18:00 . Relawan Pasopati Seno Adakan 'Dungo Bareng Menangke Mas Wahono'   |   17:00 . 3 Rumah Warga Ludes Terbakar Akibat Bediang, Kerugian Ditaksir Rp503 juta   |   16:00 . Hari Ini Golkar Serahkan Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   14:00 . PAN Bojonegoro Beri Sinyal Manuver ke Wahono-Nurul, Lasuri: Tegak Lurus Putusan DPP   |   13:00 . Pelaku Begal Payudara di Bojonegoro Diringkus Polisi   |   06:00 . Pulang Kerja, Perempuan di Bojonegoro Jadi Korban Begal Payudara   |   18:00 . Kaesang Harap Milenial di Bojonegoro Merapat ke Setyo Wahono   |   09:00 . Gandeng KEPPK Nasional Kemenkes RI, LPPM STIKes Rajekwesi Bojonegoro Gelar EDL dan SIM EPK   |   08:00 . Lebih 100 Peserta Sudah Daftarkan Diri Ikut Jatim Media Summit 2024   |   06:00 . Sekjen PBNU: Jangan Pilih Calon yang Intervensi NU   |   21:00 . Tanggapi Isu Nurul Azizah Akan “Dikuningkan”, Mitroatin: Kami Terbuka   |   18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |  
Thu, 25 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

blok cerpen

Nasehat Codot

blokbojonegoro.com | Sunday, 29 January 2017 11:00

Nasehat Codot

Oleh: M.Adityaa Nugraha

Setelah berjalan jauh bertanya kesana kemari akhirya bisa juga aku sampai di Alam Tembung. Tapi betapa kagetnya aku, baru saja sampai, aku langsung bertemu dengan seekor hewan yang didaerahku, di Alam Nyata, disebut Codot. Tanpa basa-basi langsung saja aku hampiri dia dan bertanya "dot,kamu ngapain di Alam Tembung ini ?"

"Loh (agak kaget), kamu sendiri juga ngapain disini?" jawab codot

"Aku cuma ingin membuktikan keberadaan Alam Tembung ini, kamu sejak kapan disini?" tanyaku.

"Aku sudah bertahun-tahun yang lalu pindah dari Alam Nyata ke Alam Tembung ini. Aku merasa tentram dan sejahtera di sini karena tidak ada yang menghujatku seperti saat aku di Alam Nyata dulu. Di Alam Nyata sana saat aku mengambil 'jatah' makan yang sudah disediakan oleh Tuhan untukku, aku malah dituduh maling oleh kebanyakan penghuni Alam Nyata sana. Maka dari itu aku memutuskan untuk pindah ke Alam Tembung ini".

"Ouuh begitu ...." ucapku setelah mendengar penjelasan codot.

"Terus apa keperluanmu datang ke Alam Tembung ini?" tanya codot lagi padaku.

"Begini lho dot, akhir-akhir ini di Alam Nyata sana tempat tinggalmu dulu, aku merasa banyak para penghuninya yang semakin hari semakin punya banyak masalah dengan kata-katanya sendiri. Nah aku ingin belajar 'resep'nya dari Alam Tembung ini, bagaimana 'resep' mencegah agar para penghuni Alam Nyata nanti tidak punya masalah lagi dengan kata-kata".

"Hahahahahaha....kalau itu kamu sudah bisa mempelajarinya saat kamu sedang berkumpul dengan sahabat-sahabatmu," jawab codot.

"Maksudmu gimana dot?" tanyaku.

"Makanya kalau kumpul sama teman-temanmu jangan cuma guyonannya saja yang kamu pelajari, tapi pahami juga yang lainnya yang ada disitu, baik yang tampak maupun yang tidak tampak," kata codot.

"Maksudmu gimana sih dot, aku ko' belum paham ya..!!" ucapku sambil menggaruk-garuk kepala.

"Begini lho, coba saat kamu sedang berkumpul dan bercanda dengan mereka, kamu rasakan, apa mereka marah dan melaporkanmu ke penegak hukum saat kamu ngomong yang sifatnya kasar atau ngomong yang sifatnya kotor pada mereka ? Enggak kan ??"

"Bener juga sih" jawabku

Lalu codot melanjutkan "Tapi coba kalau kamu ngomong yang kasar-kasar atau yang jorok-jorok terus kamu rekam lalu rekaman itu kamu sebarkan ke tingkat nasional, bisa-bisa masuk penjara kamu."

"Hehehe..." tawaku merasa tersindir.

"Sahabat-sahabatmu itu mengerti kalau kamu sedang bercanda meskipun kamu tidak mengatakannya. Karena mereka tidak hanya melihat dari kata-kata yang keluar dari mulutmu saja, tapi secara tidak langsung mereka juga mengerti maksud di balik perkataanmu. Yang sering disebut di Alam Nyata sebagai rasa."

"Ou begitu ya dot," ucapku yang pura-pura paham.

"Ah sudahlah dijelasin gitu aja kamu sulit paham apalagi yang lebih dari ini" ucap codot dengan nada jengkel yang kemudian terbang begitu saja tanpa menjelaskan lagi apa maksud ucapannya itu.

Temayang,26 Januari 2017 

Penulis tinggal di RT -03,RW -02,Ds./Kec.Temayang,Kab.Bojonegoro

 

Tag : cerpen, codot



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat