09:00 . Ulang Tahun blokTuban.com ke- 6 dan Launching Tuban Digital Forum   |   07:00 . Jangan Abaikan Nyeri Dada pada Anak, Ini Bahayanya!   |   22:00 . BPBD Imbau Warga Waspada Hujan dengan Intensitas Tinggi   |   21:00 . Satgas PPA Kecamatan Kanor Berbagi Kasih Periode Triwulan 7   |   20:30 . Wahid Hasyim, Menteri Agama Pertama dan Termuda   |   20:00 . Laka Tunggal, Truk Bermuatan Pakan Ayam Terguling   |   19:00 . Baru, Masyarakat Harus Waspada Varian Covid-19 Jenis Omicron   |   18:00 . Diterjang Angin, Puluhan Hektare Tanaman Padi di Bojonegoro Rusak   |   17:30 . Satu Langkah Lagi Menuju Wisuda, UNU Sunan Giri Gelar Yudisium   |   17:00 . Ekspor Cangkang Sawit Tembus Pasar Jepang, Kemendag: Cetak Transaksi USD 12 Juta   |   16:00 . Nikmatnya Lontong Sayur Ayam Kampung dekat Jembatan TBB   |   15:30 . Warga Keluhkan Air PDAM Mati dan Keruh   |   15:00 . Ikan Arengan atau Areng-Areng   |   14:00 . Akhir November, Pengiriman Barang di Kantor Pos Mendominasi   |   13:00 . Peringati Setengah Abad KORPRI, Bupati Bojonegoro Tekankan Inovasi Birokrasi   |  
Tue, 30 November 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pengisian Perangkat Desa

Diduga Ada Pelanggaran, Peserta Mengadu ke DPRD

blokbojonegoro.com | Tuesday, 27 October 2020 17:00

Diduga Ada Pelanggaran, Peserta Mengadu ke DPRD

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Proses pengisian perangkat desa di Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro diduga ada pelanggaran dalam pelaksanaanya. Oleh karena itu, beberapa peserta dari perwakilan desa yang melakukan pengisian perangkat desa mengadu ke DPRD, Selasa (27/10/2020).

Perwakilan peserta pengisian perangkat desa dari Kecamatan Balen didampingi LBH AKAR (Lembaga Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat) datang ke Kantor DPRD. Mereka ditemui langsung Ketua DPRD, Imam Sholihin dan Wakil Ketua, Sukur Priyanto, di ruang kerja pimpinan.

Ketua LBH AKAR Kabupaten Bojonegoro, Anam Warsito mengungkapkan, kedatanganya ke Kantor DPRD untuk mengadukan proses pelaksanaan pengisian perangkat desa di Kecamatan Balen. Serta LBH Akar akan mengadvokasi secara penuh, melihat adanya dugaan pelanggaran Perda (Peratura Daerah) maupun Perbup (Peraturan Bupati).

Serta jika memang akan pelanggaran, meminta DPRD untuk mengirimkan surat pembatalan proses pengisian perangkat desa dan Camat menolak memberikan rekomendasi, sehingga pelantikan dibatalkan serta ada proses ulang.

"Dugaan pelanggaraan seperti materi yang diujikan tidak sesuai Perbup, yang mengatur materi pengetahuan umum dasar atau skolastik. Tapi dibuat panitia Bahasa Indonesia, Matematika, Pancasila, Ekonomi dan Sosial. Sehingga sangat fundamental pelanggarannya," ungkapnya.

Selain itu lanjut Anam, pelanggaran lainnya dalam tahapan dibuat tim pengisian perangkat dan hampir 3 hari menjelang pelaksanaannya baru ditentukan soalnya. Termasuk kasus Desa Kedungdowo, yang tidak sesuai juknis (petunjuk teknis).

"Sebab di Desa Kedungdowo tahap kedua minimal diambil 2 jika peserta sedikit atau 20 persen paling banyak. Tapi seleksi pertama yang diambil 3 peserta dan yang jadi, peserta nomor 3 itu," terang Anam.

Ditambahkan mantan anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro itu, dirinya mendapat kuasa terkait dugaan pelanggaran pengisian perangkat desa dari peserta yang mengikuti pengisian perangkat di Desa Mayangkawis, Desa Kedungdowo, Desa Mulyoagung dan Desa Balenrejo. [zid/lis]

 

 

Tag : DPRD, aduan, perangkat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 23 November 2021 19:30

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com Komisioner Dewan Pers, Agus Sudibyo melakukan proses verifikasi faktual untuk media blokBojonegoro.com, media lokal yang berkantor di Jalan KS Tubun Gang Srinayan No.3 Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Selasa (23/11/2021) sore....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more