11:00 . Selama Pandemi, Laju Penjualan Toko Buku Ini Tetap Stabil   |   09:00 . Jumlah Pendonor Darah di UDD PMI Bojonegoro 2020 Menurun   |   07:00 . Meski Divaksin, Orang Masih Bisa Tularkan Virus Corona?   |   17:00 . Imunisasi saat Pandemi? Jangan Ditunda   |   16:00 . Hadir di Pelantikan IMM, Komisi C Bahas Masalah Pembelajaran Daring   |   15:00 . Pengurus Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Bojonegoro Resmi Dilantik   |   14:00 . Satgas Minta Tokoh Muda Ajak Kaum Milenial Sukseskan Vaksinasi   |   13:00 . Mengantisipasi Masuknya Varian Baru, Pintu Masuk Luar Negeri Diperketat   |   12:00 . Satgas Kedepankan Edukasi Masyarakat Manfaat Vaksinasi   |   11:00 . Perhutani Bersama CEC Bojonegoro Tanam Bibit Durian, Alpukat dan Kayu Putih   |   10:00 . Kesembuhan Pasien Nasional Bertambah Menjadi 718.696 Orang   |   09:30 . Bertekad Kembangkan Lembaga, Siapkan Siswa Mengabdi pada Masyarakat   |   09:00 . Turun Rp3.000 di Akhir Pekan, Harga Emas Dibanderol Rp940.000   |   08:00 . Warga Kedungadem Nekat Bunuh Diri Masuk Sumur   |   07:00 . Punya Penyakit Penyerta, Apakah Harus Tetap Vaksinasi Covid-19?   |  
Sun, 17 January 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Konferwil 2 AMSI Jatim

Pemanfaatan Facebook dan Tiktok Bisa Sebagai Distribusi Konten Berita

blokbojonegoro.com | Friday, 23 October 2020 20:00

Pemanfaatan Facebook dan Tiktok Bisa Sebagai Distribusi Konten Berita

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Dalam webinar yang diselenggarakan oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur, dengan Memahami Aspek Ekonomi Bisnis Platform Digital diikuti oleh para awak media.

Beberapa pertanyaan diajukan terkait pemanfaatan Facebook dan Tiktok sebagai platform untuk menyebarluaskan berita yang diproduksi oleh perusahaan media.

Strategic Partner Manager News, Facebook Indonesia dan Malaysia, Yos Kusuma menjelaskan fasilitas di media sosial Facebook bisa dimanfaatkan untuk keperluan apapun. Mulai dari grup, market place, maupun halaman. Penggunaannya juga bisa dimaksimalkan oleh perusahaan media untuk lebih menyebarluaskan berita.

"Di Facebook juga ada tools untuk melindungi hak kekayaan intelektual. Bagi perusahaan media yang mempunyai IT khusus, bisa memanfaatkan untuk mengatur agar berita yang di copy paste oleh pengguna lain tidak bisa muncul diposting. Jika ada yang membajak, akan muncul notifikasi bisa di-take down, hingga pinalti," ulas Yos Kusuma.



Head of User and Content Operations Tik Tok Indonesia, Angga Anugrah Putra menjelaskan, Tiktok bukanlah media sosial, melainkan platform distribusi konten yang bisa dimanfaatkan semua orang.

Angga menjelaskan, meskipun pengguna Tiktok baru memiliki 5 pengikut, namun konten video bisa ditonton oleh ribuan. "Sebab, di Tiktok mendistribusikan konten sesuai dengan apa yang disukai oleh pengguna lain, seperti masak, olahraga, hingga komedi," ungkapnya.

Bahkan, penggunaan Tiktok juga mendukung para pelaku ekonomi untuk bertahan dan kreatif di masa pandemi Covid-19. Seperti koki yang aktifitasnya di rumah, bisa memanfaatkan untuk berbagi resep hingga viral. Begitu juga pekerja salon, bisa berbagi tips makeup, serta pelaku usaha mikro bisa mempromosikan barangnya.

Begitu juga penggunaan Tiktok untuk media, video dengan 30 detik juga bisa menarik perhatian pengguna. "Karena user Tiktok kebanyakan adalah milenial, media bisa menyasar milenial dengan Tiktok," imbuh Angga.

Webinar yang dimoderatori oleh Muhammad Abdul Qohhar, selaku Koordinator Daerah (Korda) Mataraman AMSI Jatim, yang juga Chief Executive Officer (CEO) PT Blok Bojonegoro Media (blokBojonegoro.com dan blokTuban.com) berlangsung dengan banyak pengetahuan yang disampaikan secara gamblang. Sehingga banyak hal yang didapatkan peserta, terutama awak media dalam memanfaatkan Facebook dan Tiktok.

 

Tag : webinar, amsi, jatim, facebook, tiktok


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat