16:00 . Wisata Edukasi Grabah Kembali Dibuka, Begini Kondisinya di Masa Pandemi   |   15:00 . AKBP Eva Guna Pandia Resmi Jabat Kapolres Bojonegoro   |   14:00 . Nikmatnya Es Cao Legendari di Jalan Teuku Umar   |   13:00 . Program-program Imunisasi di Indonesia Terbukti Berhasil Cegah Penyakit Menular   |   12:00 . Kaum Muda Harus Jadi Pendorong Perilaku Aman Covid-19   |   11:00 . Ciptakan Smartphone Shower Plant SMP-5 untuk Siram Tanaman Via HP   |   10:00 . Terapkan Protokol Covid, DPRD Perketat Masuk Gedung   |   09:00 . Kesembuhan Kumulatif di Indonesia Covid-19 Sebanyak 422.386 Orang   |   08:00 . Trotoar Kota Bojonegoro yang Cantik dan Bersih   |   07:00 . Tubuh Semakin Lelah Setelah Tidur Siang, Apa Penyebabnya?   |   06:00 . Ke Pasar Aman, Asal .....   |   05:00 . 3 Sembuh Covid-19 di Bojonegoro, Tambahan 7 Kasus Baru   |   23:00 . Mahasiswa UIN Walisonog Ajak Warga Belajar Hidroponik dan Manfaatkan Sampah Plastik   |   22:00 . Karang Taruna Tumbrasanom Ajak Pemuda Millenial Berlatih Wirausaha Agribisnis   |   21:00 . Warga Pinggiran Hutan Jati di Bojonegoro Mulai Berburu Enthung   |  
Tue, 24 November 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 27 October 2020 17:00

Pengisian Perangkat Desa

Diduga Ada Pelanggaran, Peserta Mengadu ke DPRD

Diduga Ada Pelanggaran, Peserta Mengadu ke DPRD

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Proses pengisian perangkat desa di Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro diduga ada pelanggaran dalam pelaksanaanya. Oleh karena itu, beberapa peserta dari perwakilan desa yang melakukan pengisian perangkat desa mengadu ke DPRD, Selasa (27/10/2020).

Perwakilan peserta pengisian perangkat desa dari Kecamatan Balen didampingi LBH AKAR (Lembaga Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat) datang ke Kantor DPRD. Mereka ditemui langsung Ketua DPRD, Imam Sholihin dan Wakil Ketua, Sukur Priyanto, di ruang kerja pimpinan.

Ketua LBH AKAR Kabupaten Bojonegoro, Anam Warsito mengungkapkan, kedatanganya ke Kantor DPRD untuk mengadukan proses pelaksanaan pengisian perangkat desa di Kecamatan Balen. Serta LBH Akar akan mengadvokasi secara penuh, melihat adanya dugaan pelanggaran Perda (Peratura Daerah) maupun Perbup (Peraturan Bupati).

Serta jika memang akan pelanggaran, meminta DPRD untuk mengirimkan surat pembatalan proses pengisian perangkat desa dan Camat menolak memberikan rekomendasi, sehingga pelantikan dibatalkan serta ada proses ulang.

"Dugaan pelanggaraan seperti materi yang diujikan tidak sesuai Perbup, yang mengatur materi pengetahuan umum dasar atau skolastik. Tapi dibuat panitia Bahasa Indonesia, Matematika, Pancasila, Ekonomi dan Sosial. Sehingga sangat fundamental pelanggarannya," ungkapnya.

Selain itu lanjut Anam, pelanggaran lainnya dalam tahapan dibuat tim pengisian perangkat dan hampir 3 hari menjelang pelaksanaannya baru ditentukan soalnya. Termasuk kasus Desa Kedungdowo, yang tidak sesuai juknis (petunjuk teknis).

"Sebab di Desa Kedungdowo tahap kedua minimal diambil 2 jika peserta sedikit atau 20 persen paling banyak. Tapi seleksi pertama yang diambil 3 peserta dan yang jadi, peserta nomor 3 itu," terang Anam.

Ditambahkan mantan anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro itu, dirinya mendapat kuasa terkait dugaan pelanggaran pengisian perangkat desa dari peserta yang mengikuti pengisian perangkat di Desa Mayangkawis, Desa Kedungdowo, Desa Mulyoagung dan Desa Balenrejo. [zid/lis]

 

 

Tag : DPRD, aduan, perangkat


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat