar dan Tabrak Pembatas Jalan, Polisi Terus Selidiki   |   18:00 . Setyo Wahono Adik Mensesneg Nyatakan Siap Maju Calon Bupati Bojonegoro   |   17:00 . Remaja di Bojonegoro Ditemukan Meninggal, Dikeroyok atau Kecelakaan?   |   16:00 . Bagaimana Pertanian Ekologis Ramah Lingkungan Mengubah Nasib Petani di Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Satu Keluarga Hasilkan Cuan dari Olahan Tanaman Sekitar Rumah, Bisnis Makin Berkembang Berkat KUR   |   14:00 . Kisah Milenial Asal Bojonegoro Gunakan Satu Aplikasi Untuk Segala Kebutuhan   |   13:00 . Bayar Uang Kuliah Hingga Beli Pulsa, Belanja Bisa Lewat Fitur BRImo   |   12:00 . Bukan Suami Istri, Penghuni Kos Nakal Pondok Pinang Diamankan Satpol PP   |   09:00 . Hendak Konvoi, Ratusan Remaja di Bojonegoro Diamankan Polisi   |  
Mon, 15 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pemuda ini Ubah Limbah Kayu Jadi Kreasi Unik

blokbojonegoro.com | Tuesday, 21 July 2020 08:00

Pemuda ini Ubah Limbah Kayu Jadi Kreasi Unik

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Banyak masyarakat yang memanfaatkan kayu atau limbah kayu untuk dijadikan furniture. Sebab dipercaya mampu menjadi hal yang dapat meningkatkan perekonomian.

Selain bahan utama furniture, nyatanya limbah kayu dapat pula dimanfaatkan untuk membuat kerajinan lainnya. Salah satu kerajinan yang memanfaatkan limbah kayu yakni paper  transfer / lebih dikenal dengan wood printing.

Seperti yang dilakukan oleh pemuda asal Dukuh Bendo Santren, Desa Bendo, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro. Berbekal pengalaman dan kemampuan yang dimilikinya ketika menimba ilmu agama di salah satu pondok pesantren, kini ia jalani usaha kreasi wood printing dari bahan dasar limbah kayu.

Pemuda pemilik nama lengkap, Febri Yusuf Wibisono ini bercerita, awal mula tertarik pada usaha kerajinan foto wood ini tak terduga. Sebab, fokusnya bukan hanya pada foto wood saja, namun pada pemanfaatan limbah industri kayu yang dikreasikan menjadi kaligrafi limbah.

Namun seiring berjalannya waktu, inovasi dan kreasi tentunya tetap menjadi modal utama berkarya. Terlebih mengikuti trend jaman sekarang di kalangan kawula muda.

"Awalnya lebih fokus pada pemanfaatan limbah kayu, yakni kaligrafi limbah. Namun namanya usaha pada bidang seni tentunya harus memiliki inovasi dan kreativitas. Akhirnya saya mencoba usaha foto wood, dan Alhamdulillah di kalangan kawula muda sukses," tutur pemuda asal Bendo Santren ini.

Meski baru berjalan setahun, usaha foto wood yang ia tekuni nyatanya menakjubkan. Dalam sebulan omzet bersih yang ia peroleh hingga jutaan rupiah.

"Omzet bersih per bulan terkadang Rp 4.000.000 hingga Rp 5.000.000," ungkapnya.

Di balik sebuah kesuksesan usaha pada bidang kreasi dan seni, tentu juga ada beberapa jalan terjal yang harus ia lalui. Yakni pada proses produksi hingga finishing yang membutuhkan waktu cukup panjang, untuk menghasilkan sebuah karya seni yang menakjubkan.

Untuk proses pengerjaan, dari awal memang yang utama papan kayu/limbah kayu. Selanjutnya perlu adanya editan foto sesuai permintaan pemesan, dan dicetak sesuai ukuran.

Selanjutnya pada proses finishing clear pernis glossy untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan tahan air.

"Untuk proses pengerjaan, sekitar 3 hingga 4 hari. Likunya cukup panjang dari proses awal hingga finishing, pemilihan kayu, edit foto hingga clear pernis glossy," ujarnya.

Bagi anda yang tertarik untuk memesan foto wood untuk hadiah wisuda maupun pernikahan tak usah khwatir. Anda cukup merogoh saku sebanyak Rp 20.000 hingga Rp 400.000, sesuai besar dan kecil ukuran. [liz/ito]

Tag : kreasi, limbah, kayu, bojonegoro, bendo, kapas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat