18:00 . Pasien Sembuh Harian di Indonesia Bertambah 4.545 Orang   |   17:00 . Hadiri Peluncuran Sifajargoro, Tamu Undangan Patuhi Prokes   |   16:00 . LaNyalla Apresiasi UMKM Kripik Singkong Bertahan Saat Pandemi   |   15:00 . Bantu Pembelajaran Siswa di Masa Pandemi, Disdik Luncurkan Sifajargoro   |   14:00 . Manjakan Lidah dengan Kuliner Tradisional Nuansa Jawa di Kampoeng 7   |   13:00 . BPA Bojonegoro Beri Informasi Asi Ekslusif Ibu-Ibu saat CFD   |   11:00 . RSUD Bojonegoro Dapat APD dari AMSI-EMCL   |   10:00 . Kembalikan Fungsi Trotoar, 29 Kursi Santai di Veteran Dipindahkan   |   09:00 . Bawa Balita, Denwatser Ikut Amankan Konfercab   |   08:00 . Tips Ibadah di Masjid Nyaman Saat Pandemi   |   07:00 . Mencium Bau Kentut Baik untuk Kesehatan   |   06:00 . 306 Pasien di Jatim Sembuh, 289 Kasus Baru   |   05:00 . 6 Orang di Bojonegoro Sembuh, Kasus Baru Tambah 4 Orang   |   23:00 . Festival Krecek Ala Fatayat NU Cengungklung Bojonegoro   |   22:00 . Tingkatkan Ketahanan Pangan Saat Pandemi, Disdik Himbau Sekolah untuk Konsumsi Pangan Lokal   |  
Mon, 26 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 25 September 2020 16:00

Kunjungi Desa Pejambon, Menteri Desa PDTT Resmikan Wisata Edukasi

Kunjungi Desa Pejambon, Menteri Desa PDTT Resmikan Wisata Edukasi

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDTT) Abdul Halim Iskandar tiba di Desa Pejambon, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jumat (25/9/2020) sekitar pukul 14.00 WIB.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Jawa Timur, M. Yasin, Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), camat dan perangkat desa se-Kecamatan Sumberrejo.

Datang di lokasi acara, Menteri Desa PDTT bersama Bupati Bojonegoro memberikan santunan kepada anak yatim, selanjutnya disambut tari selamat datang, yakni Tari Thengul.

Dalam sambutan, Kepala Desa Pejambon, Abdul Rokhman menyampaikan laporan akhir tim pelaksana kegiatan Program Pilot Inkubasi Inovasi Desa-Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL),yang mana merupakan program dari Kementerian Desa PDTT untuk meningkatkan kualitas kelembagaan ekonomi,kegiatan produksi dan jaringan pasar dari kegiatan ekonomi masyarakat di pedesaan.

"Program PIID-PEL jumlah bantuan yang kami terima, Rp 1,34 Miliar, untuk pengembangan ekonomi melalui wisata desa buatan dengan tajuk Wisata Edukasi Pejambon," ujar Kades.

Bantuan itu, digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana, fasilitasi inkubasi dan untuk biaya operasional. Sedangkan wahana yang dibangun, di antaranya, pengembangan taman, warung kuliner, posko informasi, wahana edukasi outbond, jalur motor ATV, wisata tengah sawah dan museum pertanian.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah mengapresiasi adanya edukasi farming di wisata Edukasi Pejambon. "Ini suatu terobosan di mana era sekarang anak-anak tidak tahu apa itu luku, lesung, ani-ani. Melalui museum pertanian, anak-anak bisa belajar," kata Bupati Anna.

Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar mengajak masyarakat Bojonegoro bersyukur, yang mana dengan karunia sumber daya alam yang diberikan, Bojonegoro menjadi prirotas pilot projek program dan pembangunan.  "Dari Kemendes PDTT target di 2024 betul-betul menjadi kabupaten tanpa kemiskinan dan tanpa kelaparan," ungkapnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Bupati Anna sudah menuju ke sana. Masalah pembangunan ekonomi dan pemertaan ekonomi terkadang tidak nyambung.

"Melalui prasyarat dengan pembangunan infrastuktur yang telah dilakukan oleh Bupati Bojonegoro, turut mempercepat pertumbhuan dan pemerataan ekonomi," papar Halim.

Terkait pariwisata, pada tahun 2021, Presiden Joko Widodo menggenjot di bidang pariwisata di 5 titik super prioritas, seperti di Jawa khusus Borobudur.

"Melalui wisata edukasi pertanian di Pejambon ini, menjadi titik bangkitnya ekonomi pasca pandemi melalui wisata desa," imbuhnya.

Usai sambutan, Menteri Desa PDTT menadatangani prasasti dan launching wisata Edukasi Pejambon. Kemudian, meninjau museum Pertanian Raden Wijaya dan wahana wisata di lokasi tersebut.

Dalam acara tersebut, juga disertai penyerahan bantuan BKD Bum Desa untuk Desa Teleng, Karangdinoyo dan Sumberrejo. Selain itu, juga penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. [ito/lis]

Tag : wisata, edukasi, pejambon, sumberrejo


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat