13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |  
Fri, 26 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kembangkan Potensi, Pemdes Mulyorejo Tanam Ribuan Jahe Merah

blokbojonegoro.com | Friday, 26 March 2021 17:00

Kembangkan Potensi, Pemdes Mulyorejo Tanam Ribuan Jahe Merah

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Mulyorejo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro terus berinovasi mengembangkan potensi yang ada di desanya. Seperti halnya menanam ribuan jahe merah disepanjang jalan di desa setempat, untuk memperdayakan warga dan lingkungan.

Pasalnya rempah-rempah yang mudah hidup dan berkembang itu sangat bermanfaat buat kesehatan, diantaranya meredakan batuk, sakit kepala, menurunkan kadar kolesterol dan lainnya. Termasuk nilai jualnya tetap stabil dan mahal.

"Rencana sekitar lima ribu jahe merah, tapi bisa bertambah. Tergantung kebutuhan nantinya," kata Kepala Desa Mulyorejo Kecamatan Balen, Subekhan kepada blokBojonegoro.com, Jum'at (26/3/2021).

Penanaman jahe merah tersebut lanjut Kades Subekhan, sepanjang jalan poros desa dan gang-gang yang ada dilingkungan. Selain itu proses penanaman akan dilakukan berbeda, karena polibek yang dipakai didesain tahan lama dan menjadi pemandangan di sepanjang jalan.

"Kita terus berinovasi memanfaatkan lahan dan menghias desa. Sekaligus memberdayakan masyarakat dalam perawatannya nanti," jelasnya.

Ditambahkan, bibit jahe merah tersebut dibeli dari warga Desa Mulyorejo, dengan harga antara Rp20 ribu sampai Rp30 ribu, setelah belajar budidaya jahe merah. Sehingga pemerintah desa memberdayakan dan mengembangkan jahe merah. "Kita libatkan semuanya termasuk BUMDes, dengan begitu manfaatnya bisa dirasakan semuanya," imbuh Kepala Desa Mulyorejo tiga periode itu.

Selain itu mengingat pandemi Covid-19, dimungkinkan kebutuhan jahe merah masih berpotensi besar. "Jahe merah terus dicari, sehingga harga jualnya tidak akan merugi. Namun terpenting Pemdes Mulyorejo memberdayakan dan melibatkan masyarakat," pungkasnya.

Seperti diketahui, harga jahe merah di rasar Kabupaten Bojonegoro mencapai Rp 100 ribu perkilogramnya, 7 Maret 2021, karena pandemi Covid-19. Harga tersebut meningkat yang sebelumnya berkisar Rp50 ribu sampai Rp60 ribu. [zid/lis]

 

 

 

Tag : Jahe, merah, tanaman



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat