22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tekun, Antarkan Budi Santoso Jadi Peternak Puyuh Sukses

blokbojonegoro.com | Friday, 24 March 2017 18:00

Tekun, Antarkan Budi Santoso Jadi Peternak Puyuh Sukses

Kontributor : Sutopo

blokBojonegoro.com - Daerah Kecamatan Temayang khususnya Desa Belun, mayoritas penduduknya adalah seorang petani yang memanfaatkan lahan pertanian untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga sehari-hari.

Namun, berbeda dengan mayoritas tetangganya, Budi Santoso, (45), pria yang beralamatkan Dusun Krajan, Desa Belun, tersebut memilih menjadi seorang perternak puyuh.

Berbekal pengalaman saat dulu bekerja menjadi buruh ternak di Kota Blitar, Jawa Timur, beberapa tahun yang lalu, Budi mencoba untuk merintis sendiri ternak puyuh di Belun.

"Dulu saya kerja sebagai buruh ternak di Blitar, karena saya tidak ingin ikut orang terus-menerus akhirnya saya ternak puyuh sendiri," kata Budi.

Mengelola usaha yang dimulai sejak 2008 tersebut memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun butuh perjuangan.

"Untuk memperoleh kesuksesan yang kita lihat pada saat ini, butuh perjuangan yang sangat ekstra," ujarnya.

Budi menjelaskan, untuk menjadi peternak pemula, haruslah sabar dan tekun, dalam menyikapi berbagai hal, dalam keadaan untung maupun rugi.

"Kuncinya sabar dan tekun," tegas Budi saat ditemui blokBojonegoro.com.

Hingga saat ini Budi mempunyai 4000 ekor puyuh siap bertelur, yang setiap hari ia rawat dengan penuh kesabaran dan ketelatenan. Setiap hari, burung puyuhnya diberi makan dua kali sehari.

"Telur puyuh ini dijual di Pasar Temayang. Ada pula pembeli dari kecamatan Padangan, serta dari Kabupaten Lamongan," bebernya.

Pria, asli kelahiran Surabaya 1972 tersebut, mengaku bahwa dirinya saat ini juga sudah dikaruniai dua buah hati, dari hasil pernikahanya dengan wanita asli Desa Belun.

Dengan jerih payah usaha yang ditekuninya, Budi bisa memenuhi kebutuhan keluarga sehari- hari, serta bisa mensekolahkan kedua anaknya. "Anak yang pertama sudah SMK Jurusan Farmasi dan yang kedua masih SD," Budi menceritakan perjuanganya.

Selain menjuat bibit puyuh dan telur, Budi juga menyediakan kandang, untuk dijual bagi pembeli yang ingin mencoba merintis usaha puyuh di rumah.

"Saya membaut kandang puyuh juga," tandasnya. [top/lis]

Tag : profil, smkn, temayang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat